Review Diecast NASCAR Lionel Racing Skala 1:24

Mobil Jimmie Johnson aslinya

Ini merupakan tulisan pertama kami mengenai review diecast mobil balap. Sejujurnya pada awalnya kami kurang begitu tertarik dengan yang namanya diecast atau bagi sebagian awamers di Indonesia sering disebut sebagai “mainan anak dengan harga tidak masuk akal”, padahal mobil mainan dan mobil miniatur koleksi itu kalau menurut kami berbeda meski sama-sama secara generik disebut mobil-mobilan. Awal mula ketertarikan dengan diecast adalah ketika seorang teman kerja di kantor membeberkan soal bisnis jual beli mobil minatur. Awalnya sempat kita kurang percaya, namun si teman itu nampak serius menjelaskan soal seluk beluk mobil miniatur yang menurutnya bisa jadi investasi apalagi jika si mobilnya punya nama (entah nama bagaimana yang ia maksud, kebanyakan yang kami tahu nama biasanya berbasis pada tipe mobil atau dalam kategori mobil balap adalah mobil yang pernah dikemudian oleh seorang pembalap).

Diecast yang kami review disini adalah diecast mobil balap Jimmie Johnson di ajang NASCAR Seri Piala. Mobilnya adalah mobil Chevrolet SS versi 2014 dengan sponsor Lowe’s warna putih skala 1:24. Mobil ini diproduksi oleh Lionel dari Amerika, yang sebetulnya merupakan produsen miniatur kereta api. Lionel menjadi produsen dan pemegang tunggal hak produksi diecast NASCAR sejak awal dekade 2000-an. Sebelumnya di NASCAR juga ada diecast produksi Mattel Hot Wheel’s, Hasbro Winner’s Circle sampai Revell.

KEMASAN DIECAST:

Tampilan kemasan diecast

Kita mulai dari kemasan. Sekilas kemasan diecast NASCAR dari Lionel mirip dengan kemasan kue bolu taart atau mirip juga dengan kemasan dus sepatu. Tebal dan rapi serta bening glossy.

Stiker hologram NASCAR

Di bagian salah satu sudut dus ada stiker hologram NASCAR, ini menjadi tanda bahwa diecast yang kita beli adalah original alias asli. Belum tahu juga sih apakah memang ada diecast tiruannya? Maklum meskipun Lionel itu merek Amerika tetap saja pembuatan diecastnya di… China!

Stiker keterangan mobil berikut tahun produksi

Di bagian samping kemasan dus kita juga akan menemui stiker hologram lainnya. Yang tertulis di stiker tersebut adalah soal pembalap yang mengendarai mobil, tahun rilis diecast (biasanya berbasis dari mobil yang dipakai di musim yang sama dengan tahun rilis), jumlah produksi (di stiker ini kita melihat bahwa diecastnya diproduksi sebanyak 3.180 unit) dan angka unik kode produksi yang berjumlah 11 digit. Angka ini bisa kita cek juga di situs Lionel untuk memastikan apakah diecast yang kita beli asli atau tidak.

GABUS PELINDUNG DIECAST:

Setelah kemasan dibuka

Foam gabus pelindung diecast

Setelah kita membuka box kemasannya, kita akan bertemu dengan foam gabus yang melindungi diecast. Bagi yang pertama beli kita akan bingung kok diecast-nya dibungkus kayak begitu? Itu sebagai salah satu perlindungan supaya diecast tidak rusak saat dikirim.

Bagian baut pengunci diecast ke gabus

Diecast dalam gabus

Di bagian bawah foam gabus kita akan menemukan dua baut plastik yang mengunci diecast. Awalnya kami juga sempat bingung bagaimana cara melepaskan diecastnya dari gabus. Ternyata dikunci pakai baut ke gabus, mau tidak mau kita harus membukanya pakai obeng. Jadi bagi Anda yang baru pertama beli jangan langsung dipaksa di cabut dari gabus, berbahaya nanti diecast mahal Anda bisa rusak karena salah membuka kemasan.

SESUDAH DIBUKA DARI GABUSNYA:

Diecast usai dilepas dari gabusnya

Detil diecast bagian kiri

Detil diecast bagian kanan

Setelah kita sukses membuka diecast dari gabus, kita mulai melihat-lihat detail diecastnya. Secara keseluruhan untuk hal detail di mobil cukup lengkap, hampir 100% mendekati mobil aslinya. Untuk cat sendiri diecast dari Lionel ini memakai sistem tampo full. Tidak ada stiker decal konvensional yang ditempel ke mobil seperti yang biasa ditemui di diecast mobil balap dari Hotwheels atau Bburago. Untuk bagian kaca mobil dibuat semirip aslinya dengan bahan dari mika bening tebal yang biasa dipakai untuk bahan penggaris

BAGIAN BAWAH DIECAST:

Bagian bawah mobil

Sekarang kita bergerak di bagian kolong atau bawah mobil. Detailnya dibuat semaksimal mungkin supaya mendekati versi mobil di dunia nyatanya dengan roda yang bisa berputar, sistem suspensi, aliran bahan bakar dan juga saluran pembuangan sampai sistem as roda. Untuk bagian bawah ini bahannya campuran dari mulai metal standar diecast, plastik dan juga karet. Di bagian belakang mobil ada tulisan merek Lionel dan tulisan yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua yaitu “MADE IN CHINA”. Jika Anda kepengen versi yang lebih detail lagi untuk bagian ini, Anda bisa membeli diecast Lionel versi RCCA Elite yang harganya dua kali lipat diatas diecast standar yang kami punya ini. Di versi RCCA Elite untuk bagian kolong mobil lebih detail dengan kabel dan suspensi yang hampir mendekati versi aslinya.

BAGIAN KAP MESIN MOBIL:

Detail kap mesin

Masuk ke bagian mesin. Kap mesin mobil diecast ini bisa dibuka dan ketika Anda membukanya Anda akan menemukan replika mesin V8 normally aspirated khas NASCAR. Ini yang jadi salah satu keunggulan diecast produksi Lionel. Mesin-mesinan ini juga dibuat detail mendekati aslinya meski untuk yang versi standar ini tidak selengkap yang versi RCCA Elite untuk detail-detail kecil yang melengkapi mesin.

TAMPILAN DALAM KOKPIT:

Tampilan kokpit

Selanjutnya di bagian kokpit mobil. Ini juga detailnya cukup memuaskan, ada setir, kursi pembalap, spion dalam, dashboard mobil, tabung pemadam dan kerangkeng besi yang mirip aslinya. Juga ada jaring net di dekat jendela kiri kokpit tempat pembalap masuk dan keluar meski untuk versi standar jaring ini tidak bisa dibuka berbeda dengan yang versi RCCA Elite yang bisa dibuka dan di tutup. Selain itu juga ada saluran pipa untuk aliran udara di dalam kokpit. Beberapa perbedaan antara versi standar dan versi RCCA adalah di samping dekat “pintu” masuk kokpit juga ada spion kecil dan kabel-kabel yang terhubung dengan setir berikut juga sabuk pengaman di area kursi.

TAMPILAN KAP BAGASI BELAKANG:

Tampilan kap belakang

Di bagian belakang mobil, kap bagasi juga bisa dibuka. Disini kita akan menemukan aliran pipa pengisian bahan bakar yang terhubung ke tangki yang juga dibuat semirip mungkin dengan aslinya, termasuk juga dengan sebuah tabung pemadam kebakaran yang diletakan di dalam kap bagasi tersebut.

Secara keseluruhan detail mobil cukup memuaskan meskipun masih ada beberapa kekurangan dalam hal kabel-kabel, pipa dan juga detail di bagian grill mobil seperti yang kita lihat di mobil aslinya. Dengan detail seperti itu kami rasa setara dengan harga perunitnya yang berada di rentang 70 dolar ketika baru rilis (untuk versi RCCA Elite yang lebih detail harga perunitnya lebih dari itu).

Bagi Anda yang tertarik membeli nampaknya Anda harus coba mengimpor sendiri diecast ini karena produk Lionel amat jarang kita temui di situs jualan online lokal seperti Tokopedia, Bukalapak atau sejenisnya. Perlu diingat juga faktor lainnya seperti pajak dan ongkos kirim. Diecast-diecast mobil NASCAR bisa Anda dapatkan di situs jual beli internasional seperti eBay atau Amazon.

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Berita, Motorsport dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.