Generasi Muda Masa Depan NASCAR

NASCAR Seri Piala

Ada yang menarik selama akhir pekan lomba di Michigan pada 12-13 Juni 2016. Pertama di Seri Xfinity tampilnya seorang pembalap muda Meksiko berusia 24 tahun bernama Daniel Suarez yang memenangi lomba dan sekaligus menjadi pembalap Meksiko pertama yang menang di salah satu seri nasional NASCAR. Kedua di Seri Piala, pembalap yang finis di tiga besar rata-rata usianya masih muda. Joey Logano sebagai pemenang lomba saat ini berusia 26 tahun, sementara Chase Elliott yang finis kedua baru berusia 20 tahun dan Kyle Larson yang finis ketiga berusia 23 tahun.

Dari gambaran diatas kita bisa menebak arah kedepannya bahwa NASCAR kini mulai melakukan regenerasi besar-besaran. Kalau dulu atau beberapa musim kebelakang kita melihat ajang ini selalu didominasi pembalap itu-itu saja, seiring waktu mereka mulai menua dan satu persatu pastinya mereka akan pensiun dan digantikan para pemuda. Sinyal ke arah sana sudah terlihat dari pensiunnya Jeff Gordon di akhir musim 2015 lalu disusul Tony Stewart yang akan pensiun akhir musim 2016 ini. Setelahnya masih ada beberapa sosok senior yang mungkin saja tinggal menghitung waktu diantaranya Jimmie Johnson, Dale Earnhardt Jr., Greg Biffle, Kevin Harvick, Clint Bowyer, Ryan Newman dan masih ada beberapa lainnya.

Kehadiran generasi muda di NASCAR amat baik untuk perkembangan bisnis ajang balap ini, terlebih saat ini fans muda identik dengan media sosial. Sosok pemuda yang sering disebut melek teknologi dan senang narsis demi fans tentunya akan lebih disukai ketimbang para petua yang bergaya old-school sama dengan para fansnya yang lebih menyukai gaya-gaya klasik.

Pada postingan ini kami akan coba membahas profil beberapa pemuda harapan NASCAR untuk musim-musim kedepan. Sosok yang sudah matang seperti Joey Logano, Ricky Stenhouse Jr. Trevor Bayne tidak akan kami sertakan dalam tulisan ini.

CHASE ELLIOTT (KELAHIRAN 1995)

Chase Elliott

Ia merupakan putra dari mantan juara Seri Piala Bill Elliott. Ia juga merupakan juara NASCAR Seri Nationwide (sekarang Seri Xfinity) musim 2014 dengan tambahan catatan sebagai pembalap rookie pertama yang menjuarai seri tersebut. Ia mungkin salah satu pembalap paling beruntung di Seri Piala saat ini dengan status rookie yang ia dapatkan langsung bersama tim elit Hendrick Motorsports. Ia menggantikan posisi Jeff Gordon mulai musim 2016 ini, sebelumnya ia sempat turun beberapa lomba di Seri Piala musim 2015 sebagai pembalap parttime. Kedekatannya dengan tim Hendrick sebetulnya merupakan bagian dari kontrak awalnya di musim 2010 sebagai pembalap tes dan pengembangan dari tim papan atas NASCAR tersebut.

KYLE LARSON (KELAHIRAN 1992)

Kyle Larson

Pembalap yang bergabung di tim Ganassi ini saat awal kariernya merupakan pembalap open wheel. Sempat memimpikan membalap di ajang IndyCar pada musim 2011, Larson kemudian ditawari kontrak sebagai pembalap pengembangan oleh tim Ganassi yang kemudian ia terima. Pria blasteran AS-Jepang ini lantas membangun karier NASCAR-nya dan kemudian naik ke Seri Piala sebagai pengganti dari Juan Pablo Montoya pada musim 2014. Larson lantas tampil impresif di musim rookie-nya di tahun 2014 dengan nyaris menang sebelum akhirnya finis P2 di California dan New Hampshire. Melihat penampilan yang cukup bagus, Jeff Gordon sempat menyarankan Larson sebagai penggantinya ke tim Hendrick sebelum tim Hendrick memutuskan memilih Chase Elliott.

RYAN BLANEY (KELAHIRAN 1993)

Ryan Blaney

Anggota program pengembangan pembalap tim Penske. Blaney memulai karier penuh sebagai pembalap NASCAR di tahun 2012. Gaya membalapnya yang cepat tapi rapi mendapatkan pujian dari Tony Stewart dan Kevin Harvick. Saat ini ia membalap di tim legendaris NASCAR Wood Brothers Racing sebagai bagian dari kontrak aliansi dengan tim Penske. Di Seri Truk di musim 2012, bersama tim Brad Keselowski Racing, Blaney memenangi lomba NASCAR pertamanya di Iowa. Debutnya di Seri Piala di mulai di Kansas 2014 sebagai pembalap ketiga atau tambahan dari tim Penske. Ia merupakan putra dari pembalap NASCAR Dave Blaney

CHRIS BUESCHER (KELAHIRAN 1992)

Chris Buescher

Anggota program pengembangan pembalap tim Roush. Chris merupakan sepupu dari James Buescher sesama pembalap NASCAR. Chris merupakan juara Seri ARCA musim 2012 dan juara Seri Xfinity musim 2015. Di musim 2015 tersebut ia meraih gelar dengan mengalahkan juara bertahan seri tersebut yaitu Chase Elliott di lomba penutup musim di Miami. Chris memulai karier NASCAR-nya di Seri Nationwide musim 2011.

ERIK JONES (KELAHIRAN 1996)

Erik Jones

Anggota program pengembangan pembalap tim Joe Gibbs Racing. Ia merupakan juara Seri Truk musim 2015. Ia juga merupakan pembalap termuda yang turun di Seri ARCA dalam usia 15 tahun di musim 2012. Skillnya terlihat saat ia menahan laju Kyle Busch di lomba Snowball Derby di tahun tersebut. Erik lantas memulai karier Seri Truknya di musim 2013, Seri Xfinity di 2014 dan Seri Piala di musim 2015 di lomba musim semi Kansas sebagai pengganti on-off Kyle Busch yang saat itu dalam masa pemulihan akibat cedera patah kaki.

TY DILLON (KELAHIRAN 1992)

Ty Dillon

Adik dari Austin Dillon, bagian dari pengembangan pembalap tim RCR. Ia merupakan juara Seri ARCA musim 2011 dan menjadi rookie of the year Seri Truk musim 2012. Di Seri Xfinity ia meraih posisi ketiga klasemen di musim 2015. Untuk Seri Piala ia memulai debutnya di Atlanta 500 2014 bersama tim RCR. Ia juga sempat menjadi pengganti sementara Tony Stewart di tim SHR saat Stewart cedera di awal musim 2016.

DANIEL SUAREZ (KELAHIRAN 1992)

Daniel Suarez

Pembalap asal Meksiko yang awalnya sempat memimpikan membalap di F1 namun urung terkait masalah dana. Ia memiliki basis sebagai pembalap open wheel karena karier awalnya dirintis dari gokart (sama seperti Kyle Larson). Saat pertama datang ke AS ia berujar bahwa niat utamanya bukan hanya balapan saja tetapi ingin mempelajari bahasa Inggris lebih lanjut. Penampilan yang mumpuni selama musim 2015 memberikannya gelar rookie of the year di Seri Xfinity. Ia juga sempat jadi korban rasisme yang dilontarkan oleh Donald Trump yang menyatakan kurang begitu suka dengan para imigran Meksiko yang ada di AS

DARRELL WALLACE (KELAHIRAN 1992)

Darrell “Bubba” Wallace

Lewis Hamilton-nya NASCAR. Pembalap berkulit hitam yang sempat menjadi anggota pengembangan pembalap tim JGR sebelum akhirnya dibajak oleh tim Roush. Kariernya di NASCAR dimulai di tahun 2013 saat bergabung di Seri Truk bersama tim Kyle Busch. Ia lantas mencetak kemenangan di Martinsville yang sekaligus menjadi pembalap kulit hitam pertama yang berhasil memenangi lomba di salah satu dari tiga seri utama NASCAR. Masalah keuangan sponsorhip sempat menghinggapinya di akhir 2014 yang pada akhirnya membuatnya memilih pergi dari tim JGR dan kemudian pindah ke tim Roush.

Sumber foto: Motorsport.com dan Zimbio.com

Pos ini dipublikasikan di Motorsport dan tag , . Tandai permalink.