F1 vs. NASCAR vs. IndyCar: Segi Budaya dan Bisnis

Bendera FIA dan F1

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa ajang F1, NASCAR dan IndyCar merupakan tiga seri ajang balapan yang paling besar di planet ini. Tidak hanya dari jumlah fans, melainkan juga dari aliran uang yang mengalir di ketiga ajang tersebut. F1 sebagai ajang yang global merupakan ajang yang lengkap dengan anggaran besar yang seimbang dengan teknologi yang besar juga. NASCAR dan IndyCar sekalipun berbasis di Amerika Serikat namun dengan prinsip sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit bisa memberikan contoh bahwa uang yang terkumpul dari sponsor-sponsor receh bisa menjadi kumpulan uang yang cukup besar.

Lantas apa saja perbedaan dari ketiganya baik dalam budaya ataupun dalam bisnis? Berikut penjelasan singkatnya mengenai perang F1 vs. NASCAR vs. IndyCar

Pitstop di F1

FORMULA SATU
Seperti apa mobilnya?
Mobil F1 merupakan mobil roda terbuka kursi tunggal yang terbuat dari komposit serat karbon. Sejak musim 2014 mobil F1 memakai mesin turbo hibrid V6 1,6 liter dengan pemasok mesin dari Ferrari, Honda, Mercedes dan Renault. Meskipun tim-tim F1 bungkam soal kekuatan output mobil-mobil mereka, secara teknis jika merujuk regulasi F1 mesin V6 saat ini bisa mengeluarkan tenaga sekitar 700 daya kuda.

Dimana mereka berlomba dan kapan?
Musim F1 biasanya berjalan dari Maret sampai November di 19-20 negara di dunia. Basis utama tetap di pasar Eropa tetapi seiring waktu saat ini lomba F1 mulai melebar ke Asia dan Amerika. Treknya memiliki dua karakter utama yaitu road course dan street circuit

Seberapa cepat mobilnya bisa melaju?
Mobil F1 bisa digeber sampai kecepatan 360 km/j meskipun saat lomba berjalan tim mengatur setingan mobil agar sesuai dengan karakter sirkuit dan faktor-faktor lainnya seperti cuaca dan temperatur suhu udara.

Apa yang membuat F1 spesial?
Anggaran setiap tim yang besar yang seimbang juga dengan teknologi yang mereka tunjukan. F1 masih jadi barometer teknologi otomotif meskipun saat ini pengembangan teknologi mulai diambil alih ajang ketahanan (WEC). Lomba-lomba di lokasi eksotis seperti Monako atau Singapura menambah aroma sosialita ajang ini dengan banyaknya selebritis yang ikut menonton.

Siapa bintang utamanya?
Untuk tim ada Ferrari, McLaren dan Williams yang dikenal sebagai tim klasik F1. Untuk pembalap saat ini ada Sebastian Vettel, Lewis Hamilton dan Fernando Alonso. Untuk masa silam ada sosok Michael Schumacher dan almarhum Ayrton Senna yang masih memiliki basis pendukung besar sekalipun sudah tidak aktif membalap.

Mobil NASCAR Jimmie Johnson

NASCAR
Seperti apa mobilnya?
Mobil NASCAR pada awalnya (mau Seri Piala, Seri Xfinity ataupun Seri Truk) merupakan mobil stok (mobil jalan raya yang tidak diubah konfigurasinya) meskipun saat ini makna stok sendiri sudah berubah menjadi siluet (mobil yang tampilannya mirip dengan mobil jalan raya). Dibangun dari komposit plat metal, mobil Seri Piala merupakan mobil old-school dengan sasis tubular yang berawal dari rollcage. Untuk mesin masih memakai mesin V8 normal dengan kapasitas 5,9 liter yang mampu mengeluarkan tenaga sampai 750 hp (sebetulnya bisa disetting sampai 900 hp).

Dimana mereka berlomba dan kapan?
Musim NASCAR berjalan dari Februari sampai November. NASCAR Seri Piala menjalankan 36 lomba dalam setahun dengan mayoritas di trek oval dan dua lomba di road course.

Seberapa cepat mobilnya bisa melaju?
Di trek superspeedway seperti Daytona dan Talladega, mobil Seri Piala yang tidak dibatasi oleh plat pembatas daya mesin bisa menembus kecepatan 360 km/j.

Apa yang membuat NASCAR spesial?
NASCAR merupakan ajang balap mobil nomor satu di Amerika Serikat. Menurut majalah Fortune uang yang mengalir di NASCAR sekalipun berasal dari sponsor kecil atau receh jika digabungkan semua bisa melebihi uang yang mengalir di F1 selain itu menurut majalah Forbes, 17 dari 20 ajang olahraga yang paling banyak dihadiri di AS adalah lomba NASCAR. Untuk Seri Piala ada sesi playoff yang dinamakan The Chase dengn 16 pembalap terbaik dari musim reguler yang bertarung untuk memperebutkan gelar

Siapa bintang utamanya?
Untuk tim ada Hendrick Motorsports, Richard Childress Racing, Joe Gibbs Racing, Roush Fenway Racing dan Team Penske yang dikenal sebagai tim papan atas. Untuk pembalap saat ini ada Jimmie Johnson, Dale Earnhardt Jr., Busch bersaudara, Brad Keselowski, Joey Logano dan Danica Patrick. Untuk masa silam ada sosok Jeff Gordon, Richard Petty dan almarhum Dale Earnhardt yang masih memiliki basis pendukung besar sekalipun sudah tidak aktif membalap.

Mobil IndyCar Helio Castroneves

INDYCAR
Seperti apa mobilnya?
Seperti mobil F1, mobil IndyCar dibangun dari serat karbon dengan tipe roda terbuka kursi tunggal. Perbedaan dengan F1, anggaran sasis mobil di IndyCar lebih rendah karena semua tim memakai desain yang sama yang tidak berubah untuk jangka waktu yang sudah mereka sepakati. Para tim membeli sasis dari pihak ketiga yaitu Dallara sebagai pemasok sasis resmi. Mesin yang dipakai ada dua yaitu Honda atau Chevrolet dengan spesifikasi V6 twin-turbo 2,2 liter yang mampu mengeluarkan tenaga antara 600 sampai maksimal 725 daya kuda.

Dimana mereka berlomba dan kapan?
Musim IndyCar berjalan dari Maret sampai September di AS dan Kanada. Sebelumnya seri ini juga sempat menggelar lomba di Brasil dan Meksiko. Trek memiliki tiga variasi yaitu oval, road course dan street circuit.

Seberapa cepat mobilnya bisa melaju?
Di trek oval seperti Indianapolis Motor Speedway, mobil IndyCar bisa dipacu sampai kecepatan maksimal 370 km/j. Namun di trek road course dan streen circuit kecepatan yang didapat lebih rendah karena karakter sirkuit.

Apa yang membuat IndyCar spesial?
IndyCar merupakan seri balap tercepat di Amerika Serikat. Lomba yang menjadi simbol ajang ini adalah Indianapolis 500 yang sering disebut “Greatest Spectacle in Racing.” Seri ini juga sering disebut unik karena inilah satu-satunya seri balap formula yang berlomba di tiga tipe trek berbeda yaitu oval, road course dan street circuit.

Siapa bintang utamanya?
IndyCar modern didominasi oleh tiga tim raksasa: Team Penske, Chip Ganassi Racing dan Andretti Autosports. Bintang utama IndyCar saat ini adalah Scott Dixon, Tony Kanaan, Helio Castroneves, Ryan Hunter Reay dan Will Power. Beberapa pembalap mantan F1 juga berlaga di sini seperti Juan Pablo Montoya dan Takuma Sato. Untuk legenda ada Mario Andretti, AJ Foyt, Bobby Rahal yang saat ini masih aktif sebagai manajer tim.

Sumber: Business Insider

Pos ini dipublikasikan di Formula 1, Motorsport dan tag , , , . Tandai permalink.