Tips Streaming Video di Internet

Olahraga alias Sport

Untuk kali ini kita akan coba memberikan tips-tips streaming acara olahraga. Streaming sendiri tentunya Anda sudah tahu bukan? Yaitu menonton video lewat internet. Perkembangan internet yang pesat saat ini membuat makin banyaknya video yang diunggah ke internet, salah satu contohnya adalah lewat situs YouTube.

Disini kita akan membahas tips dan trik melakukan streaming video acara olahraga, kita langsung mulai saja dari hal yang paling basic yaitu perangkat komputernya (kita bahas yang komputer karena kebanyakan pengguna menggunakan perangkat tersebut atau lewat laptop/netbook).

Yang harus diperhatikan dalam streaming web lewat komputer adalah kebugaran komputer itu sendiri. Jadi langkah-langkahnya adalah:

  1. Bersihkan cache dan file-file temp yang biasa Anda dapatkan setiap browsing atau googling, caranya yang paling praktis adalah disk cleanup atau memakai apps pihak ketiga misalnya CCleaner.
  2. Gunakan browser yang sesuai untuk streaming, kami rekomendasikan Anda untuk memakai Mozilla Firefox atau Google Chrome.
  3. Selalu cek versi browser internet yang Anda pakai, kadang kala streaming sering error jika dipaksakan di browser versi lama.
  4. Cek juga plugin pelengkap seperti Adobe Flash Player. Flash ini adalah salah satu komponen utama bagi kita untuk menonton video lewat internet.
  5. Beberapa browser ada yang menyediakan fitur adblocker, dengan fitur ini iklan-iklan jebakan batman bisa dihindari.

Jika semua sudah bersih dan siap kita lanjut ke langkah selanjutnya: provider internet, langkah-langkahnya:

  1. Cek DNS dan IP address Anda, beberapa situs streaming ada yang memblok IP dari sebuah negara atau membatasi layanan streamingnya hanya untuk negara asal video tersebut.
  2. Cek selalu kuota internet yang Anda miliki, jangan sampai habis ketika di pertengahan streaming, hehe…
  3. Cek sinyal internet di tempat Anda, hal ini penting terlebih jika Anda memakai provider GSM atau CDMA yang kekuatan sinyalnya berbeda-beda setiap daerah.
  4. Pastikan Anda memakai paket yang sesuai untuk streaming, jangan sampai memakai paket sosial atau paket BlackBerry untuk streaming di web yang tentunya jelas tidak akan bisa.

Langkah diatas sukses kita lanjut ke langkah selanjutnya yaitu situs streaming:

  1. Pastikan Anda telah hapal situs streaming yang Anda akan kunjungi, daftarnya bisa dilihat disini.
  2. Hati-hati jebakan batman. Iklan yang menarik di situs streaming terkadang malah menjebak Anda. Iklan tersebut juga bisa jadi pintu awal masuknya malware ke komputer Anda, jadi harus hati-hati.
  3. Beberapa cabang olahraga ada yang menyediakan situs streaming resmi, jadi Anda tidak perlu khawatir soal malware atau jebakan batman. Situs yang sering dipakai siaran langsung adalah YouTube, situs lainnya seperti NASCAR.com dan motogp.com juga menyediakan live streaming, tapi Anda harus bayar untuk menikmatinya

Demikian tipsnya semoga bermanfaat!

Pos ini dipublikasikan di Formula 1, MotoGP, Motorsport, Sepakbola dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.