Top 10 – Reporter Wanita di Acara Motorsport

Nicole Briscoe membawakan siaran NASCAR on ESPN.

Sosok pembawa acara, atau presenter, atau reporter wanita di dunia olahraga yang didominasi laki-laki memang bukan hal yang baru lagi. Keberadaan dan perjuangan mereka bisa menjadi contoh baik bagi para anak muda perempuan alias ABG cewek yang tertarik menekuni peliputan olahraga.

Namun disisi lain masih juga ada anggapan bahwa pembawa acara wanita dalam acara siaran langsung olahraga hanyalah sebagai pemanis sekaligus pemikat agar para pemirsa pria lebih betah menyaksikan acara tersebut. Hal ini memang ada benarnya dari beberapa sisi, terutama jika pembawa acara wanita tersebut hanya unggul di wajah dan tubuh tapi miskin pengetahuan (contoh seperti Sarah Azhari yang memandu siaran F1 di TPI pada 2003 silam).

Pembawa acara olahaga wanita yang disukai penonton baik itu penonton pria maupun penonton wanita adalah seorang pembawa acara yang mampu menjiwai dan mendalami acara yang ia bawakan, mampu menyampaikan materi siaran secara netral (ya, kita tahu ada beberapa pembawa acara olahraga wanita lokal di TV Indonesia yang terkesan lebay jika membahas idola atau klub kesayangannya…) dan tentu saja punya wawasan luas.

Berikut ini 10 pembawa acara atau presenter atau reporter wanita di acara motorsport pilihan kami di tim Republik F1.

10. PAULA MALAI ALI
Penonton F1 di Fox Sports Asia pasti kenal wajahnya. Sebelum menjadi presenter F1 di ESPN STAR Sports atau sekarang Fox Sports Asia, Paula adalah seorang model dan sempat juga menjadi VJ untuk saluran musik Channel V. Satu kekurangannya adalah gaya menyampaikan materi ala VJ masih ia terapkan untuk siaran balap F1.

9. COLETTE WONG
Rekan sekantor Paula Malai Ali di Fox Sports Asia. Ia pernah membawakan acara F1 pada tahun 2004. Kini ia lebih terkenal sebagai produser senior Fox Sports selain sebagai presenter Fox Sports Central. Sebelum menjadi jurnalis olahraga, Wong pernah bekerja sebagai koresponden ekonomi untuk CNBC Asia. Pengalamannya di dunia liputan ekonomi dan bisnis berhasil Wong konversikan ke jurnalisme olahraga meskipun pada awalnya ia akui sangat sulit.

8. CLAIRE B. LANG
Reporter NASCAR ini memang lebih terkenal di radio, namun meskipun begitu sesekali ia tampil di layar kaca seperti di FOX dan Sky Sports. Julukannya saat ini adalah “Ibu Negara” untuk siaran radio NASCAR. Basis pengalamannya sendiri adalah sebagai presenter talk show. Bagi orang Amerika, ia diingat sebagai penyiar talkshow olahraga wania untuk radio yang pertama.

7. JENNIE GOW
Ia merupakan presenter TV dan penyiar radio BBC di Inggris. Sejak pertama lulus kuliah ia langsung bekerja untuk BBC Sport yang merupakan divisi peliputan olahraga dari BBC. Di BBC Sport ia dipercaya sebagai pembawa acara/penyiar untuk motorsport roda dua seperti speedway, motocross dan MotoGP. Gow juga pernah menjadi reporter siaran F1 BBC Sport pada tahun 2011 saat ia menggantikan Natalie Pinkham di beberapa seri sebelum kemudian ditarik penuh untuk tim F1 BBC pada tahun 2012.

6. NATALIE PINKHAM
Berawal sebagai ahli riset dan kini malah menjadi reporter olahraga, itulah sekelumit perjalanan karier Natalie Pinkham yang kini menjadi reporter pit untuk siaran F1 dari Sky Sports. Pada tahun 2006 Pinkham juga menjadi salah satu reporter gabungan ITV dan BBC untuk peliputan Piala Dunia di Jerman.

5. LEE McKENZIE
Masih dari BBC Sport, Lee McKenzie juga menjadi ikon utama peliputan motorsport di BBC Sport. Ia kini dipercaya sebagai deputi produser BBC F1 dan sebagai pembawa acara utama untuk F1 Inside di BBC News. McKenzie telah mendalami dunia jurnalisme olahraga sejak usia 15 tahun dan dapat dilihat dari perkataan khasnya yaitu “saya adalah pecinta semua jenis olahraga”. McKenzie mulai terkenal oleh masyarakat dunia ketika ia menjadi reporter world feed siaran balapan A1GP dari 2006 sampai 2009.

4. SUZI PERRY
Mulai 2013, wanita yang satu ini pindah membawakan acara roda empat yaitu F1 di BBC Sport. Sebelumnya, selama kurang lebih 13 musim, ia malang melintang sebagai presenter merangkap reporter untuk siaran MotoGP di stasiun yang sama. Perry menjadi wanita pertama di ranah Britania Raya yang membawakan acara siaran F1 ketika ia ditunjuk menggantikan Jake Humphrey pada awal musim 2013.

3. KRISTA VODA
Perkenalannya dengan reportase dunia olahraga dimulai saat ia menjadi wartawan kampus ketika ia kuliah di University of Northern Iowa lewat tulisannya untuk acara olahraga basket dan voli kampus. Kini, atau tepatnya sejak tahun 2003, Voda dikenal sebagai pembawa acara sekaligus reporter untuk NASCAR on Fox. Selain meliput balapan NASCAR, Voda juga dipercaya oleh Fox Sports US untuk meliput beberapa acara olahraga lainnya seperti NFL, MLB dan juga golf PGA.

2. NICOLE BRISCOE
Ketika masih remaja, Nicole merupakan Miss Illinois Teen USA. Namanya semakin terkenal saat ia menjadi presenter dan reporter untuk stasiun TV SPEED yang khusus menyiarkan ragam balapan. Sebelumnya ia juga sempat menjadi reporter olahraga untuk TV lokal Indianapolis WISH-TV dimana ia mendapat kesempatan meliput Indianapolis 500 dan GP F1 AS pada tahun 2004. Melalui peliputan balapan IndyCar-lah ia bertemu dengan pembalap yang kemudian menjadi suaminya kelak, Ryan Briscoe.

1. LOUISE GOODMAN
Salah satu presenter sekaligus reporter wanita veteran dalam dunia motorsport. Ia dipercaya menjadi reporter F1 ITV dari tahun 1997 sampai berakhir di tahun 2008. Pada GP Inggris 2006 ia menjadi reporter F1 wanita pertama yang menjadi kru pitstop sungguhan saat balapan ketika ia mengganti ban di salah satu mobil tim Midland F1. Usai ITV kehilangan hak siar F1 di akhir 2008, Goodman kemudian dimutasikan ke peliputan balap mobil turing Inggris, BTCC.

Pos ini dipublikasikan di Formula 1, MotoGP, Motorsport, Umum dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.