Kemenangan Alonso #32 – Spanyol 2013

Fernando Alonso

Pebalap tim Ferari Fernando Alonso keluar sebagai juara di balapan GP Formula 1 Spanyol. Alonso berhasil mengungguli Kimi Raikkonen dari dan rekan setimnya, Felipe Massa, yang finis di posisi dua dan tiga.

Pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Minggu (12/5/2013) malam WIB, Nico Rosberg sebagai pemegang pole mengawali balapan dengan baik. Pebalap Mercedes itu berhasil mempertahankan posisi pertama.

Namun Rekan setim Rosberg, Lewis Hamilton yang start dari urutan dua justru melakukan start yang kurang baik, Lewis harus menyerahkan posisinya kepada juara bertahan Sebastian Vettel sebelum tikungan pertama dan selanjutnya disalip oleh Fernando Alonso.

Posisi Hamilton makin turun setelah Kimi Raikkonen juga berhasil melewatinya di bagian awal lomba.

Rosberg terus ditempel ketat oleh Vettel dan Alonso, namun dia berhasil mempertahankan posisinya tersebut, sampai kemudian dia masuk ke dalam pit pada lap ke-10.

Alonso langsung memimpin balapan dengan diikuti oleh Vettel pada lap ke-14. Lalu diikuti oleh Massa, Rosberg, dan Raikkonen.

Pada akhirnya, Alonso yang memang tampil konsisten sejak sesi latihan bebas tetap stabil mempertahankan posisinya sampai akhir balapan. Tak ada perlawanan berarti dari para pesaingnya, Para penonton tuan rumah pun bersorak saat pebalap idolanya tersebut melewati garis finish.

Meskipun menggunakan strategi empat kali pit stop, Kecepatan Ferrari tetap tidak mampu diimbangi tim-tim lain. Hanya Raikkonen dari tim Lotus yang mampu menunjukkan sebagai saingan terberat Alonso pada balapan ini.

Kimi akhirnya menempati podium kedua diikuti oleh Felipe Massa. Sementara Vettel mengikuti di posisi empat. Mark Webber, Rosberg, Paul Di Resta, Jenson Button, Sergio Perez, Daniel Ricciardo, dan Esteban Gutierrez mengikuti di belakangnya. Hamilton yang start dari urutan dua akhirnya finis di urutan 12.

Hasil positif yang diraih Alonso dan tim Ferrari kali ini menjadikan persaingan baik untuk kategori konstruktor dan pebalap menjadi kian seru, bagi Alonso sendiri ini merupakan kemenangan keduanya musim ini setelah sebelumnya menjadi juara di GP China.

Pos ini dipublikasikan di Formula 1, Motorsport dan tag , , , , . Tandai permalink.