Kemenangan Alonso #31 – Cina 2013

Alonso di GP China

KBRN, Shanghai: Pembalap F1 Ferrari asal Spanyol, Fernando Alonso menjuarai GP Cina dan mampu tampil dominan sepanjang balapan yang berlangsung hari Minggu (14/4)2013)di Sirkuit Internasional Shanghai.

Dalam balapan kali ini dia berhasil menyingkirkan dua pesaing terdekatnya pembalap Lotus, Kimi Raikonen dan pembalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton.

Raikonen dan Hamilton akhirnya harus puas berada pada posisi kedua dan ketiga sedangkan pembalap Red Bull, Sebastian Vettel berada di posisi keempat.

Keunggulan Alonso dalam balapan kali ini lebih banyak ditentukan oleh strategi dalam penggunaan ban pada kendaraannya.

Namun sejak awal Alonso sudah diprediksi akan sulit untuk dikalahkan oleh pembalap lainnya.

“Sudah pasti tadi adalah balapan yang luar biasa buat kami dari awal hingga akhir,” kata Alonso.

“Kami tidak punya masalah dengan kendaraan kami, penurunan model ban juga lebih baik dari yang kami duga sebelumnya.”

Alonso yang berada di posisi ketiga saat babak kualifikasi mengawali balapan kali ini dengan ban yang rentan dan lembut sama seperti tujuh pembalap posisi teratas lainnya.

Dengan kondisi tersebut dia sempat memimpin balapan di awal putaran kelima namun dia memutuskan untuk mengganti ban pada lap ketujuh dan sempat tertinggal di belakang pembalap lainnya.

Keputusannya dalam melakukan pergantian ban di awal balapan membuatnya mampu mengontrol balapan tersebut dan menggeser posisi pembalap yang ada di depannya.

Dia berhasil menjaga jarak dan menjauhi tiga pembalap lain, Raikonen, Hamilton dan Vettel hingga garis akhir.

Kemenangan di GP Cina merupakan kemenangan pertama Alonso di tahun 2013 dan menempatkannya berada di posisi ketiga klasemen sementara musim ini dengan koleksi 43 poin.

Sementara posisi pertama klasemen masih ditempati pembalap Jerman Sebastian Vettel yang dalam balapan kali ini berada di posisi keempat. (YY/BBC/BCS)

Pos ini dipublikasikan di Berita, Formula 1, Motorsport dan tag , , , , . Tandai permalink.