Sebuah Pengantar Untuk NASCAR

NASCAR di musim 2013

NASCAR adalah sebuah ajang balapan yang sangat populer di Amerika Serikat. Balapan ini sudah mendarah daging disana sehingga nyaris dibicarakan setiap hari baik oleh masyarakat ataupun oleh media. Namun, jika Anda baru berkenalan dengan ajang ini, Anda akan menemukan hal-hal yang sedikit membingungkan. Artikel ini dimaksudkan untuk memilah semuanya itu dan membuat Anda berada di jalur untuk menjadi penggemar NASCAR sejati. Jadi mari kita mulai dengan apa sebenarnya NASCAR itu dan dan dari mana asalnya.

Semua berawal dari Bill France Sr yang mendirikan NASCAR pada 21 Februari 1948. NASCAR singkatan dari “National Association for Stock Car Auto Racing”. Seperti yang Anda bisa ketahui dari singkatan tersebut, balap NASCAR digelar untuk mempertandingkan mobil-mobil ‘stok’. Mobil-mobil stok disini berarti mobil yang secara spesifikasi mirip dengan mobil yang Anda jumpai di jalan raya. Perbedaan mobil stok dan mobil biasa terletak pada standar keamanan dan kenyamanan serta kecepatannya. Mobil stok, walaupun bentuknya mirip dengan mobil jalan raya biasa, dibangun untuk bisa berlari dalam balapan berkecepatan tinggi.

Tidak semua mobil bisa memenuhi syarat untuk ikut balapan. Mobil-mobil harus memiliki standar Amerika yaitu memiliki empat pintu. Mereka juga harus memiliki fender. Hal ini sangat penting karena memungkinkan mobil untuk bertarung wheel-to-wheel tanpa merusak mobil. Ada persyaratan yang sangat spesifik yang harus dipenuhi mobil NASCAR. Mobil harus memiliki berat minimal sekitar 3.400 pon, wheelbase 110 inch dan mesin V8. Jadi Anda tidak akan melihat mobil-mobil berhidung runcing seperti di F1 atau IndyCar yang canggih. Anggap saja Anda akan melihat balapan yang secara teknologi ‘ketinggalan’ dan inilah yang membedakan NASCAR dari balapan lain.

Mobil yang ikut serta dalam ajang NASCAR saat ini adalah Chevrolet SS, Ford Fusion dan Toyota Camry.

Anda bisa melihat perbedaan antara mobil balap NASCAR dengan mobil biasa dengan sangat jelas. Mobil Toyota Camry NASCAR bisa melaju dengan kecepatan 800 tenaga kuda, bandingkan dengan Toyota Camry jalanan yang hanya punya 450 daya kuda meskipun mesinnya sama-sama V8.

NASCAR memiliki komite pengawas lomba di hampir seluruh bagian AS, mereka mengawasi ajang-ajang balapan yang berafiliasi dengan NASCAR. Sebagai langkah awal, Anda bisa berkenalan dengan tiga kelas utama dalam balapan NASCAR yaitu:

  1. Sprint Cup Series (Seri Piala Sprint)
  2. Nationwide Series (Seri Nationwide)
  3. Camping World Truck Series (Seri Truk Camping World)

Secara definisi, jika orang berbicara atau mengatakan kata “NASCAR”, mereka mungkin berbicara mengenai kelas paling atas dalam balapan ini yaitu Seri Piala Sprint. Seri ini adalah seri yang paling populer di AS (dan juga di dunia). Balapan atau lomba paling prestisius dari Seri Piala Sprint adalah Daytona 500. Perlombaan ini begitu terkenal karena telah banyak disebutkan dalam budaya pop seperti dalam film dan media lainnya. NASCAR sendiri memiliki banyak referensi budaya pop dan juga memiliki video game berdasarkan hal tersebut yang terus-menerus diperbarui setiap musimnya.

Dari segi penggemar olahraga, penggemar balapan NASCAR menunjukan antusiasme dan cinta mereka pada olahraga ini dengan mengenakan beragam atribut fans, yang paling sederhana adalah bendera dan topi berlogo NASCAR dan pembalap yang mereka dukung.

Artikel ini merupakan perbaikan terjemahan dari artikel serupa di situs PRmob

Pos ini dipublikasikan di Motorsport dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.