Daftar Istilah Dalam NASCAR

NASCAR Sprint Cup Series

Apakah Anda penggemar NASCAR baru? Atau apakah Anda seorang wanita yang kemudian dipaksa untuk mendengarkan atau menonton balapan ini oleh suami atau pacar? Biasanya penggemar baru sedikit akan kewalahan atau kebingungan jika mendengar istilah-istilah balapan (atau apa saja yang terasa asing/baru baginya). Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah… Anda mencari tahu makna istilah balapan tersebyt, berikut adalah beberapa istilah umum yang digunakan dalam NASCAR.

BANKING: Ini tidak ada hubungannya dengan di mana kita menyimpan uang yang kita miliki. Secara terjemahan, banking dalam Bahasa Indonesia berarti perbankan. Tapi bukan itu yang akan kita bahas, banking disini mengacu pada kemiringan sudut tikungan oval arena balapan. Tingkat sudut banking berarti ketinggian lereng trek di tepi luar dari jalur dimana para pembalap memacu mobilnya

DOWNFORCE: Tekanan udara yang menekan pada mobil ketika lomba berlangsung. Ketika mobil masuk tikungan downforce diperlukan untuk membantu cengkraman ban yang lebih baik ke trek. Sementara itu di trek lurus, downforce buruk karena akan mengakibatkan efek drag.

DRAFTING: Drafting adalah ketika ada dua atau lebih mobil berada dalam garis lurus. Mobil pertama menarik mobil-mobil lain dalam satu jalur di dalam ruang hampa. Hal ini memperlambat mobil pertama dan setiap mobil di belakangnya akan tertarik bersama dan mendorong mobil didepan lebih cepat serta membantu menghemat bahan bakar.

DRAG: Ini adalah besaran jumlah hambatan angin yang dimiliki mobil ketika berlomba. Drag yang kecil akan mendorong mobil lebih cepat sekaligus menghemat bahan bakar.

FABRICATOR: Tidak dia bukan pembohong, fabricator adalah orang yang menciptakan lembaran logam untuk bagian-bagian mobil.

FIREWALL: Sebuah pelar padat terbuat dari logam tahan api yang memisahkan pengemudi dari kompartemen mesin. Bagian ini melindungi pengemudi jika terjadi kecelakaan.

FUEL CELL: Ini adalah tangki bensin untuk mobil. Sebuah kotak logam yang dibuat fleksibel dari bahan logam tahan api dan busa untuk mencegah bahan bakar tumpah dan/atau meledak.

GROOVE: Kata slang untuk cara terbaik dari sebuah mobil yang berkeliling di atas trek Bagian groove tinggi berjalan dekat dengan dinding luar. Bagian groove rendah membuat mobil berjalan lebih dekat ke apron di bagian dalam atau bagian bawah trek.

HANDLING: Ini adalah bagaimana menangani mobil atau mengemudikan mobil saat berada di trek.

INTERVAL: Waktu atau jarak antara dua mobil balap. Bisa dijelaskan dalam panjang mobil atau detik.

JET DRYER: Pengering trek ketika trek dinyatakan basah. Biasa dikeluarkan saat panitia lomba mencoba mengeringkan trek setelah hujan agar balapan bisa lancar kembali.

LAPPED CARS: Mobil pelan yang ketinggalan setidaknya satu lap penuh atau kurang dari pemimpin lomba.

LOOSE: Mengacu pada mobil yang oversteer atau ketika bagian belakang mobil mencoba untuk menyalip ujung depan mobil di tikungan. Sebuah mobil longgar sangat berbahaya.

PACE CAR: Sinonim kata dari safety car, sebuah mobil pemandu untuk memperlambat mobil balap sebelum dilakukan start (lap pemanasan) atau saat ada insiden diatas trek.

PIT ROAD: Wilayah trek di mana kru pit melayani mobil balap untuk mengisi bensin atau mengganti ban.

POLE POSITION: Tempat di mana sebuah mobil memulai balapan setelah kualifikasi. Semakin cepat mobil memenuhi syarat dalam kualifikasi akan menempatkannya di barisan paling depan dari mobil lain saat hari lomba datang.

PUSH: Mengacu ketika ban depan tidak berubah tajam secara bergiliran. Jadi rasanya seperti mobil sedang didorong lurus bukan berputar.

QUARTER PANEL: Bagian metal pada sisi pelat mobil yang dilengkapi plat alumunium pembatas yang ditempatkan antara karburator dan intake manifold mesin. Hal ini mengurangi tenaga kuda dan kecepatan. Digunakan pada sirkuit-sirkuit super speedway untuk memperlambat mobil dan menghindari kecelakaan dalam kecepatan tinggi.

ROUND: Kata slang untuk penyesuaian suspensi dengan sasis dengan memasukkan kunci ke dalam baut jack yang melekat pada suspensi. Dengan cara ini suspensi mobil bisa dikencangkan atau dikendurkan.

SETUP: Istilah slang untuk bagaimana mobil diatur sebelum perlombaan.

SHORT TRACK: Sirkuit balapan yang panjangnya kurang dari satu mil, contoh Martinsville atau Bristol.

SPOILER: Strip aluminium di tutup dek belakang (atau bagasi pada mobil jalanan biasa) ini menyebabkan downforce di bagian belakang mobil dan juga meningkatkan traksi. Selain dua hal tersebut, spoiler juga bisa menyebabkan drag.

STICK: Slang untuk traksi ban.

STICKER: Slang untuk ban baru.

STOP AND GO: Hukuman yang diberikan pada pembalap yang melanggar aturan di trek dengan diberikan kibasan bendera hitam. Pembalap yang mendapat hukuman ini akan masuk pit dan berhenti sejenak kurang lebih satu detik sebelum berjalan lahi. Hukuman ini biasanya diberikan karena pembalap ngebut di jalan pit saat ia melakukan pitstop.

SUPER SPEEDWAY: Sebuah trek balap dengan panjang lebih dari satu mil.

SWAY BAR: Bar yang digunakan untuk membatasi kekuatan berputar pada mobil secara bergiliran agar tidak terjadi insiden berguling-guling
.
TIGHT: Setara dengan understeer jika roda depan kehilangan traksi sebelum pembalap dibelakang menempel secara ketat.

TRI OVAL: Sirkuit yang memiliki 3 tikungan (Pocono) atau 5 tikungan (misal Daytona) daripada sirkuit oval biasa yang hanya punya 4 tikungan saja.

TURBULENSI: Aliran udara yang mengalir di belakang mobil balap.

VICTORY LANE: Sinonim dari podium. Ini adalah tempat dimana pembalap merayakan kemenangan mereka usai finis di posisi terdepan saat lomba.

WEDGE: Mengacu pada sudut ke sudut yang berkaitan dengan bobot mobil. Menyesuaikan wedge dapat membuat mobil ketat atau longgar.

Well, semoga daftar istilah diatas bermanfaat bagi Anda semuanya…

Sumber tulisan: NASCAR Dictionary – Terms from Auto Racing

Pos ini dipublikasikan di Motorsport, Umum dan tag , . Tandai permalink.