Top 10 – Gadget Q Untuk James Bond

Q dan gadgetnya

James Bond merupakan sosok pahlawan legendaris di Abad 20 (dan berlanjut sampai Abad 21). Tidak peduli Anda adalah fans James Bond klasik era Sean Connery atau Roger Moore, fans muda Bond yang gila berat dengan Pierce Brosnan atau fans Bond Abad 21 yang diwakili Daniel Craig, karakter Bond sangat cool selama 50 tahun belakangan.

Sosok pria penuh misteri ini (ya James Bond memang misterius…) hampir selalu dibekali gadget yang berguna untuk menyelesaikan misinya. Beberapa diantaranya ada yang konyol dan terkesan lawak.

MI6 alias SIS membekali agen rahasia terbaiknya dengan beragam gadget. Memang tidak semuanya indah atau realistis untuk kita bayangkan (salah satunya penembak panah di lengan). Daftar di bawah ini adalah deretan gadget Bond buatan Q branch yang terbaik sepanjang masa.

10. KAMERA LASER

Kamera laser

Laser akan ditembakan jika Anda menarik tombol shutter di kamera ini. Di layar kamera Anda akan melihat gambar foto x-ray kepala yang akan dijadikan sasaran tembak (akan ada tanda bulatan merah). Apa jadinya jika di kehidupan nyata ada kamera seperti ini?

Kamera futuristik tidak masuk akal ini muncul dalam film Licence to Kill (1989).

9. JAM TANGAN

Jam tangan Omega 007

Terlalu banyak untuk dijelaskan disini. Tapi kita bisa mengingat beberapa jam tangan bersejarah yang dipakai James Bond. Jam tangan berkekuatan magnet bisa Anda temui di Live and Let Die (1973) yang konon bisa membelokan arah peluru. Jam yang bisa menjadi pager (dulu belum ada SMS) dalam The Spy Who Loved Me (1977), Jam tangan dengan tampilan TV mini LCD (Octopussy, 1983) dan jam tangan laser (GoldenEye, 1995).

Jika Anda perhatikan, merek jam menjadi yang utama dalam setiap film James Bond dengan sang aktor yang dikontrak oleh perusahaan jam tertentu. Rolex, Pulsar, Seiko dan Omega. Merek jam tangan yang pernah bekerjasama dengan James Bond.

8. TELEPON GENGGAM ERICSSON 1997

Ponsel Ericsson

Awal masa depan ponsel ada di film Tomorrow Never Dies saat James Bond dibekali ponsel Ericsson yang bisa membaca sidik jari, bisa menjadi remot kontrol untuk mengemudikan mobil BMW 750iL dan bisa pula dipakai untuk menyetrum orang dengan tenaga 2.000-volt

Meskipun sampai saat ini aplikasi listrik 2.000 volt belum ada, namun aplikasi untuk pembaca sidik jari kini mulai ada dan masih dikembangkan untuk mencapai kata sempurna dari sebuah kemajuan teknologi. Terima kasih Q!

7. PAKAIAN BALON

Pakaian balon

Q memiliki bakat untuk memprediksi apa yang akan menimpa James Bond di misi selanjutnya dalam The World Is Not Enough (1999). Jaket yang ia buat di film ini bukan sekadar jaket. Jaket ini menjadi alat bertahan hidup yang dilengkapi semacam kantong udara yang bisa dibuka sampai mengembang menyerupai balon dengan bagian dalam yang bisa ditinggali (bisa muat untuk dua orang).

6. KACAMATA SIMULATOR 3D

Kacamata simulator 3D

Q membuat benda futuristik ini dalam Die Another Day. Dengan memakai kacamata ini, kita bisa seolah-olah hidup di dunia lain yang sesuai dengan kemauan kita. James Bond memakainya untuk simulasi latihan menangkal teroris yang menyusup ke gedung MI6 sementara Moneypenny menggunakannya untuk… adegan erotis bersama James Bond (yang selalu ia impikan berpuluh-puluh tahun lamanya).

5. PELURU HIU

Peluru hiu

Gadget sekaligus senjata spesial yang muncul sekali dalam Live and Let Die. Dengan menembakan peluru ini pada lawan maka lawan akan mengembang seperti balon sebelum kemudian meledak. Ironisnya dalam film, Bond mengaktifkan gadget ini secara manual saat ia berkelahi dengan Dr. Kananga di bagian klimaks film. Hasilnya tubuh Kananga mengembang kemudian meledak dan hancur berkeping-keping.

4. JETPACK

Jetpack

Gadget ini muncul dalam Thunderball. Sangat futuristik, dengan mesin ini si pengguna bisa terbang. Benda ini masih menjadi impian sampai saat ini.

3. KOPER PELEDAK

Koper peledak

Inilah benda resmi perdana James Bond dalam film Dr. No (1962). Bagian sisi koper ini bisa menyimpan amunisi peluru, pisau yang bisa melempar sendiri dan -jika terdesak-, koper ini bisa diatur supaya meledakan dirinya sendiri.

2. BOLPEN PELEDAK

Bolpen peledak

Hati-hati dengan benda ini jika ada di kehidupan nyata. Untuk mengaktifkan peledakan, pemakainya hanya perlu mengklik bagian atas bolpen sebanyak tiga kali dan tiga kali lagi untuk mematikannya.

Sepintas bolpen ini adalah bolpen biasa, terutama dimata musuh. Tapi Anda akan tahu sendiri jika diaktifkan, dengan kekuatan ledakan yang mencapai tingkatan keempat. Bolpen ini menjadi senjata tidak terduga dalam GoldenEye.

1. ASTON MARTIN DB5

Aston Martin DB5

Mobil Aston Martin DB5 muncul dalam beberapa film James Bond, tapi yang dilengkapi gadget penuh adalah Aston Martin DB5 yang muncul dalam Goldfinger. Mobil ini berisi beragam gadget diantaranya panel antipeluru, perangkap oli, perangkap asap, senapan mesin otomatis, GPS (era pertama), penerima radar dan tentu saja kursi pelontar seperti dalam pesawat tempur.

Pos ini dipublikasikan di James Bond dan tag , , , , , , . Tandai permalink.