Fox Sports Asia – 28 Januari 2013

Fox Sports Asia

Mulai Senin 28 Januari 2013, ESPN yang biasanya Anda saksikan di TV satelit berlangganan (apapun providernya) akan berganti nama menjadi Fox Sports. Ini bukan hanya untuk kita di Indonesia saja, tapi bagi seluruh pemirsa di Asia.

Pergantian nama ini terkait dengan akusisi 50% saham ESPN di ESPN STAR Sports (perusahaan induk dari ESPN Asia dan STAR Sports) oleh News Corporation yang sebelumnya memegang 50% saham STAR Sports (STAR TV).

Sebagaimana kita ketahui bersama, ESPN STAR Sports merupakan perusahaan patungan dengan komposisi saham 50-50 antara ESPN Inc. dan STAR TV. Perusahaan televisi satelit ini telah berdiri sejak tahun 1994 dan kemudian tumbuh menjadi televisi olahraga terdepan di Asia.

ESPN merupakan perusahaan media AS yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Walt Disney Company, sementara STAR TV (STAR Sports didalamnya) merupakan anak perusahaan yang dimiliki oleh News Corporation pimpinan Rupert Murdoch yang juga memiliki jaringan perusahaan Fox International Channels, termasuk didalamnya jaringan saluran televisi National Geographic.

Pada musim panas 2012, News Corp kemudian melakukan langkah strategis dengan membeli 50% saham yang dimiliki ESPN, Inc. di ESPN STAR Sports. Dalam perjanjian transaksi tersebut disebutkan, nama ESPN akan tetap bertahan sampai pengakusisian 50% saham tersebut selesai dilakukan oleh News Corporation. Bulan November menjadi bulan yang menyenangkan bagi News Corp karena di bulan tersebut mereka berhasil menyelesaikan transaksi akusisi saham ESPN.

Dengan selesainya hal tersebut, masa depan ESPN di Asia semakin tidak jelas. Pada Januari 2013 kemudian diumumkan bahwa ESPN Asia akan berganti nama menjadi Fox Sports Asia mulai 28 Januari 2013. Program khas ESPN yaitu SportsCenter juga akan hilang seiiring hengkangnya ESPN dan akan digantikan Fox Sports Central.

Bagaimana soal program acara Fox Sports Asia? Jangan khawatir, sesuai yang tertulis dalam promo mereka di layar kaca, Fox Sports Asia akan tetap menyiarkan program yang sama dengan ESPN Asia terdahulu, diantaranya siaran langsung F1, MotoGP, NASCAR Sprint Cup Series, Barclays Premier League, La Liga dan masih banyak lagi. Bahkan di beberapa negara Asia, program Ultimate Fighting Championship yang sebelumnya tayang di Fox Movies Premium akan dipindahkan ke Fox Sports Asia.

Lalu bagaimana nasib ESPN di Asia selanjutnya? Sampai saat ini masih belum jelas. Walt Disney Company sebagai pemilik ESPN belum mengumumkan apa yang akan mereka lakukan selanjutnya di Asia yang konon merupakan salah satu pasar penting bisnis televisi satelit berlangganan.

Kita tentu berharap ESPN kembali mengudara di Asia dan dengan Disney yang juga memiliki Disney Channel Asia tentu akan mempertimbangkan membawa kembali nama ESPN ke Asia, walaupun kini mereka harus berjuang dari 0 lagi atau dianggap sebagai saluran TV baru lagi.

Pos ini dipublikasikan di Berita, Formula 1, MotoGP, Motorsport, Sepakbola dan tag , , , , . Tandai permalink.