Sekilas Mengenai Regulasi F1 Musim 2013

Mobil F1 menurut regulasi

Setiap musimnya, FIA selalu mencoba merevisi atau memperbaiki regulasi yang ada, termasuk juga untuk musim F1 tahun 2013. Berikut ini adalah beberapa perubahan kecil tapi berpotensi signifikan yang akan berlaku mulai musim 2013 di arena F1.

Penggunaan DRS
Untuk alasan keamanan, pada tahun 2013 pembalap hanya dapat memanfaatkan Sistem Drag Reduction (DRS) dalam zona DRS yang telah ditunjuk selama latihan dan kualifikasi. Sebelumnya pembalap bebas untuk memakai sistem ini dalam sesi latihan dan kualifikasi sesuka hati mereka.

Jam Malam
Jam malam untuk karyawan tim – yang mencegah mereka berada di paddock selama periode tertentu – telah diperpanjang dari enam menjadi delapan jam pada hari Kamis malam untuk 2013. Jumlah pengecualian yang diperbolehkan selama musim dikurangi dari empat menjadi dua jam saja.

Tes Sayap Depan
Untuk 2013 tes sayap depan defleksi akan diperketat untuk mengurangi kemungkinan bodywork yang fleksibel yang digunakan untuk meningkatkan kinerja aerodinamis.

Berat Minimal Mobil
Berat minimum mobil dan sopir telah ditingkatkan untuk mengimbangi peningkatan bobot ban yang dipakai di musim 2013.

Force Majeure
Peraturan ‘force majeure’ yang berkaitan dengan ketika sebuah mobil berhenti di trek saat kualifikasi telah dihapus dari peraturan. Untuk 2013 FIA akan menentukan berapa banyak bahan bakar mobil yang digunakan untuk kembali ke pit dan menambahkannya ke peraturan sampel minimal satu liter bahan bakar dalam tangki bensin yang disyaratkan untuk pengujian setelah kualifikasi.

Biaya Kejuaraan
Biaya keikutsertaan kejuaraan telah direvisi. Red Bull, sebagai juara konstruktor juara, diharuskan membayar US$ 500.000 ditambah US$ 6.000 untuk setiap poin yang diperoleh di kejuaraan konstruktor 2012 untuk bisa masuk kejuaraan 2013. Setiap tim lain diminta untuk membayar biaya dasar sebesar US$ 500.000 ditambah US$ 5.000 untuk setiap titik mencetak gol pada tahun 2012.

Pos ini dipublikasikan di Formula 1 dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.