Mengenal Sistem Suspensi Mobil F1

Suspensi mobil F1

FORMULA 1 Suspensi mobil Formula Satu modern membentuk antarmuka vital diantara unsur-unsur yang berbeda yang bekerja sama untuk menghasilkan kinerja yang bagus. Suspensi memanfaatkan kekuatan mesin serta downforce yang diciptakan oleh sayap dan paket aerodinamis dan cengkeraman ban dan memungkinkan mereka semua untuk digabungkan secara efektif dan diterjemahkan menjadi sebuah kecepatan yang cepat dalam satu buah paket mobil F1 di atas trek.

Tidak seperti mobil jalan, di F1 kenyamanan penghuni tidak masuk hitungan – per suspensi dan damper dibuat sangat kuat untuk memastikan dampak ketika mobil melindas trotoar bergelombang yang dijinakkan secepat mungkin. Per kemudian menyerap energi dari dampak, shock absorber melepaskannya pada stroke kembali, dan mencegah kekuatan osilasi dari tindakan ini. Mirip dengan hal menangkap bola daripada membiarkannya memantul.

Setelah larangan suspensi aktif berbasis komputer dikeluarkan pada dekade 1990-an, semua fungsi suspensi mobil F1 terkini harus dilakukan tanpa intervensi elektronik. Fitur mobil F1 saat ini diantaranya ‘Multi-link’ antara suspensi depan dan belakang, yang punya luas sama dengan tata letak wishbone ganda dari mobil jalan raya dengan lengan suspensi panjang yang tidak sama atas dan bawah untuk memungkinkan pengendalian terbaik saat menikung. Sebagai gaya sentrifugal yang menyebabkan mobil untuk roll, jari-jari efektif dari lengan suspensi yang lebih rendah memiliki arti bahwa bagian bawah ban (dilihat dari depan) terlihat miring keluar lebih jauh ke atas, dan cukup penting untuk memaksimalkan pegangan yang dihasilkan ban.

Tidak seperti mobil jalanan, per suspensi mobil F1 tidak lagi dipasang langsung ke lengan suspensi, tapi dioperasikan jarak jauh melalui batang push-rod dan bell cranks yang memungkinkan untuk variable rate yang berbeda-beda. Inisialisasi yang lembut sekaligus kuat sebagai pegas dikompresi lebih lanjut. Link suspensi sendiri sekarang terbuat dari serat karbon untuk menambah kekuatan dan menghemat berat. Hal ini penting untuk mengurangi ‘unsprung mass’ dimana hal ini merupakan bobot komponen antara udara dan permukaan trek.

Suspensi mobil F1 modern dapat dengan mudah disesuaikan. Settingan untuk trek akan dibuat sesuai dengan kondisi cuaca (pengaturan cuaca basah akan membuat suspensi jadi lebih lembut) dan pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, pengaturan dasar per suspensi pengaturan damper turut berpengaruh dalam hal ini. Angka ini kemudian dapat diubah sesuai dengan preferensi pembalap dan kinerja ban, termasuk juga geometri suspensi dalam keadaan tertentu. Setting suspensi tergantung pada persyaratan aerodinamis dari trek, kondisi cuaca dan pilihan pembalap untuk understeer atau oversteer.

Pos ini dipublikasikan di Formula 1 dan tag , . Tandai permalink.