Mengenal Sasis Baru NASCAR Gen-6

Chevrolet SS Kasey Kahne musim 2013

Ketika NASCAR didirikan oleh Bill France Sr lebih dari lima puluh tahun yang lalu, ide yang ia kemukakan untuk balap mobil yang ia ciptakan ini adalah mobil balap yang bisa dibeli dari lantai dealer penjual – mobil stok. Selama bertahun-tahun kemudian teknologi maju pesat yang juga mempengaruhi mobil di seluruh dunia, namun filosofi NASCAR tetap sama yaitu mobil stok berbasis dari mobil jalanan, dengan keterampilan pengemudi menjadi faktor penentu saat mobil melintasi garis finish. Setelah serangkaian kematian dalam beberapa tahun pertama di Abad 21 – Tony Roper, Kenny Irwin, Adam Petty dan Dale Earnhardt Sr – pejabat NASCAR mengalihkan perhatian mereka untuk membuat olahraga ini lebih aman dan pada tahun 2007 Car of Tomorrow (COT) diperkenalkan dengan penekanan pada keselamatan pengemudi.

Untuk tingkat penampilan di sirkuit, templat atau desain sasis yang sama persis digunakan secara seragam untuk seluruh pabrikan, terlepas dari produsen sedang membangun mobil – Ford, Dodge, Toyota atau Chevrolet. “Mobil” baru ini  memang kurang aerodinamis tapi lebih stabil pada kecepatan tinggi dan lebih mampu menangani dampak dari mobil lain. CoT baru memulai debutnya pada tanggal 25 Maret 2007, di Bristol dengan Kyle Busch memenangkan balapan di atas Chevrolet, tetapi saat ia memberikan keterangannya usai finis, ia berkata bahwa mobil CoT ini jelek. Pembalap lainnya memberikan ulasan mobil secara campuran, dengan salah satu komentar ternegatif adalah mobil ini seakan menjadikan NASCAR balapan seragam dengan sedikit ruang untuk tindakan yang diberikan oleh seorang pembalap yang berniat menyalip pembalap lainnya.

Berbagai masalah dengan CoT kemudian dikumpulkan oleh pihak NASCAR. Selama beberapa tahun usai 2007, NASCAR mengadakan riset mendalam soal mobil dan pada 2012 injeksi bahan bakar menggantikan karburator sebagai distributor bahan bakar. Untuk 2013, NASCAR memutuskan mendesain ulang CoT, kali ini mereka memperbolehkan pihak pabrikan mobil ikut serta dalam desain mobil tersebut. CoT secara resmi berganti nama menjadi mobil Gen 6 oleh NASCAR dalam acara 2012 Ford Championship Weekend.

Dalam sesi terbaru dari tes di Charlotte Motor Speedway, mobil baru NASCAR Gen 6 dilaporkan menerima persetujuan dari enam belas pembalap yang mengujinya. Dale Earnhardt Jr sebagai pembalap paling populer di NASCAR sangat antusias dan benar-benar terkesan dengan NASCAR yang disebutnya “merevolusi” mobil. Hal ini menjadi sinyal baik untuk NASCAR Seri Piala Sprint menghadapi musim 2013.

Secara garis besar, Gen 6 yang dipakai NASCAR mulai 2013 ini seolah membalikkan NASCAR ke habitat awalnya yaitu balap mobil stok. Kali ini Chevrolet SS, Ford Fusion dan Toyota Camry yang dipakai di ajang Seri Piala Sprint sama persis dengan mobil serupa yang Anda lihat di jalan raya.

LIMA HAL UNTUK DIKETAHUI
Ada lima hal yang setiap penggemar balap harus tahu tentang mobil NASCAR Sprint Cup Series Generasi-6:

  • Identitas Merek: Setelah memakan waktu dua tahun untuk riset, pengembangan dan pembuatan, hari ini mobil Sprint Cup lebih mirip dengan yang ditemukan di lantai showroom dan di jalan raya. Mobil ini punya desain yang cantik serta fitur gaya masing-masing model memberikan penampilan yang khas layaknya mobil yang Anda pakai sehari-hari.
  • Perangkat Keamanan: Penambahan atap bar depan dan tengan untuk lebih memperkokoh roll cage lebih memperkuat integritas dan meningkatkan struktur kekuatan diatas atap. Flaps atap yang besar mengurangi gesekan arah angin yang besar dan mengurangi kemungkinan mobil terbang ke atas udara saat terjadi kecelakaan atau insiden.
  • Langsing dan Kecil: Jumlah berat mobil telah dikurangi sebesar 160 pon (100 kurang pada sisi kanan, 60 pound kiri). Bobot minimum pengemudi juga telah menurun dari 200 menjadi 180 pon
  • Stamp of Approval: Dengan pengecualian pada penutup dek belakang yang terbuat dari serat karbon, semua panel bodi mobil kini diproduksi oleh produsen dan secara individual para tim harus melakukan verifikasi kepada otoritas NASCAR.
  • Nama Anda Disini: Nama pembalap akan ditampilkan di bagian atas kaca depan, stiker sponsor dan nomor mobil kini telah dihapus dari “lampu” dan “lampu belakang” dan sekarang dipindahkan menjadi muncul di bumper depan dan belakang. Logo sponsor tunggal akan diijinkan pada atap mobil.

Chevrolet SS

Ford Fusion

Toyota Camry

Pos ini dipublikasikan di Motorsport dan tag , , , . Tandai permalink.