IPL Januari 2013, ISL Menunggu Kongres

ISL vs. IPL

Jakarta/Detik – Indonesian Premier League (IPL) musim baru dijadwalkan digelar mulai Januari 2013. Adapun Indonesian Super League (ISL) diundur menjadi setelah Kongres PSSI akhir tahun.

Kedua liga itu telah mengumumkan waktu kickoff-nya setelah hasil rapat Joint Committee (JC) beberapa hari lalu menyepakati bahwa masing-masing bisa melanjutkan kompetisinya di musim ini sebelum disatukan di tahun 2014.

“Kami memutuskan musim depan IPL diikuti 16 klub yang akan dilaksanakan pada Januari tahun depan. Kenapa tahun depan? Karena sesuai permintaan dari AFC Pro League Committee,” terang CEO PT. Liga Prima Sportindo Indonesia (LPIS), Widjajanto.

Ke-16 klub tersebut, terdiri dari 10 klub musim lalu ditambah tiga klub juara Divisi Utama, yaitu Pro Duta FC, Perseman, dan Persepar. Sedangkan sisanya akan diperebutkan melalui babak playoff yang digelar pada 29 September sampai 3 Oktober.

“Lima pemain asing dipersilakan, tetapi yang dimainkan maksimal tiga orang. Kebijakan ini dibuat supaya pemain lokal memiliki kesempatan bermain lebih, yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk timnas,” papar dia.

Sementara itu CEO PT. Liga Indonesia Djoko Driyono mengatakan kepada wartawan, Selasa (25/9/2012), bahwa kompetisi ISL yang semula direncanakan dimulai bulan November, diundur sampai diselenggarakannya Kongres PSSI.

FIFA dan AFC memang telah meminta melalui JC supaya PSSI menggelar kongres paling lambat akhir tahun ini. Hanya, jenis kongres tersebut, apakah kongres biasa atau luar biasa, masih belum dipastikan.

“Tadinya kami kira kongres diadakan September, makanya kami menyiapkan kickoff (ISL) di bulan November,” ujar Djoko.

Kenapa menunggu sampai kongres dilaksanakan, ia mengatakan supaya ada kejelasan nasib tim-tim yang akan mengikutinya. Sebabnya, ada isu beberapa klub IPL ingin pindah ke ISL. Ia berharap kongres bisa dilakukan sebelum Desember.

Alasan lain pemunduran jadwal kickoff ISL musim baru adalah karena ada agenda tim nasional yang berlaga di turnamen Piala AFF di Thailand dan Malaysia, dari 24 November sampai 22 Desember. Karena timnas telah diputuskan hanya satu dan berada di bawah kendali PSSI, ada kemungkinan pemain-pemain ISL juga akan memperkuat skuat “Garuda”” di ajang tersebut.

Pos ini dipublikasikan di Berita, Sepakbola dan tag , . Tandai permalink.