Anatomi Lomba F1: Dari Senin Menuju Minggu

Motorhome McLaren

Bagi kebanyakan orang, balapan F1 adalah sebuah olahraga balap mobil atau atraksi yang hanya berdurasi 1,5 sampai 2 jam di akhir pekan tepatnya di hari Minggu. Padahal sebetulnya F1 tidak hanya sibuk di akhir pekan saja khususnya di hari Minggu saat lomba.

Kita akui bersama, hari Minggu menjadi titik puncak dari sebuah gelaran lomba F1 dengan acara “race day”. Di sisi lain, hari Minggu juga menjadi pembuktian bagi orang-orang yang bekerja di F1, apakah kerja keras mereka sejak hari Senin sampai Sabtu akan berjalan dengan mulus di hari puncak atau tidak. Hari Minggu menjadi titik puncak bagi aliran uang bisnis yang mengalir di ajang F1.

SENIN-SELASA: PERSIAPAN DAN PEMBANGUNAN
Ibaratkan hari Senin adalah hari kosong setelah jeda dua pekan. Seluruh karyawan tim F1 (12 tim tentu saja) bergegas pergi berkeliling Eropa dari kantor pusat mereka dengan memakai truk. Misalnya tim-tim berangkat dari markas untuk datang ke sirkuit Monza, Italia, Silverstone, Inggris atau Spa, Belgia. Sesampainya di sirkuit mereka membongkar peralatan mereka untuk kemudian membangun garasi, paddock dan tentu saja kantor mini alias motorhome.

Mekanik membangun mobil

RABU-KAMIS: MEKANIK BERKERJA KERAS
Mobil balap, sesampainya di sirkuit yang akan dipakai balapan berbentuk bagian-bagian kecil yang harus dirakit. Saatnya bagi mekanik untuk bekerja keras membangun mobil yang masih berbentuk serpihan kecil-kecil tersebut menjadi mobil utuh di hari Rabu atau Kamis, sambil memastikan bahwa apa yang mereka rakit itu sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan sebelumnya oleh F1. Selain merakit mobil, para mekanik juga berlatih melakukan pitstop di garasi tim masing-masing.

Pada hari Kamis, para pembalap mulai mengecek sirkuit. Pers mulai berdatangan, FIA mulai menggelar sesi konferensi pers perdana di sore hari dengan tamu para pembalap atau petinggi tim. Ada juga beberapa tim yang menggelar sesi konferensi pers terpisah yang erat kaitannya dengan pemasaran dan citra tim, yang biasanya mereka gelar di garasi atau paddock VIP atau bahkan di motorhome.

JUMAT: AKSI DI TREK DI MULAI DAN KONFERENSI PERS LAGI
Dua sesi latihan bebas di gelar di hari Jumat. Yang pertama digelar pukul 10.00 sampai pukul 11.30 pagi waktu setempat. Di sesi latihan perdana ini para pembalap mengecek mobilnya sekaligus meninjau sirkuit. Sesi latihan kedua digelar pada jam 14.00 sampai 15.30 sore hari waktu setempat, di sesi ini tidak jauh berbeda dengan sesi yang pertama

Pada sore harinya, FIA kembali menggelar konferensi pers dengan tata cara yang sama seperti di hari Kamis… termasuk juga konferensi pers mandiri secara terpisah oleh para tim di garasi atau motorhome mereka.

SABTU: KUALIFIKASI
Hari Sabtu para tim dan pembalap kembali bersiap untuk unjuk gigi di sirkuit. Pertama mereka akan mengikuti sesi latihan bebas ketiga sebagai persiapan terakhir jelang kualifikasi. Sesi ini digelar pukul 11.00 sampai 12.00 waktu setempat.

Penentuan posisi grid alias kualifikasi dimulai pada pukul 14.00 waktu setempat. Sesi ini berlangsung satu jam yang dibagi dalam tiga bagian yaitu Q1 selama 20 menit, Q2 selama 15 menit dan Q3 selama 10 menit. Siapapun yang berhasil tampil tercepat di akhir Q3 maka ia akan menempati posisi depan di grid saat start lomba di hari Minggu.

Perlu di catat, beberapa tim (atau bahkan seluruhnya) terkadang sering menggelar acara tambahan di hari Jumat dan Sabtu. Jadi selain konferensi pers mandiri secara rutin untuk pers, juga digelar sesi-sesi promosi dari sponsor para tim yang biasanya dihadiri oleh para undangan VVIP.

Fernando Alonso berparade sebelum berlomba

MINGGU: SAATNYA BERLOMBA…
Pada hampir setiap lokasi balapan atau biasa disebut Grand Prix, perlombaan selalu dimulai pada pukul 14.00 waktu setempat. Ada beberapa pengecualian, seperti di Silverstone, Inggris, di mana perlombaan digelar pada pukul 13.00 waktu setempat, agar bisa ditayangkan di layar televisi di Eropa pada pukul 14.00. Sebelum lomba seperti biasa ada beberapa acara di sirkuit, seperti parade pembalap, upacara pembukaan diiringi lagu kebangsaan dan inspeksi yang selalu rutin dilakukan oleh Bernie Ecclestone yang merupakan pemegang hak komersial F1.

Lomba F1 biasanya digelar dengan jarak tempuh rata-rata 190 mil (sekitar 300 km) yang biasanya akan memakan waktu 1,5 jam. Jika misalnya ada gangguan seperti cuaca hujan, balapan akan lebih lama. Aturan durasi balapan ketika kering adalah maksimal selama 2 jam, sementara ketika basah atau ada insiden penghentian balapan (bendera merah) maka maksimal durasi balapan adalah 4 jam termasuk lama waktu saat balapan tersebut dihentikan. Jika misalnya balapan melebih waktu 2 jam maka siapapun yang memimpin lomba saat itu akan langsung dinyatakan sebagai pemenang.

Usai lomba akan ada sesi seremonial podium dimana pembalap menerima piala kemenangan, disusul kemudian konferensi pers untuk televisi. Tim pemenang biasanya juga mengadakan acara sesi foto untuk keberhasilan kerja mereka beberapa jam usai lomba selesai.

Disisi lain, para mekanik yang tidak bekerja saat balapan atau diluar tim pitstop sudah mulai membereskan barang untuk dikemas kembali untuk dipakai di balapan selanjutnya, tentu pekerjaan ini tidak akan selesai dalam waktu setengah hari saja di hari Minggu…

SENIN (LAGI): MENGEPAK BARANG…
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tim mulai membereskan barang mereka dan mengemasnya sebagai persiapan untuk balapan selanjutnya tepat (atau bersamaan) di saat mereka balapan.

Proses yang sedikit agak berat adalah membongkar motorhome, paddock dan garasi yang bisa memakan waktu seharian. Setelah proses ini selesai, tim bisa kembali ke kantor dan pabrik mereka (jika jeda antar balapan adalah dua minggu) atau langsung ke sirkuit berikutnya (jika jeda balapan hanya seminggu). Selanjutnya proses kembali ke bagian atas (artikel)…

Oleh:
Sumber: More Than a Two-Hour Race on Sunday, a Grand Prix is a Weeklong Happening

Pos ini dipublikasikan di Formula 1, Motorsport dan tag , , . Tandai permalink.