Race Report: Jeff Gordon – The Rain Man at Pocono

Jeff Gordon dan keluarga di Pocono

POCONO (HENDRICK MOTORSPORTS) –Akhirnya, Jeff Gordon mendapatkan keberuntungannya. Pembalap mobil bernomor #24 berhasil memimpin di Pocono Raceway dan selamat dari ancaman bencana di lap 91 yang mengakhiri masa penantian kemenangannya sejak awal musim ini. Kebangkitan Gordon dari posisi start 27 menjadi urutan kesatu menandakan ia lebih dari sekedar beruntung dan berhasil bekerja dengan sangat keras untuk meraih kemenangan keenamnya di Pocono.

Dalam beberapa menit dari badai besar, para pejabat NASCAR menyatakan lomba secara resmi dihentikan, dan Gordon meraih kemenangan pertamanya di musim 2012 sekaligus menjadi hattrick untuk Hendrick Motorsports karena di dua balapan sebelumnya, Kasey Kahne (Loudon) dan Jimmie Johnson (Indy) juga berhasil memenangi lomba. Selain itu kemenangan Gordon ini membuat semua pembalap tim Hendrick berhasil meraih kemenangan di musim 2012. Sebuah prestasi yang terakhir mereka capai di tahun 2007 silam. Dengan hasil ini Gordon sekarang naik ke posisi wildcard untuk Chase for the Cup dan berpeluang menempatkan semua pembalap Hendrick di Chase.

“Kami sudah pernah memenangi balapan seperti ini di sini sebelumnya dan saya selalu yakin bahwa kita pasti akan menerimanya lagi di tahun-tahun mendatang,” kata Gordon, yang kini mencatat rekor baru enam kali menang di Pocono.

“Kami tahu bahwa restart akan menjadi kunci,” kata kepala kru Tim 24 Alan Gustafson, yang merayakan ulang tahunnya pada hari Minggu. “Jelas semua orang akan mencoba restart sebaik mungkin seperti yang Jeff dapatkan hari ini dan sebagian lagi mendapat masalah. Bisa saja kami juga tadi terlibat dalam masalah tersebut dan tersingkir dari lomba. ”

Rekan setim Gordon, Kasey Kahne juga beruntung selama restart dan membuntuti rekan setimnya tersebut sampai balapan dihentikan walaupun sebetulnya ia mengambil risiko besar dengan memaksakan bannya yang sudah sangat aus. Dengan posisi finis kedua ini, Kahne juga melanjutkan perburuan wildcard-nya untuk Chase. Hasil 1-2 tim Hendrick di Pocono merupakan yang ke-32 untuk tim dan yang pertama yang mereka berhasil dapatkan di Pocono.

Jimmie Johnson, pemenang balapan di Indianapolis pekan sebelumnya, terjebak dalam insiden dengan Denny Hamlin dan Matt Kenseth dan ia harus puas finis di posisi 14. Sementara Dale Earnhardt Jr. mengalami masalah transmisi dan harus rela finis di urutan 32.

Lomba hari Minggu dibuka dengan penundaan balapan akibat hujan selama hampir dua jam. Pada awal lomba Dale Jr. sempat memimpin lomba selama 10 lap pertama dan tiga rekan setimnya berhasil masuk posisi 10 besar di lap 35.

Johnson dan Earnhardt kemudian masuk pit di lap 48 untuk empat ban, bahan bakar dan penyesuaian. Ketika mereka kembali ke trek, Johnson melaju dengan mulus, tapi Earnhardt mengalami masalah penanganan serius. No 88 Chevrolet berjuang untuk mencapai kecepatan, dan Earnhardt melalui radio kepada kepala kru Steve Letarte menyatakan bahwa ia mengalami masalah transmisi – ia tidak bisa masuk ke gigi tiga atau keempat. Letarte menginstruksikan Earnhardt masuk ke garasi, di mana Earnhardt keluar dari Chevrolet No 88 dan mulai membantu timnya untuk memulai proses perbaikan.

“Kami tidak memiliki gigi tiga atau keempat, jadi kita harus mengubah transmisi,” kata Earnhardt. “Saya tahu orang-orang di bagian transmisi kecewa – kita tidak pernah mematahkan bagian. Kami meletakkannya di saat kualifikasi kemarin, dan itu baik-baik saja. Kemudian saat balapan dimulai, agak progresif dan ada sedikit getaran. Mobil itu benar-benar kehabisan waktu, dan itu baru mulai hilang beberapa perubahan dan tidak akan masuk ke gigi.

“Ini sulit. Kami harus berjalan dengan sangat baik dan sebetulnya kami punya mobil cukup cepat. Jimmie memiliki mobil tercepat di luar sana, tapi saya pikir kami mungkin punya sesuatu untuk ia dengan beberapa penyesuaian jika saja kami tidak mendapat masalah,” ujar Earnhardt Jr.

Sementara itu, Gustafson melalui radio kepada Gordon menyatakan bahwa ia adalah pembalap terbaik di trek dengan catatan waktu yang konsisten. Pada lap 66 Gordon naik ke posisi 5 dan Gustafson menyatakan bahwa akan turun hujan sekitar 45 menit lagi.

Tim Earnhardt yang menyelesaikan perubahan transmisi dalam 18 lap dan ia kemudian kembali ke trek di lap 69. Johnson memimpin, Kahne ketiga dan Gordon kelima.

Dengan hujan masih menjulang di radar pada pertengahan balapan, Johnson telah merentangkan keunggulannya menjadi tiga detik di lapangan. Kepala kru Chad Knaus melalui radio memerintahkan pembalapnya untuk menghemat bahan bakar di No 48 Chevy. Kahne dan Gordon mengikuti Johnson di urutan keenam dan ketujuh.

Bendera kuning melambai lap 86 ketika pesaing lain menabrak dinding. Setelah pit stop, Gordon dan Kahne berbaris di baris ketiga untuk restart dibelakang Johnson, yang mendapat sedikit celah saat masuk ke belokan. Tidak lama berselang Johnson tergelincir dari trek dan melakukan kontak dengan pesaing lain yang memicu insiden multi-mobil. Gordon dan Kahne lolos tampaknya tidak terpengaruh, sementara Johnson hanya mengalami kerusakan ringan. Ketika ia masuk pit dan safety car selesai menjalankan tugasnya mengamankan trek, Gordon dinyatakan sebagai pemimpin lomba yang baru.

Kahne menderita ban kanan belakang yang aus berat setelah pertarungan ketat dan awak kepala Kenny Francis memerintahkan pengemudi mobil bernomor 5 tersebut untuk bertahan di trek karena hujan tidak lama lagi akan turun. Francis paham jika hujan turun maka balapan akan dihentikan dan Kahne akan finis di posisi kedua.

Dalam beberapa lap kemudian periode hati-hati dikeluarkan menyusul hujan deras yang turun. Pihak NASCAR menghentikan balapan dan setelah melihat cuaca yang semakin buruk akhirnya resmi sudah bahwa lomba tidak akan dilanjutkan lagi dan Jeff Gordon dinyatakan sebagai pemenang.

RESULTS FROM POCONO RACE:
(Pos – Start – # – Nama – Sponsor – Pabrikan)

1 (27) 24. Jeff Gordon – Drive to End Hunger (Chevrolet)
2 (4) 5. Kasey Kahne – Farmers Insurance (Chevrolet)
3 (15) 56. Martin Truex Jr. – NAPA Auto Parts (Toyota)
4 (31) 2. Brad Keselowski – Miller Lite (Dodge)
5 (28) 14. Tony Stewart – Office Depot Back to School (Chevrolet)
6 (9) 39. Ryan Newman – HAAS Automation / Quicken Loans (Chevrolet)
7 (17) 99. Carl Edwards – Fastenal (Ford)
8 (19) 15. Clint Bowyer – 5-hour Energy (Toyota)
9 (11) 78. Regan Smith – Furniture Row / Farm American (Chevrolet)
10 (5) 9. Marcos Ambrose – Stanley (Ford)
11 (3) 27. Paul Menard – Menards / Serta (Chevrolet)
12 (18) 55. Mark Martin – Aaron’s Dream Machine (Toyota)
13 (14) 20. Joey Logano – The Home Depot (Toyota)
14 (10) 48. Jimmie Johnson – Lowe’s (Chevrolet)
15 (12) 16. Greg Biffle – 3M (Ford)
16 (21) 29. Kevin Harvick – Budweiser (Chevrolet)
17 (16) 1. Jamie McMurray – Bass Pro Shops / Allstate (Chevrolet)
18 (13) 43. Aric Almirola – Automotive Lift Institute (Ford)
19 (25) 22. Sam Hornish Jr.(i) – Shell Pennzoil (Dodge)
20 (1) 42. Juan Pablo Montoya – Target (Chevrolet)
21 (26) 38. David Gilliland – ModSpace Motorsports (Ford)
22 (23) 31. Jeff Burton – Enersys / Odyssey Battery (Chevrolet)
23 (7) 17. Matt Kenseth – Zest (Ford)
24 (24) 10. David Reutimann – TMone.com (Chevrolet)
25 (37) 93. Travis Kvapil – Burger King / Dr Pepper (Toyota)
26 (22) 83. Landon Cassill – Burger King / Dr Pepper (Toyota)
27 (39) 47. Bobby Labonte – Scott Products (Toyota)
28 (32) 34. David Ragan – Taco Bell (Ford)
29 (2) 11. Denny Hamlin – FedEx Ground (Toyota)
30 (6) 51. Kurt Busch – Phoenix Construction Services (Chevrolet)
31 (41) 32. Jason White(i) – Zaxby’s (Ford)
32 (8) 88. Dale Earnhardt Jr. – DietMtnDew/AMPEnergy/NationalGuard (Chevrolet)
33 (20) 18. Kyle Busch – M&M’s (Toyota)
34 (36) 30. David Stremme – Inception Motorsports (Toyota)
35 (29) 13. Casey Mears – GEICO (Ford)
36 (38) 87. Joe Nemechek(i) – AM/FM Energy Wood & Pellet Stoves (Toyota)
37 (34) 26. Josh Wise – #MDS Transport (Ford)
38 (42) 36. Tony Raines – @Tmone / CRM Hiring Veterans (Chevrolet)
39 (30) 19. Mike Bliss(i) – Plinker Tactical (Toyota)
40 (35) 37. JJ Yeley – Max Q Motorsports (Chevrolet)
41 (43) 98. Mike Skinner – TRAQM.com (Ford)
42 (40) 91. Reed Sorenson(i) – Plinker Tactical (Toyota)
43 (33) 23. Scott Riggs – North Texas Pipe (Chevrolet)

Pos ini dipublikasikan di Berita, Motorsport dan tag , , , , , . Tandai permalink.