Race Report: Piala Brickyard Keempat Untuk Jimmie Johnson

Jimmie Johnson

Jimmie Johnson tidak pernah pergi. Tidak akan pernah, sekalipun satu tahun tanpa gelar setelah lima tahun berturut-turut memenangi kejuaraan– ini hanya salah satu peran dan salah satu bagian dari seorang aktor yang telah meraih lima piala dan kemudian berubah drastis dalam satu pertunjukan lainnya.

Pada hari Minggu di Indianapolis, Johnson dan tim nomor 48 mungkin telah menyiapkan skenario terbaru untuk mengejar gelar Sprint Cup keenam. Johnson yang memulai start dari posisi enam, merayap dengan pasti menuju posisi terdepan. Memimpin selama 99 dari 160 lap dan akhirnya mengalahkan Kyle Busch dengan selisih lebih dari empat detik.

Seakan-akan kemenangan Johnson ibarat ia menendang Busch dan mendapatkan hadiah visa eksklusif untuk bagian-bagian yang tidak diketahui.

“Kalau bukan untuk aksi tim nomor 48, kami mungkin sangat berpeluang menang dan menguasai perlombaan. Tapi Jimmie Johnson sangat tangguh disini dan terpaksa kami akui ketangguhannya,” ujar Busch.

Johnson memimpin pada putaran 28, mengalahkan Denny Hamlin saat restart usai bendera kuning. Ia juga melakukan hal yang sama di 20 lap terakhir saat mengalahkan Kyle Busch dan memimpin dengan penuh ketenangan untuk bisa menang di Brickyard.

Kemenangan ini menjadi kemenangan keempat Johnson di Brickyard 400. Namun bagi tim nomor 48, kemenangan dirasakan sebagai sesuatu yang biasa, sama seperti yang mereka alami di 2006 sampai 2010. Jalan di depan masih panjang dan jauh dan mereka tetap merendah sambil mengintip peluang selanjutnya.

Selama perjalanannya, Johnson memenangkan balapan 35 kali –rata-rata dalam tujuh musim. Pada 14 lomba yang ia menangi, ia berhasil memimpin sepertiga dari setiap lomba tersebut. Kemenangan di hari Minggu di Indy adalah kemenangan ketiga Johnson dalam 20 balapan. Kemenangan sebelumnya ia catat di Darlington saat ia memimpin 134 dari 368 lap. Kemudian saat menang di Dover, Johnson memimpin 289 lap dari total 400 lap. Plus, Johnson selalu menang di Indy dalam tiga kali kesempatan di tahun-tahun sebelumnya yang kemudian ia tutup dengan gelar di akhir musim kejuaraan.

Rekan setimnya Dale Earnhardt Jr. saat ini berhasil memimpin klasemen, tapi Johnson perlahan tapi pasti akan mengintip peluang untuk menyalipnya dalam beberapa balapan kedepan. Benar bahwa Johnson kandas di trek restrictor plate yang disebabkan karena penampilan buruk (kecelakaan dan kegagalan mesin). Namun di balapan biasa non-restrictor, Johnson hanya finis paling buruk di posisi 12 dan itu sangat mengagumkan.

Hati-hati, untuk para pembalap lain!

“Saya merasa bahwa dari sudut pandang kinerja saat lomba, kami tidak sekuat dulu yang pernah dengan mudah menguasai balapan,” kata Johnson. “Kami punya masalah besar di beberapa lomba saat tertinggal jauh dari lawan yang menyebabkan kami kandas. Kami perlu meminimalisir lubang-lubang tersebut agar bisa mulus masuk ke Chase. Tapi dari sudut pandang saya saat ini, kinerja tim dan mobil sangat menakjubkan. Kami membuat banyak kemajuan saat libur balapan dan memulai lagi perlombaan dengan kesegaran dan semangat baru. Saya siap bangkit dan memulai perjuangan baru untuk meraih gelar keenam di akhir musim nanti.”

Brickyard 400 Results
At Indianapolis Motor Speedway
Indianapolis
Lap length: 2.5 miles
(Start position in parentheses)
1. (6) Jimmie Johnson, Chevrolet, 160 laps, 48 points, $430,461.
2. (7) Kyle Busch, Toyota, 160, 43, $362,108.
3. (5) Greg Biffle, Ford, 160, 42, $293,525.
4. (20) Dale Earnhardt Jr., Chevrolet, 160, 40, $263,750.
5. (9) Jeff Gordon, Chevrolet, 160, 40, $266,961.
6. (1) Denny Hamlin, Toyota, 160, 39, $250,091.
7. (11) Ryan Newman, Chevrolet, 160, 37, $230,058.
8. (17) Martin Truex Jr., Toyota, 160, 36, $212,539.
9. (22) Brad Keselowski, Dodge, 160, 36, $214,470.
10. (28) Tony Stewart, Chevrolet, 160, 34, $230,175.
11. (19) Mark Martin, Toyota, 160, 33, $170,175.
12. (15) Kasey Kahne, Chevrolet, 160, 32, $172,850.
13. (27) Kevin Harvick, Chevrolet, 160, 31, $205,236.
14. (8) Paul Menard, Chevrolet, 160, 30, $167,300.
15. (33) Clint Bowyer, Toyota, 160, 29, $186,139.
16. (24) Sam Hornish Jr., Dodge, 160, 0, $197,475.
17. (18) Trevor Bayne, Ford, 160, 0, $155,525.
18. (14) Regan Smith, Chevrolet, 160, 26, $180,483.
19. (4) Aric Almirola, Ford, 160, 25, $191,411.
20. (23) Marcos Ambrose, Ford, 160, 24, $181,208.
21. (12) Juan Pablo Montoya, Chevrolet, 160, 23, $180,966.
22. (16) Jamie McMurray, Chevrolet, 160, 22, $180,908.
23. (32) Dave Blaney, Chevrolet, 160, 21, $148,725.
24. (26) David Stremme, Toyota, 160, 20, $163,783.
25. (38) Landon Cassill, Toyota, 160, 20, $173,395.
26. (29) Bobby Labonte, Toyota, 160, 19, $167,858.
27. (31) David Gilliland, Ford, 160, 17, $156,008.
28. (36) David Ragan, Ford, 160, 16, $152,397.
29. (2) Carl Edwards, Ford, 156, 15, $189,591.
30. (42) Ken Schrader, Ford, 156, 14, $148,825.
31. (37) Stephen Leicht, Chevrolet, 154, 13, $148,275.
32. (21) Jeff Burton, Chevrolet, 151, 12, $180,350.
33. (3) Joey Logano, Toyota, 144, 11, $148,525.
34. (25) Casey Mears, Ford, 137, 10, $137,725.
35. (10) Matt Kenseth, Ford, accident, 132, 10, $186,011.
36. (13) Kurt Busch, Chevrolet, engine, 126, 8, $145,375.
37. (30) Travis Kvapil, Toyota, accident, 40, 7, $145,300.
38. (34) Scott Speed, Ford, brakes, 23, 6, $137,170.
39. (41) J.J. Yeley, Chevrolet, transmission, 20, 5, $133,325.
40. (35) Josh Wise, Chevrolet, brakes, 19, 4, $133,245.
41. (40) Scott Riggs, Chevrolet, rear gear, 14, 3, $133,070.
42. (39) Mike Skinner, Ford, rear gear, 11, 0, $132,975.
43. (43) Mike Bliss, Toyota, engine, 5, 0, $133,356.

Pos ini dipublikasikan di Berita, Motorsport dan tag , , , , , . Tandai permalink.