Kemenangan Alonso #30 – Jerman 2012

Fernando Alonso

KOMPAS/VIVA Fernando Alonso berhasil memenangkan balapan F1 Jerman di sirkuit Hockenheim,Minggu (22/7). Andalan Ferrari ini tampil gemilang selama 67 lap tanpa mendapat perlawanan dengan waktu tempu 1 jam  31 menit 05,862 detik. Bahkan dengan dua kali strategi pitstop, ia berhasil mengatasi tekanan dari dua pesaing dan membalap dengan F2012 melebihi 110 persen.

Sukses ini membuat dirinya dapat mempertahankan kemenangan 2010 di sirkuit yang sama – sedang tahun lalu dilangsungkan di Nurburgring dan dimenangkan jenson Button). Ini berarti kemenangan ketiganya musim ini dan kian memperkokoh posisinya di klasemen sementara dengan total 154 angka.

Tempat kedua direbut pebalap tuan rumah Sebastian Vettel. Andalan Red Bull ini berhasil menggeser Button dari posisi kedua di lap 66. Perjuangan Vettel merebut podium kedua tidak mudah karena sempat diganggu oleh Lewis Hamilton.  Ketika ia sudah menempel Alonso, muncul Hamilton yang masuk lintasan. Begitu juga usai pitstop II bersamaan dengan Alonso, ia dipisahlkan oleh Button yang melesat cepat.

McLaren yang berambisi menyumbangkan kemenangan buat Mercedes, harus puas berada di urutan ketiga yang direbut Jenson Button. Pebalap Inggris ini tampil cemerlang dengan melibas dua pebalap tuan rumah Nico Hulkenberg dan Michael Schumacher. Sayang, di lap 66, posisinya disikat Vettel yang nekad menikung bersamaan dari sisi luar. Panitia sedang menginvestigasi soal manuver Vettel tersebut.

Vettel kesal sama Hamilton
Bintang Hockenheim bisa disematkan pada Fernando Alonso. Bayangkan, juara dunia 2005 dsan 2006 mampu mengatasi tekanan dari dua seterunya yang memang mengincar kemenangan di balapan ini.

Ketika lomba masuk lap26, Vettel yang membayang di belakang Alonso berhasil menempel dengan jarak 1,010 detik. Pada lap 34, Vettel kian mendekat dengan 0,34 detik, Sayang, upayanya melibas Alonso diganggu oleh Hamilton yang masuk lintasan usai pitstop dan dioverlap.

Ternyata, Hamilton dalam posisi ke-18 menyalip Vettel. Pebalap Jerman ini kontan mengangkat tangan, tanda kesal. Ia tak berusaha mengejar dan memilih bertahan di di belakang Hamilton. Ketika Alonso masuk pit di lap 42, Vettel mengikutinya. Sayang, saat masuk lintasan posisi keduanya diambil oleh Button yang melesat cepat dari sampingnya. Tapi, di lap 66 ia dapat mengambilnya kembali dari Button.

Bebas dari Vettel, Alonso mendapat  tekanan dari Button mulai lap47. Pebalap Inggris yang tampil cemerlang ini, terus menempel dengan jarak 0,6 detik. Sampai kru Ferrari memberi isyarat kepada pebalapnya soal Button di belakangnya.

Namun, Alonso yyang memakai ban kompon medium melalui radio meyakinkan timnya bahwa ia bisa menjaga jarak. ternyata, janjinya itu dibuktikan finis pertama, meski ia menyetir melebihi kemampuannya.

Hamilton yang sangat diharapkan oleh timnya dan juga Mercedes, gagal finis dan berhenti di lap 58 akibat gangguan girboks. Perjuangannya sangat tidak mulus. Baru jalan beberapa lap, ban kiri belakangnya pecah akibat terkena serpihan dari senggolan Romain Grosjean dan Ricciardo. Posisi Hamilton pun melorot di luar 10 besar.

Podium Vettel hangus
Nasib sial menimpa pembalap Red Bull Racing, sekaligus juara bertahan, Sebastian Vettel usai GP Jerman, Minggu 22 Juli 2012 kemarin. Steward memberikan penalti kepada Vettel lantaran melakukan manuver ilegal saat menyalip Jenson Button.

Ini terjadi dua lap sebelum finis. Saat itu, Button tengah berupaya keras mempertahankan posisi dua. Sementara, Vettel masih terus menekannya. Pembalap asal Jerman itu akhirnya berhasil mendahului Button saat keluar dari tikungan Hairpin.

Vettel pun berhak atas podium dua di akhir balapan. Namun steward membatalkan podium Vettel karena menyalahi aturan. Vettel menggunakan sisi luar lintasan saat menyalip pembalap McLaren Mercedes itu. Pengawas lomba melihat, Vettel diuntungkan saat kembali masuk ke lintasan balap.

Over-taking yang dilakukan Vettel menyalahi regulasi yang telah dituangkan FIA. “Mobil no 1 meninggalkan trek dan mendapatkan keuntungan ketika kembali masuk ke lintasan. Ini melanggar pasal 20.2 dari aturan olahraga ini, “tulis pernyataan Steward dilansir dari Autosport.

Akibat kesalahan itu, waktu Vettel ditambah menjadi 20 detik. Drive-through penalti bisa dikenakan setelah balapan sesuai pasal 16.3. Karena melanggar aturan tersebut, posisi Vettel melorot ke urutan lima dan tempat kedua dihuni Button.

Revisi hasil balapan GP Jerman 2012
1.  Fernando Alonso – Ferrari
2.  Jenson Button – McLaren-Mercedes
3.  Kimi Raikkonen – Lotus-Renault
4.  Kamui Kobayashi – Sauber-Ferrari
5.  Sebastian Vettel – Red Bull-Renault
6.  Sergio Perez – Sauber-Ferrari
7.  Michael Schumacher – Mercedes
8.  Mark Webber – Red Bull-Renault
9.  Nico Hulkenberg – Force India-Mercedes
10.  Nico Rosberg – Mercedes
11.  Paul Di Resta – Force India-Mercedes
12.  Danile Ricciardo – Toro Rosso-Ferrari
13.  Felipe Massa – Ferrari
14.  Jean Eric-Vergne – Toro Rosso-Ferrari
15.  Pastor Maldonado – Williams-Renault
16.  Vitaly Petrov – Caterham-Renault
17.  Bruno Senna – Williams-Renault
18.  Romain Grosjean – Lotus-Renault
19.  Heikki Kovalainen – Caterham-Renault
20.  Charles Pic – Marussia-Cosworth
21.  Pedro De la Rosa – HRT-Cosworth
22.  Timo Glock – Marussia-Cosworth
23.  Narain Karthikeyan – HRT-Cosworth

Pos ini dipublikasikan di Berita, Formula 1 dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.