Mengenal Lomba-Lomba Prestisius di Dunia

Fernando Alonso juara GP Monako 2006

Ada banyak seri balapan di dunia ini, baik itu roda empat alias mobil maupun roda dua alias sepeda motor. Kita mengenal Formula 1, MotoGP, WRC, NASCAR, IndyCar, World Superbike dan lain sebagainya. Lomba-lomba dari seri-seri tersebut dipertontonkan dalam jumlah belasan dan bahkan ada yang mencapai puluhan lomba setiap musimnya.

Di beberapa seri balapan, ada lomba-lomba yang dikenal sebagai yang prestisius alias bergengsi. Menjadi sebuah kebanggaan bagi seorang pembalap apabila ia bisa memenangi sebuah lomba tersebut dan bahkan nilai kemenangannya nyaris sama dengan nilai seorang juara dunia atau juara umum. Balapan-balapan tersebut diantaranya:

GRAND PRIX MONAKO (F1):
Tidak ada yang bisa membantah lomba ini. Balapan di jalanan Monte Carlo telah dimulai sejak tahun 1929 sebagai perwujudan ide dari Anthony Noghès. Lomba GP Monako kemudian masuk ke seri balapan Formula Satu sejak tahun 1950 walaupun sempat absen di musim 1951 dan 1953-54.

Kontur jalan raya yang sempit menjadi tantangan bagi setiap pembalap untuk bisa menaklukan sirkuit Monako. Tidak berlebihan jika Nelson Piquet menyebut lomba GP Monako adalah ibarat Anda mengemudikan sepeda di dalam rumah Anda.

Tiga pembalap dikenal sebagai spesialis Monako yaitu Graham Hill, Ayrton Senna dan Michael Schumacher. Senna sendiri memegang rekor sebagai pembalap yang paling sering menang di Monako dengan 6 kali kemenangan.

Satu hal yang membuat Monako sangat menarik adalah keglamorannya. Anda bisa melihat kunjungan selebritis dan tentu saja gadis-gadis cantik berbikini, wow!

Dan Wheldon juara Indy500 2011

INDIANAPOLIS 500 (INDYCAR):
Indianapolis 500 adalah acara balapan yang diadakan di Indianapolis, Indiana. Acara ini merupakan acara balapan terbesar di dunia. Lebih dari 200.000 orang datang untuk menonton acara ini, yang setiap tahunnya diadakan di Indianapolis Motor Speedway, sebuah sirkuit yang dibuka sejak tahun 1909 dan menjadi ciri khas Amerika Serikat dengan karakterisitik ovalnya.

Lomba ini sendiri biasa diadakan pada hari sebelum Hari Memorial, sebuah hari untuk mengenang para pahlawan Amerika Serikat yang gugur di medan perang.

Pada rentang waktu 1950-1960, balapan Indy500 juga pernah menjadi bagian dari seri kejuaraan dunia Formula Satu walaupun saat itu yang lebih sering mengikuti lomba ini adalah pembalap AS.

Hadiah sebesar 2,5 juta dollar AS disediakan bagi pembalap yang mampu memenangi lomba ini. Selain itu berbeda dengan lomba lainnya, pemenang lomba diberikan susu murni bukan champagne, untuk merayakan kemenangannya.

Logo lomba Le Mans 24 Jam

LE MANS 24 JAM:
24 Hours of Le Mans (24 Heures du Mans dalam bahasa Perancis) adalah balapan ketahanan tertua di dunia yang digelar sejak 1923 di kota Le Mans, Sarthe, Perancis. Balapan ini sebelumnya dikenal sebagai Grand Prix of Endurance (yang berarti Grand Prix Ketahanan).

Balapan diorgainisir oleh Automobile Club de l’Ouest (ACO) dan dilakukan pada sirkuit dengan jalur publik tertutup yang berarti tidak hanya menguji kekuatan sebuah mobil dan supirnya untuk kuat, tapi juga untuk bertahan dalam waktu 24 jam.

Jarak balapan ini sendiri rata-rata mencapai lebih dari 5.000 kilometer, setara dengan enam kali balapan Indianapolis 500 dan 18 kali balapan F1.

Lomba ini kemudian menginspirasi balapan-balapan serupa di berbagai belahan dunia lain, sebut saja Daytona 24 Jam, Bathurst 24 Jam dan masih banyak lagi.

Jimmie Johnson juara Daytona 500 2006

DAYTONA 500 (NASCAR):
Daytona 500 adalah lomba NASCAR Seri Piala Sprint berjarak 500 mil (804.7 km) NASCAR yang digelar setiap tahun di Daytona International Speedway. Balapan ini adalah balapan pembuka musim NASCAR Seri Piala (Cup Series).

Berbeda dengan GP Monako atau Indianapolis 500 yang digelar di pertengahan musim, Daytona 500 yang digelar di awal musim memberikannya keunikan tersendiri terutama bagi para fans balapan, karena balapan ini juga dianggap bukan hanya pembuka musim NASCAR melainkan juga pembuka musim otomotif secara resmi (dengan tidak memasukan Reli Dakar yang memang bukan lomba resmi).

Di Amerika Serikat sendiri balapan ini disebut juga sebagai “The Great American Race” atau “Super Bowl of Stock Car Racing.” Karena digelarnya di akhir bulan Februari, lomba ini juga sering identik dengan pekan Hari Presiden, yaitu hari dimana George Washington (presiden pertama AS) lahir pada tanggal 22 Februari.

Sampai saat ini, Richard Petty menjadi pembalap yang paling sering memenangi Daytona 500 dengan raihan 7 kali kemenangan (1964, 1966, 1971, 1973, 1974, 1979 dan 1981).

ISLE OF MAN TT:
International Isle of Man TT (Tourist Trophy) Race adalah sebuah acara balapan sepeda motor balap acara yang digelar di Isle of Man dan selama bertahun-tahun sering disebut sebagai perlombaan sepeda motor paling bergengsi di dunia.

Acara ini sempat menjadi bagian dari Kejuaraan Grand Prix Sepeda Motor (sekarang kita kenal dengan nama MotoGP) selama periode 1949-1976 sebelum dipindahkan ke Inggris setelah masalah keamanan sirkuit jalanan menjadi faktor utama dibatalkannya gelaran lomba MotoGP disini. Meskipun begitu FIM tetap menganggap lomba ini sebagai bagian dari ajang perlombaan resmi mereka yang tetap digelar setiap tahunnya.

Balapan ini digelar di Isle of Man atau dalam bahasa Indonesia kita kenal sebagai Pulau Man, sebuah pulau kecil di Britania Raya. Format balapan sendiri berbeda dengan lomba balap lainnya yaitu memakai konsep time trial, yang sepintas mirip dengan sistem lomba di ajang WRC.

Jorge Lorenzo adalah salah satu juara Dutch TT

DUTCH TT:
Dutch TT (Tourist Trophy) adalah sebuah balapan sepeda motor yang secara tradisional diadakan pada hari Sabtu terakhir bulan Juni di Sirkuit Assen di Belanda balapan ini menjadi bagian dari Kejuaraan Dunia MotoGP.

Sirkuit Assen sendiri juga dikenal sebagai “Katedral” dari sepeda motor. Lomba Dutch TT menjadi lomba TT kedua yang masih bertahan sampai saat ini. Lomba TT ini telah diadakan sejak tahun 1925 dengan pengecualian 1940-145 karena terjadinya Perang Dunia II.

Lomba TT Belanda ini juga telah masuk kalender MotoGP sejak 1949, menjadikannya balapan asli MotoGP yang masih bertahan dalam kalender sampai saat ini.

DAN AKHIRNYA:
Sebanyak tiga lomba diatas, yaitu GP Monako, Le Mans 24 Jam dan Indianapolis 500 banyak dikenal orang sebagai Triple Crown of Motorsport, sebuah sebutan yang diberikan karena ketiga balapan tersebut memiliki kontribusi cukup tinggi untuk dunia balapan modern.

Graham Hill sampai saat ini memegang rekor sebagai satu-satunya pembalap yang mampu memenangi GP Monako, Indianapolis 500 dan Le Mans 24 Jam selama kariernya.

Pos ini dipublikasikan di Berita, Formula 1, MotoGP, Motorsport dan tag , , , , . Tandai permalink.