Race Report: Kemenangan ke-200 untuk Hendrick Motorsports di Darlington

Kemenangan ke-200 Hendrick Motorsports

DARLINGTON RACEWAY – Jimmie Johnson memenangkan lomba NASCAR Sabtu malam bertajuk Bojangles’ Southern 500 di Darlington Raceway yang bersejarah dan pada akhirnya memberikan pemilik tim Rick Hendrick kemenangan balapan ke-200 untuk timnya. Juara NASCAR lima kali ini mendominasi hampir sepanjang balapan sebagai pembalap yang paling banyak memimpin didepan.

Saingan berat Johnson dalam balapan ini adalah Denny Hamlin, Kyle Busch dari tim Joe Gibbs Racing-Toyota dan juara bertahan Seri Piala Tony Stewart. Johnson berhasil mengungguli mereka dalam restart green-white-checkered untuk mencetak kemenangan ke-56 dalam karirnya dan pertama sejak Kansas pada Oktober 2011 silam. Kemenangan ini juga menjadikan Hendrick Motorsports sebagai tim kedua yang berhasil memenangi 200 balapan setelah Petty Enterprise yang mengantungi 268 kemenangan balapan.

Pemegang pole position Greg Biffle memimpin pada awal lomba atas duet Hendrick Motorsports Jimmie Johnson dan Kasey Kahne selama kurang lebih 48 lap awal lomba. Kyle Busch dan Johnson mengambil alih pimpinan dan saling bergantian memimpin sebelum akhirnya keluar bendera kuning di lap 173.

Usai restart, tidak lama berselang bendera kuning kedua keluar setelah ban mobil Jeff Gordon kempes dan beserakan di trek. Kali ini Hamlin mengambil alih pimpinan lomba dan Johnson saat itu berada di Top 10 usai pitstop. Hamlin tidak lama memimpin setelah kemudian ia disalip oleh Kasey Kahne.

Pada Lap 231, sebuah insiden yang disusul bendera kuning berhasil menempatkan Dale Earnhardt Jr kembali di lap memimpin dan mengirim semua pembalap ke jalan pit. Kahne harus berhenti lebih lama di pit ketika salah satu mekaniknya terpleset di jalan pit. Yang memungkinkan Hamlin untuk mengambil alih pimpinan mengungguli Biffle, Martin Truex Jr dan Joey Logano.

Pada restart, Biffle sempat memimpin beberapa saat, tetapi terpeleset dan jatuh ke posisi keempat. Ia kemudian mulai mengalami masalah serius dan jatuh kembali ke posisi tujuh, sementara Hamlin dan Truex memimpin.

Bobby Labonte berputar di pintu keluar Turn 4 pada putaran 298, menyebabkan bendera kuning. Dalam kondisi safety car, Truex, Kyle Busch, Johnson dan Logano masuk pit dan mengganti dua ban mereka. Johnson pindah ke posisi kedua pada restart dan segera berangkat setelah Truex memimpin. Pemenang tahun lalu, Regan Smith berputar di Turn 4 pada putaran 306, mengirim bendera kuning keluar lagi.

Johnson, Kyle Busch dan tujuh lainnya tinggal di luar, sementara Truex dan mobil lainnya masuk pit mengantisipasi jarak balapan yang mungkin akan bertambah. Truex bergabung kembali dalam balapan di posisi ke-11, meskipun memakai empat ban segar.

Kyle Busch sempat melewati Johnson di restart, sementara Biffle mendekat ke posisi ketiga, balapan kembali menjadi bergairah sebelum akhirnya bendera kuning keluar lagi, kali ini AJ Allmendinger dan Jamie McMurray bersenggolan dengan tembok di Turn 4 pada putaran 316.

Setelah balapan normal kembali, Busch kembali memimpin, tetapi Johnson mulai mengejar Busch saat masuk ke Turn 1 pada putaran 326, Hamlin pun mencoba mendekati Busch untuk posisi kedua.

Posisi ke-30 Reed Sorenson adalah korban berikutnya untuk kecelakaan, dimana ia berputar keluar pada putaran 328 di pintu keluar dari Turn 4. Hal ini menyebabkan bendera kuning kembali keluar dan sempat membuat beberapa pembalap masuk pit karena takut kehabisan bensin jelang finis.

Saat restart, Stewart menggunakan jalur tinggi untuk naik ke posisi kedua di belakang Johnson, Busch jatuh ke posisi ketiga.

Dengan tujuh lap tersisa, Kurt Busch melintir, mengambil jalan yang akan dilewati Ryan Newman dan memberikan bendera kuning terakhir untuk lomba ini dan tentu saja penambahan jarak balapan lewat aturan green-white-checkered.

Johnson berhasil meluncur dengan mulus saat restart, dengan Hamlin belakangnya, Stewart di bagian dalam didepan Kyle Busch. Pada akhirnya Johnson berhasil menang mudah sementara Hamlin melewati Stewart untuk finis di tempat kedua.

Pos ini dipublikasikan di Berita, Motorsport dan tag , , , , , , . Tandai permalink.