Kemenangan Pertama Nico Rosberg: China 2012

Nico Rosberg (Mercedes GP

Shanghai, Kompas Otomotif – Mobil balap Mercedes W03 yang dikemudikan Nico Rosberg luar biasa kencang. Pebalap Jerman yang start dari posisi terdepan berhasil memenangkan lomba seri III F1 China di sirkuit Shanghai, Minggu (15/4). Ia menyelesaikan 56 lap dengan catatan waktu tercepat 1 jam 36 menit 29,929 detik. Berarti, sampai seri ketiga ini sudah melahirkan tiga pemenang yang berbeda (Jenson Button di Australia dan Fernando Alonso di Malaysia) dan di China ini Mercedes finis 1-2-3.

Tempat kedua direbut Jenson Button yang dilap ke-51 berhasil menyalip Sebastian Vettel. Mobil MP4-27 yang dikemudikan Button sangat kencang dan seharusnya ia yang memenangkan lomba ini jika tragedi di pit pada lap 40 tak terjadi. Saat masuk pit, Button dalam posisi memimpin dan kru yang mengganti roda belakang kiri ada sedikit masalah. Sehingga, ketika masuk pit melorot urutan keenam.

Perlahan tapi pasti, mantan juara dunia 2009 ini dapat merebut posisi kedua. Suatu hasil yang luar biasa. Ia berada di peringkat kedua dengan total 43 angka di belakang.

Sementara rekan setimnya Lewis Hamilton finish di urutan ketiga setelah dengan perhitungan matang menyusul Vettel jelang satu lap terakhir (lap 55). Dengan hasil ini, mantan juara dunia 2008 ini dapat mempertahankan posisi teratas sementara dengan 45 angka.

Dan Vettel yang coba merebut kembali tampak performa mesinnya kalah cepat dengan Hamilton, sehingga ia harus puas finish keempat. Pada lomba ini, juara dunia 2010 dan 2011 ini masih menggunakan exhaust lama, sehingga tenaga mobil tak sebagus rekannya Mark Webber yang sudah mamakai desain knalpot baru.

Jika saja lomba masih dua lap lagi, bukan tidak mungkin Webber bisa melibas Vettel. Karena, ia hampir dapat melakukannya di lap terakhir. Pun seandainya roda kiri depan dan belakang pebalap Australia tak sampai keluar lintasan dan kedua roda depan sempat terangkat tinggi (seperti mau terbang), mungkin hasilnya akan lain.

Schumi apes
Dalam menempuh 56 lap, Nico sudah memimpin sejak start hingga finish tanpa mendapat perlawanan. Tiga prestasi diraih Nico dari hasil penampilannya di China ini. Pertama, inilah kemenangan pertamanya setelah start 110 kali di arena F1. Kedua, di sirkuit Shanghai ini pula menempati posisi start terdepan pertama. Dan ketiga, ia menguasai tigaperempat lomba.

Meski, posisi terdepannya sempat diambil Jenson Button di lap 35 saat Rosberg masuk pit ganti ban. Sayang, Button tak bisa mempertahankannya ketika harus mendekam di pit belasan detik di lap 40 akibat kru mendapat sedikit masalah ganti ban kiri belakang. Akibatnya, kala masuk lintasan posisinya melorot keenam. Tapi, ditunjang oleh performa mesin yang bagus, ia dapat meraih hasil maksimal dengan finish kedua.

Sayang, sukses Nico Rosber tidak diikuti rekan setimnya Michael Schumacher yang start di posisi kedua. Juara dunia 7 kali ini sempat unjuk kebolehan dengan terus bertahan di urutan kedua. Kecerobohan mekanik ketika mengganti ban yang lupa mengunci baut di lap 13, membuat ia harus berhenti.

Paling kesal Kimi Raikkonen. Sampai lap 47, pebalap asal Finlandia dan juara dunia 2007 ini sudah berada di urutan kedua. Apa daya, strategi tim yang hanya menerapkan dua kali pitstop menjadi bumerang mantan pebalap McLaren dan Ferrari tersebut. Karena daya cengkeram ban sudah tidak maksimal, ia pun dengnan mudah disalip Vettal lap 48. Satu lap kemudian giliran Hamilton dan Webber menyikatnya dan kemudian diikuti Maldonado, Grosjean, Alonso sehingga ia finish urutan ke-14.

Pos ini dipublikasikan di Berita, Formula 1, Motorsport dan tag , , , , , . Tandai permalink.