Top 10: Mobil F1 Scuderia Ferrari

Scuderia Ferrari

Scuderia Ferrari merupakan nama untuk Gestione Sportiva, salah satu divisi dari pabrikan mobil Ferrari yang bergerak di bidang balap mobil, khususnya Formula Satu. Selain dalam bidang itu, Scuderia Ferrari dan Ferrari Corse juga melayani kebutuhan para pelanggan untuk mobil kategori jalan raya. Scuderia Ferrari merupakan bahasa Italia untuk “Istal/Kandang Ferrari”. Istilah dalam bahasa Inggris yang lebih terkenal adalah “Team Ferrari.” Tim balap ini (beserta pabrikan mobil untuk kategori jalan rayanya) merupakan anak perusahaan dari FIAT Group yang juga membawahi klub sepak bola Juventus, dan pabrikan mobil Maserati.

Selama lebih dari 60 tahun, Ferrari telah berkecimpung di arena Formula 1. Selama itu juga mereka telah menghasilkan mobil-mobil hebat yang bisa mengantarkan kemenangan balapan dan bahkan gelar juara dunia bagi tim maupun pembalap mereka.

Di sini kami mencoba menyajikan 10 mobil F1 tercantik dari Ferrari. Mobil-mobil F1 Ferrari ini mampu mengantarkan pembalap yang mengendarainya menjadi pemenang balapan. Walaupun juga ada beberapa diantaranya yang gagal mengantarkan pembalapnya menjadi juara dunia di saat-saat akhir. Selain itu mesin balap tim Ferrari terkenal sebagai salah satu mesin balap paling reliabel dibandingkan para kompetitornya.

10. FERRARI 312B (1970):
Tahun tujuh puluhan mungkin menjadi dekade yang baik untuk estetika di Formula Satu, dan bahkan Ferrari berjuang untuk menghasilkan sebuah mobil yang cantik. Ferrari 312B yang dirancang oleh Mauro Forghieri nampak terarah dengan aerodinamis awal yang baik dan tampilan desain di bagian roda yang manis, meskipun ada sedikit keraguan soal sirip hiu itu baik untuk mengetahui bahwa sirip hiu tidak terlihat baik.

Di musim ini Jacky Ickx bertarung ketat dengan pembalap Lotus Jochen Rindt. Ickx memenangi tiga lomba dan masuk kandidat juara dunia, tetapi kandas disaat-saat akhir. Mobil ini pun Forghieri kembangkan untuk empat tahun selanjutnya sebelum digantikan 312T di tahun 1975.

Ferrari 312B

9. FERRARI F2002 (2002):
Ferrari F2002 merupakan sebuah mobil Formula Satu yang dirancang oleh tim Scuderia Ferrari untuk musim balap F1 2002. Perancang mobil ini adalah Ross Brawn dan Rory Byrne. Mobil ini dipakai pertama kali di Brasil setelah sebelumnya di awal musim Ferrari memakai mobil Ferrari F2001B yang merupakan versi modifikasi dari Ferrari F2001.

Lewat mobil ini, Ferrari sukses memporak-porandakan musim 2002 lewat 15 kemenangan (1 diantaranya lewat mobil F2001B) dari 17 seri yang digelar, dan Michael Schumacher mencatat sejarah menjadi juara dunia lima kali, menyamai rekor Juan Manuel Fangio.

Ferrari F2002

8. FERRARI 248F1 (2006):
Ferrari 248 F1 merupakan sebuah mobil Formula Satu yang dirancang oleh tim Scuderia Ferrari untuk musim balap F1 2006. Perancang mobil ini adalah Aldo Costa dan Rory Byrne. Mobil ini menjadi mobil Ferrari terakhir rancangan Byrne yang dipakai Schumi (tahun terakhirnya di F1).

Diatas mobil ini, Michael Schumacher berhasil memenangi 7 balapan sementara rekan setimnya yaitu Felipe Massa berhasil memenangi dua balapan. Schumi nyaris saja menjadi juara dunia di 2006 sebelum kandas di dua balapan terakhir. Pada balapan terakhir di Brasil, Schumi mempertunjukan aksi terbaik diatas mobil ini dan mengundang decak kagum fans yang menyaksikannya.

Ferrari 248F1

7. FERRARI 412T2 (1995):
Ini merupakan mobil terakhir Ferrari bermesin V12 dan mobil terakhir yang menggunakan angka keramat #27. Jean Alesi dan Gerhard Berger berjuang keras dengan memakai mobil ini. Dekade 1990-an sendiri merupakan dekade buruk bagi tim asal Italia ini dengan hanya mengantungi dua kemenangan balapan saja. Jean Alesi memenangi GP Kanada 1995 diatas mobil ini, yang merupakan versi perbaikan dari 412T di 1994.

Ferrari F14T2

6. FERRARI F10 (2010):
Ferrari F10 merupakan sebuah mobil Formula Satu yang dirancang oleh tim Scuderia Ferrari untuk musim balap F1 2010. Perancang mobil ini adalah Aldo Costa dan Nicholas Tombazis dibantu oleh Luca Marmorini sebagai ahli sistem elektronik di mobil. Mobil ini diluncurkan di Maranello, Italia pada 28 Januari 2010.

Fernando Alonso menyumbang lima kemenangan dengan mobil ini dan nyaris saja menjadi juara dunia sebelum kandas di balapan terakhir akibat kesalahan strategi pit.

Ferrari F10

5. FERRARI 156 (1961):
Ketika Carlo Chiti didaulat untuk merancang mobil F1 bermesin tengah pertama Ferrari, ia memutuskan untuk membagi mobil menjadi dua lubang radiator di kiri dan kanan. Akibatnya mobil ini dijuluki ‘Sharknose’ dan langsung menjadi salah satu mobil balap paling keren yang pernah dibuat Ferrari. Mesin yang digunakan di mobil ini adalah mesin V6 dengan sudut 120 derajat yang bisa mengeluarkan tenaga 200 daya kuda dan 10.000 rpm.

Pembalap AS, Phil Hill memenangkan kejuaraan 1961 di setelah rekan setimnya Wolfgang von Trips tewas dalam sebuah insiden di Monza.

Ferrari 156

4. FERRARI 641 (1990):
Banyak yang menganggap mobil Ferrari di awal dekade 1990-an ini adalah mobil terbaik yang pernah dirancang. Ferrari membuat beberapa inovasi dengan 641, diantaranya hidung gagah dan sidepod bulat yang membuatnya tampak hebat.

Alain Prost hampir membawanya ke kejuaraan pada tahun 1990 sebelum Ayrton Senna melakukan tindakan tidak terpuji dengan menyeruduknya di GP Jepang di Suzuka.

Ferrari 641

3. FERRARI 312 (1966):
Bentuknya seperti cerutu klasik 1960-an, tidak ada sayap, sponsor minimal dan nomor putih besar membuat mobil ini terlihat cantik. Ferrari membuat sebuah sistem pembuangan indah yang rumit di mesin V12 mereka saat itu. Saingan utama mobil ini adalah mobil-mobil Lotus, yang diperkuat mesin Cosworth.

Pembalap-pembalap yang menggunakan mobil ini antara lain: Lorenzo Bandini, John Surtees, Ludovico Scarfiotti, Chris Amon dan Jacky Ickx. Ferrari menggunakan mobil ini dari tahun 1966 sampai 1970.

Ferrari 312

2. FERRARI F2004 (2004):
Ferrari F2004 merupakan sebuah mobil Formula Satu yang dirancang oleh tim Scuderia Ferrari untuk musim balap F1 2004. Perancang mobil ini adalah Ross Brawn dan Rory Byrne. Mobil ini sukses memporak-porandakan musim 2004 dengan menyapu bersih 15 kemenangan dari 18 lomba dengan skor 13 kemenangan untuk Michael Schumacher dan 2 kemenangan untuk Rubens Barrichello. Ferrari di tahun itu hanya kalah di Monaco (oleh Jarno Trulli – Renault), Spa (oleh Kimi Raikkonen – McLaren), dan Interlagos (oleh Juan Pablo Montoya – Williams). Mobil ini mengantarkan Schumi dan Ferrari menjadi juara dunia musim 2004.

Ferrari F2004

1. FERRARI 126CK (1981):
Setelah gagal total di 1980, Ferrari berbenah untuk 1981. Ferrari memperkuat mobil ini dengan mesin turbo 1,5 liter V6 yang secara tenaga kuat tapi reliabilitasnya agak kurang. Uniknya seorang pembalap bernama Gilles Villeneuve secara mengejutkan mampu tampil luar biasa diatas mobil ini. Ia meraih kemenangan spektakuler di GP Monako dan GP Spanyol. Sampai saat ini tidak ada yang pernah tahu, apa yang dilakukan Villeneuve saat ia mengendarai mobil ini sehingga bisa memenangi balapan.

Ferrari 126CK

Pos ini dipublikasikan di Formula 1, Motorsport dan tag , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.