Ulasan: James Bond 007 – The Living Daylights (1987)

Poster film The Living Daylights

Sepertinya harus kita akui bersama bahwa Timothy Dalton adalah aktor yang baik. Tetapi perlu diingat, pemeran Bond harus memberikan kinerja yang solid dengan sedikit kesalahan. Dan hasil yang dicapai sebagai Dalton adalah, dia gagal sebagai 007 dalam The Living Daylights (ia sedikit meningkatkan penampilannya dalam Licence to Kill tapi sudah terlambat). Kisah petualangan Bond dalam film ini tergolong rata-rata dengan penjahat yang lemah dan akting yang buruk. Film ini menjadi film terakhir John Barry sebagai komposer. Setidaknya ada tiga urutan tindakan energik dalam film, tapi mereka tidak cukup untuk menyelamatkan film ini dari titik terendah sebagai entri terburuk dalam seri Bond, mengalahkan Octopussy dan Live and Let Die oleh keluasan sehelai rambut.

Dalton memainkan Bond terlalu lurus – minim gaya, dingin, dan tanpa jejak humor -. Argumen untuk jenis kinerja yang lebih mirip dengan 007 versi novel, tapi setelah empat belas film dirilis, karakter sinematik Bond telah berkembang jauh dari apa yang dibayangkan pencipta-nya (Ian Fleming). Film ini menjadi film keempat “resmi” yang banyak dikritik oleh para penggemar Bond di dunia dengan sisi kekurangan pada penanaman kepribadian Bond. Mirip dengan kasus 1969 saat George Lazenby mengambil peran lewat film On Her Majesty’s Secret Service dari tangan Sean Connery yang begitu penuh warna.

Plot The Living Daylights lebih konvensional dan konyol. Seperti biasanya kali ini film bergerak di sekitar KGB, Jenderal Koskov (Jeroen Krabbe), diindikasi memainkan peran ganda negaranya kepada salah satu mantan rekannya, Jenderal Pushkin (John Rhys-Davies), dalam komplotan untuk menghilangkan agen Inggris. Meskipun ada ketidakpastian mengenai keandalan informasi Koskov itu, 007 dikirim untuk membunuh Pushkin. Selama misi itu, dia bertemu dengan pacar dari Ceko bernama Kara (Maryam D’Abo), dan belajar bahwa arsitek sebenarnya dari kekacauan dan pembunuhan adalah pemberontak sekaligus penggelap senjata, Jenderal Whitaker (Joe Don Baker).

Apakah pernah ada seorang penjahat Bond yang lebih lemah dari Whitaker? Sebuah kinerja yang lebih bodoh dari Jeroen Krabbe yang memerankan Koskov? Seorang gadis Bond kurang menawan dari Maryam D’Abo yang memerankan Kara? The Living Daylights diisi dengan unsur-unsur tidak menarik. Bahkan Moneypenny baru (Caroline Bliss yang menggantikan Lois Maxwell) tidak dapat bertindak seperti pendahulunya. Dengan pengecualian beberapa adegan kejar-kejaran, hampir semua dalam The Living Daylights terlihat salah arah.

Penggoda, yang menampilkan perjalanan liar di sekitar Gibraltar, menjanjikan tingkat kegembiraan bahwa sebagian besar film ini tidak pernah hidup. Kita diberi dua segmen tindakan lain terkenal: mobil mengejar dengan Bond di dalam Aston Martin penuh gadget mengarah ke perjalanan liar menuruni lereng bersalju pada kasus cello, dan perjuangan antara Bond dan antek Whitaker (Andreas Wisniewski) di pesawat kargo dengan pintu teluk terbuka. Melibatkan seperti mereka, bagaimanapun, urutan ini tidak memperhitungkan sebagian besar waktu membengkak film berjalan.

Ini mungkin terlalu mudah untuk menyalahkan kegagalan film ini di Dalton, tapi dia bagian dari masalah. Para penulis naskah mendapatkan diri mereka untuk diluruskan untuk film berikutnya, Licence to Kill, tetapi untuk Dalton, itu terlalu sedikit dan terlalu terlambat. Ia tinggal menunggu waktu untuk di PHK dan seorang aktor nantinya akan menyelamatkan James Bond menjadi sebuah legenda baru di penghujung Abad 20. Dalton nyaris saja berbuat itu… sebatas nyaris…

Daftar kru yang terlibat:
Pemeran: Timothy Dalton, Maryam D’Abo, Jeroen Krabbe, Joe Don Baker, John Rhys-Davies, Art Malik, Thomas Wheatley, John Terry, Desmond Llewelyn, Caroline Bliss, Robert Brown
Sutradara: John Glen
Produser: Albert R. Broccoli and Michael G. Wilson
Skenario: Richard Maibaum and Michael G. Wilson
Sinematografi: Alec Mills
Musik: John Barry
Distributor: MGM/UA

Lagu tema pembuka film:

Pos ini dipublikasikan di James Bond, Umum dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.