Ulasan: James Bond 007 – Octopussy (1983)

DVD Octopussy

Mungkin hanya kebetulan, tetapi film ini menjadi Bond kedua yang memunculkan sosok Maud Adams – The Man with the Golden Gun dan Octopussy – menjadikan sedikit kejanggalan untuk saat itu (tidak termasuk film spoof Casino Royale yang disengaja). Film ini memiliki beberapa kekurangan yaitu alur cerita yang stagnan dan adanya garis tipis antara kecerdasan dan absurditas yang membuat film ini kadang jatuh di sisi yang salah, khususnya bagi penonton awam.

Tahun 1983 menjadi tahun peperangan James Bond. Sean Connery vs. Roger Moore dengan Never Say Never Again melawan Octopussy (film resmi ke-13). Meskipun kembalinya Connery ke dalam serial Bond lebih dari sekedar remake Thunderball dan tidak memiliki John Barry / Monty Norman sebagai pencipta musik temanya, namun kehadirannya sempat membuat Moore was-was. Hasil akhirnya membuktikan kewaspadaan Moore terlalu berlebihan karena Octopussy berhasil menang telak di pemasukan bioskop. Setelah dua belas tahun lamanya berhenti sebagai Bond, Connery naik untuk bermain 007 lagi. Moore, di sisi lain, telah berada di peran tersebut selama 10 tahun. Keduanya sarat pengalaman sebagai Bond dan tidak perlu banyak promosi lagi, keduanya akan saling bersaing demi membuktikan siapakah Bond terbaik

Plot untuk Octopussy cukup berbelit-belit dan beberapa diantaranya tidak masuk akal. Di bagian awal kita melihat kisah Bond yang mudah dicerna, tetapi begitu masuk kedalam maka akan muncul kebingungan dan kekusutannya. Film ini memadukan campuran penyelundupan permata, pemalsuan, dan sebuah sirkus perjalanan melalui Jerman Timur, juga sebuah rencana besar Uni Soviet untuk membuat bom atom. Siapa lagi yang bisa pemerintah Inggris percaya selain memanggil Agen 007 untuk menyelesaikan masalah ini?

Ada dua penjahat “top” di Octopussy: Kamal (Louis Jourdan), kepala operasi penyelundupan dan pemalsuan serta General Orlov (Steven Berkoff), seorang prajurit dingin yang percaya waktu yang matang untuk invasi Soviet ke Barat . Sementara Jourdan menikmati statusnya sebagai penjahat kerah putih, Berkoff memberikan kinerja terburuk. Beberapa adegannya menunjukan bahwa ia terlalu tergesa-gesa demi mencapai ambisinya.

Meskipun memiliki peran judul, Maud Adams tidak memiliki lebih banyak waktu dan peran daripada yang ia lakukan dalam The Man with the Golden Gun. Pemeran gadis Bond kedua, Magda (Kristina Wayborn) adalah sama di latar belakang. Ini bukan sebuah film di mana 007 berkaitan dengan wanita, kecuali untuk menyelinap ke dalam dan keluar dari tempat tidur mereka. Persahabatan di layar telah ditunjukan Moore kepada Adams, jauh sejak ia terlibat dalam The Man with the Golden Gun.

Film bergerak dari Kuba ke India kemudian ke Jerman. Elemen yang paling bodoh dari film ini termasuk pengejaran aneh melalui jalan-jalan ke New Delhi, balapan bajaj, Bond melakukan imitasi Tarzan, dan serangan oleh pemain sirkus di tempat persembunyian penjahat. Agen 007 memiliki berbagai penyamaran di sini, termasuk buaya mekanis, setelan gorila, dan kostum badut. Octopussy nampaknya menjadi film James Bond dengan unsur komedi paling banyak ketimbang film-film sebelumnya

Untuk bagian awal film kita melihat banyak pemain pengganti yang sibuk untuk menyukseskan adegan pesawat terbang. yaitu perlombaan yang menakjubkan lewat pesawat jet dan rudal pencari panas. Kemudian dalam film, ada adegan kejar-kejaran seru di atas gerbong kereta api. Perjuangan klimaks atas yang berhasil, transpiring di pesawat dalam penerbangan.

Setelah Octopussy, Roger Moore mengumumkan niatnya untuk pensiun dari peran 007. Mengingat kinerjanya yang cukup loyo di sini, yang setidaknya memberikan gambaran bahwa adegan-adegan berat memerlukan bakat dan energi serta usia yang masih muda. Keputusan sepertinya cocok, namun pada akhirnya, Moore kembali untuk satu film lagi yaitu A View to Kill yang hasilnya ternyata tidak terlalu baik, namun memberikan masukan bagi penggantinya kelak agar bisa memberikan yang lebih baik lagi.

Daftar kru yang terlibat:
Pemeran: Roger Moore, Maud Adams, Louis Jourdan, Kristina Wayborn, Kabir Bedi, Steven Berkoff, Desmond Llewelyn, Lois Maxwell, Robert Brown, Walter Gotell
Sutradara: John Glen
Produser: Albert R. Broccoli
Skenario: George MacDonald Fraser and Richard Maibaum & Michael G. Wilson
Sinematografi: Alan Hume
Musik: John Barry
Distributor: MGM/UA

Lagu tema pembuka film:

Pos ini dipublikasikan di James Bond, Umum dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.