Ulasan: James Bond 007 – A View to a Kill (1985)

A View to a Kill edisi Thailand

A View to a Kill menjadi film terakhir sekaligus perpisahan dari dua aktor film Bond: Lois Maxwell yang telah memerankan Miss Moneypenny dalam 14 film dan Roger Moore sebagai pemeran ketiga James Bond versi Eon Productions. Ini adalah film ketujuh resmi Roger Moore sebagai James Bond dan sekaligus membuatnya melewati penampilan Sean Connery yang hanya menghasilkan enam film. Selama tiga belas tahun masa baktinya, Moore telah memberikan sumbangan besar bagi perkembangan James Bond modern, melebihi ekspetasi sang pencipta yaitu Ian Fleming – lewat sesuatu yang ia lakukan dengan orang-orang seperti dalam The Spy Who Loved Me, Moonraker, dan For Your Eyes Only – entri terbaik dari masa jabatannya. Dalam A View to a Kill Moore sekali lagi menunjukan kapabilitasnya sebagai Bond untuk terakhir kalinya dan nantinya akan membuka pintu bagi Timothy Dalton untuk mengambil alih peran ini.

A View to a Kill sering disebut sebagai yang terburuk dari semua seri 007, tetapi, setelah diamati lebih dekat, film ini adalah sebuah kemajuan besar dibanding Octopussy. Meskipun Moore sering berujan bahwa dirinya sudah tidak layak dan harusnya sudah berhenti dari peran sejak For Your Eyes Only dan Tanya Roberts tidak dapat bertindak untuk menyelamatkan hidupnya (meskipun ia tentu bisa berteriak), kita kembali ke Bond yang lebih konvensional, Bond yang bertindak secara langsung dari kekacauan berbelit-belit dari film sebelumnya. Stunts yang lebih spektakuler dari sebelumnya dan munculnya karakter antagonis Max Zorin melalui diri Christopher Walken sebagai psikopat dingin (peran dia telah menjadi akrab dengan selama bertahun-tahun), dan Grace Jones sebagai pembantunya yang seksi tetapi berbahaya

Walken memainkan Max Zorin, seorang industrialis brilian tapi gila yang berniat mendominasi pasar chip komputer dunia dengan menghancurkan Silicon Valley dengan gempa bumi buatan (bom). Agen 007 kemudian dikirim keluar untuk menghentikan dia, melompat dari Eropa, di mana dia bermitra dengan Tibbet (Patrick MacNee). Bond lantas pergi ke Amerika Serikat, di mana ia bergabung dengan pasukan geolog Stacey Sutton (Roberts, mantan pemeran Charlie Angels untuk bermain seks seperti biasanya). Lokasi lainnya termasuk Arktik di Rusia, Paris di Perancis, dan San Francisco, AS.

Film ini dibuka dengan aksi kejar-kejaran. Antara skill ski Moore dan mobil salju serta snowboard dari musuh. John Barry sedikit bersenang-senang dengan musik di sini, ia memasukkan sekitar empat puluh detik dari Beach Boys “Gadis California” sebagai ritsleting bagi 007 ketika turun gunung dan tiba di sebuah kolam kecil. Ini adalah salah satu yang terbaik dari seluruh pra pembuka film, dan menyediakan intro solid untuk chart-topping judul lagu Duran Duran yang sama dengan judul film.

Mencoba untuk melakukan beberapa hal yang belum pernah dicoba oleh Bond, A View to a Kill memperkaya fitur pengejaran melalui Menara Eiffel yang berakhir pada lompatan maut, doping dalam balapan kuda, mengejar jalan dengan 007 di truk pemadam kebakaran, dan perjuangan di atas jembatan Golden Gate yang membuat Bond bertahan diatas balon udara. Ada urutan tindakan konvensional juga, termasuk mobil mengejar di Paris dan beberapa perkelahian tinju energik. Ini sensasi dan aksi adalah alasan nyata untuk melihat film ini.

A View to a Kill menyimpulkan masa jabatan Roger Moore sebagai 007 pada tingkat signifikan lebih tinggi daripada film pembuka (dengan Live and Let Die), meninggalkan semua yang aktor memasuki peran ini – baik yang protagonis maupun antagonis – untuk anak cucu. Tidak seperti Connery, Moore tidak pernah mengatakan “saya tidak akan pernah lagi”, meskipun keinginan para penggemarnya saat itu mengusulkan agar Moore bisa kembali di film Bond selanjutnya tetapi itu sangat mustahil bahwa ia pernah akan kembali untuk keterlibatan lain. A View to a Kill adalah waktu terakhir Bond murni dalam pemandangan kami.

Daftar kru yang terlibat:
Pemeran: Roger Moore, Christopher Walken, Tanya Roberts, Grace Jones, Patrick MacNee, Patrick Bauchau, Fiona Fullerton, Desmond Llewelyn, Lois Maxwell, Robert Brown
Sutradara: John Glen
Produser: Albert R. Broccoli and Michael G. Wilson
Skenario: Richard Maibaum and Michael G. Wilson
Sinematografi: Alan Hume
Musik: John Barry
Distributor: MGM/UA

Lagu tema pembuka film:

Pos ini dipublikasikan di James Bond, Umum dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.