Zona Memori: Brasil 2010 – Pole Position Raksasa Hijau

Nicolas Hulkenberg

ARSIP TEMPO – Pembalap muda Williams asal Jerman, Nico Hulkenberg, membuat kejutan dengan meraih pole dengan selisih waktu yang cukup jauh dalam GP Brasil Minggu (7/11).

Pembalap Jerman lainnya, Sebastian Vettel yang memperkuat Red Bull, akan start dari posisi kedua diikuti rekan setimnya, Mark Webber, di posisi ketiga dan Lewis Hamilton (McLaren) di posisi keempat.

Pembalap Ferrari yang kini memuncaki klasemen, Fernando Alonso, akan start dari posisi kelima.

Pembalap asal Spanyol yang berpeluang besar menjadi pembalap termuda yang meraih 3 gelar juara dunia ini, unggul 11 poin dari Webber yang menduduki peringkat ke-2 dan terpaut 21 poin dengan Hamilton di tempat ke-3.

Juara bertahan dari tim McLaren, Jenson Button, yang tertinggal 42 poin dari puncak klasemen dan harus memenangi balapan Minggu ini demi menjaga peluang mempertahankan gelarnya dalam balapan terakhir di Abu Dhabi 14 November mendatang, akan start dari posisi ke-11.

Sukses Hulkenberg meraih pole merupakan yang pertama bagi Williams sejak Mei 2005 sekaligus yang pertama sepanjang karier pembalap berusia 23 tahun itu.

“Ini luar biasa, saya masih belum mempercayainya,” kata Hulkenberg.

“Menggunakan ban slicks jelas keputusan yang tepat.

“Tentu saja, saya tahu para pembalap lain tengah berjuang memperebutkan gelar juara dunia, jadi saya tak ingin membuat masalah, tapi saya juga harus memperhatikan penampilan saya. Kami juga tengah bersaing dengan Force India memperebutkan tempat ke-6 di klasemen konstruktor.

“Saya yakin kami bisa melakukannya dan saya berharap bisa membawa pulang sejumlah poin bagus besok (Minggu),” tambahnya.

Vettel, yang telah merebut 9 pole musim ini, merasa sangat terkejut dirinya dikalahkan oleh pembalap yang baru mengoleksi 18 poin sepanjang musim ini.

“Awalnya, saya pikir saya hanya tertinggal dari pole sebanyak sepersepuluh (detik),” aku Vettel. “Kemudian saya melihat ada satu digit lain. Nico memang lebih baik dari kami semua hari ini.

Sementara itu, Webber mengakui bahwa sesi kualifikasi kali ini sangat menantang: “Sangat sulit untuk mendapatkan laps yang bersih dan saya telah melakukan yang terbaik,” katanya.

“Saya berada di posisi start yang bagus dan balapan ini panjang… selamat buat Nico, ia telah membuat kami semua terlihat biasa-biasa saja hari ini.”

Alonso, yang harus meraih podium dalam balapan ini untuk memastikan gelar juara tak terjangkau lagi oleh para pesaingnya, berharap Hulkenberg bisa kembali membuat kejutan dan merebut poin dari duet pembalap Red Bull pair.

“Ia berada di depan yang lainnya dan kami menyambut gembira semua itu,” katanya. “Jika ia menang besok, itu akan jadi hadiah buat kami (Ferrari).

VIDEO: POLE LAP NICO HULKENBERG DI BRASIL 2010

Pos ini dipublikasikan di Formula 1, Motorsport dan tag , , , , . Tandai permalink.