Zona Memori: Chris Vermeulen dan Suzuki Menangi Balapan Basah di Perancis 2007

Chris Vermeulen finis pertama di Perancis

Arsip Detik Balapan dalam hujan di sirkuit Le Mans dimenangi Chris Vermeulen. Selain untuk dirinya, ia juga mempersembahkan kemenangan spesial buat pabrikan timnya, Suzuki. Vermeulen tampil sebagai pembalap “basah” terbaik pada MotoGP Prancis, Minggu (20/5/2007). Start dari posisi ke-12, ia mulai memimpin lomba sejak putaran ke-10 dan tidak tergantikan sampai menjemput garis finis. Ini adalah kemenangan pertama buat pembalap Australia berusia 24 tahun itu, yang baru tahun lalu berkiprah di ajang MotoGP, setelah meninggalkan arena World Superbike.

Tampilnya punggawa tim Rizla Suzuki di podium teratas ini juga merupakan sukses bersejarah buat Suzuki. Pabrikan asal Jepang ini belum pernah lagi merasakan kemenangan di level top seri grand prix motor sejak Sete Gibernau menjuarai balapan di Valencia (Spanyol) pada 23 September 2001.Menapaki podium kedua hari ini adalah juara tahun lalu Marco Melandri dari tim Gresini Honda. Tempat ketiga diduduki Casey Stoner dari tim Ducati Marlboro, yang sekaligus membuat dirinya tetap memimpin klasemen sementara.

Stoner menyita perhatian di awal balapan. Ia menyodok posisi terdepan di tikungan pertama. John Hopkins juga menyentak dan nyaris melewati Stoner, namun gagal. Di belokan ketiga Valentino Rossi merayap ke urutan kedua, lalu melewati Stoner di tikungan berikutnya. Awal balapan yang menarik, meninggalkan pemegang pole position Colin Edwards di posisi ke-17! Lap pertama dimenangi Rossi, disusul berturut-turut Stoner, Carlos Checa, Alex Barros, dan Toni Elias. Melandri, yang start di posisi kesembilan, berada di tempat keenam. Di lap kedua Barros beraksi. Ia masuk ke posisi ketiga, lalu menyalip Stoner untuk merebut tempat kedua di belakang Rossi. Sylvain Guintoli juga mengejutkan, tahu-tahu berada di peringkat keempat setelah mengalahkan Checa. Di lap ketiga Edwards mengganti motornya untuk mengantisipasi turun hujan karena cuaca telah mendung pekat dan titik-titik air mulai turun di beberapa bagian sirkuit. Sementara itu Randy de Puniet entah dari mana datangnya sudah berada di urutan kedua! Satu lap berikutnya, tepatnya di putaran kelima, pembalap Prancis dari tim Kawasaki itu bahkan mengungguli Rossi dan menjadi pimpinan lomba.

Tak lama berselang publik tuan rumah boleh tercengang karena dua pembalapnya berada di posisi paling depan! Hal ini ternyata setelah Guintoli, rookie dari tim Tech 3 Yamaha, menyalip Rossi dan mengekor De Puniet. Sejauh itu lomba berlangsung ketat dan para rider dalam posisi rapat. Checa menjadi rider pertama yang terlempar dari tunggangannya. Di lap ketujuh Guintoli yang tengah melaju di depan Rossi terlontar. Toni Elias menyusul ke gravel tak lama kemudian. Terjatuhnya tiga pembalap tersebut tampaknya disebabkan trek yang mulai basah. Itu pula yang membuat De Puniet terlempar pula dari motor hijaunya di lap kedelapan. Dari yang semula mencengangkan, insiden yang dialami Guintoli dan De Puniet tentu berbalik mengecewakan publik Le Mans.

Di lap kesembilan sebagian besar pembalap masuk pitstop dan mengganti motornya yang menggunakan ban basah karena hujan mulai turun. Seluruh kontestan menukar tunggangannya di lap berikutnya. Pergantian tersebut membawa berkah buat Vermeulen. Mulai lap ke-10 ia memimpin lomba, diikuti Hopkins, Melandri, Pedrosa, Rossi, dan Hayden. Balapan pun mulai berkurang kecepatannya karena hujan makin deras dan para pembalap harus lebih berhati-hati. Terjadi pertarungan cukup seru di antara Rossi dengan Stoner. Selama beberapa lap Rossi berhasil menjaga posisinya di depan rival Australia-nya itu, tapi kesalahan di lap ke-16 membuatnya dibalap Stoner.

Buruknya performa The Doctor makin terlihat jelas ketika ia melebar sebanyak tiga kali lagi, yang mengakibatkan dirinya ditelikung Hayden, Pedrosa, dan Alex Hoffmann. Namun dibandingkan Rossi — finis di urutan keenam — nasib lebih buruk dialami Hayden. Sang juara bertahan harus out hanya dua lap sebelum balapan berakhir. Ia slip dan motornya terpelanting beberapa kali di atas gravel. Beruntungnya pembalapnya tidak mengalami cedera. Di depan, Vermeulen tidak tertahankan untuk merebut kemenangan pertamanya. Melandri yang sudah berusaha keras mendekati Aussie itu harus puas menjadi runner up. Dan Stoner finis di tempat ketiga.

Pos ini dipublikasikan di MotoGP dan tag , , , , , , . Tandai permalink.