Televisi Indonesia dan F1 2012

Skema siaran F1 di TV

Terus terang kami tidak terlalu kaget saat mengetahui F1 tidak akan lagi ditayangkan di GlobalTV mulai musim 2012. Tidak kaget karena memang lebih baik berhenti saja daripada penyiarannya asal-asalan. Asal-asalan dalam artian bahwa tayangan F1 tidak sesuai keinginan pemirsa. Benar bahwa tayangan F1 itu mahal, butuh uang banyak dari pemasukan iklan, tetapi bagaimana uang tersebu bisa datang jika stasiun TV, atau dalam hal ini GlobalTV malah lebih banyak mengiklankan produknya sendiri, contoh misalnya, Big Movies. Bahkan semestinya GlobalTV membuat sebuah program stategi marketing yang matang agar para sponsor tertarik untuk menjadi sponsor acara F1.

Kami sudah mengikuti F1 sejak masih di zaman RCTI. Saat itu F1 kerap disiarkan langsung dan tunda, lewat presenter Ronny Kusuma dan komentator Indrajit Sardjono. Pada musim 2001 malah F1 hanya disiarkan langsung untuk balapan Asia dan Amerika saja dan mungkin RCTI saat itu juga nyaris sama seperti GlobalTV yaitu menyiarkan F1 ala kadarnya saja.

Nasib baik acara F1 mulai berbicara ketika pindah ke TPI pada 2002. Siarannya langsung semua bahkan sejak babak kualifikasi. Hanya sekali F1 disiarkan tunda di tahun tersebut yaitu di GP Italia yang bertepatan dengan siaran perdana Liga Italia Serie A. TPI sekalipun di tahun-tahun selanjutnya memilih untuk menyiarkan kualifikasi secara tunda, tetapi saat balapan mereka bisa menyajikan hal yang terbaik, yaitu meminimalisir iklan.

Musim 2005 F1 pindah ke GlobalTV. Selama dua musim perdana, F1 di GlobalTV berjalan baik. Bahkan dulu iklan dibuat sekreatif mungkin yaitu dengan memakai sistem layar kecil dan running text. Tapi entah kenapa mulai musim 2008 acara F1 di GlobalTV memburuk dan bahkan semakin buruk sampai balapan terakhir di Brasil 2011 kemarin.

OK, saat ini terdapat beberapa stasiun TV yang mencoba bidding/tender siaran F1 2012. Yang memiliki peluang terbesar menurut sumber dari pegawai GlobalTV sendiri untuk melanjutkan siaran terestrial adalah tvOne. Sementara untuk TV berbayarnya dikabarkan akan coba dibidik oleh First Media. Ketika dikonfirmasi kepada tvOne pihak mereka mengatakan peluangnya 50-50 dan masih terbuka untuk opsi apa saja, baik itu mengambil siaran F1 atau malah mundur dan menyerahkan kepada TV lain yang berminat.

Bagaimana dengan peluang TV terestrial yang lain? Kita mulai dari MetroTV, saluran ini sebetulnya bisa saja mengambil tayangan F1 tetapi sangat kecil peluangnya mengingat MetroTV bukanlah TV berkonsep sport seperti tvOne, dan mungkin kita akan terkejut jika misalnya di 2012 nanti MetroTV bisa menyiarkan F1.

Selanjutnya ada antv. Pada 1997 lalu antv pernah menyiarkan F1, sekalipun apa adanya tapi antv saat itu sudah mampu menyiarkan balapan F1 secara langsung bahkan saat jam prime time (jam 7 sampai 9 malam). Mungkin akan lebih bagus jika antv menyiarkan F1 dengan memakai presenter katakanlah seperti Rendra Soedjono.

Surya Citra Media melalui dua stasiun TV-nya yaitu SCTV dan Indosiar mungkin sekilas tidak ada kabarnya soal peluang menyiarkan F1 musim 2012. SCTV dulu pernah menjadi sponsor nonton bareng F1. Tapi itu saat mereka menjadi bagian dari RCTI. Sementara Indosiar terakhir kali menyiarkan balapan adalah siaran NASCAR Nextel Cup Series musim 2004.

Trans Corp menjadi pilihan beberapa fans F1 untuk siaran F1 2012. Ganjalannya di Trans7 sudah ada siaran MotoGP. Sementara TransTV cenderung lebih berorientasi pada hiburan, dan mereka terakhir kali menyiarkan acara olahraga adalah siaran Liga Indonesia musim 2006.

Siapapun nantinya yang menyiarkan F1 2012 baik TV terestrial maupun TV berbayar, hendaknya mereka bisa menangani siarannya dengan baik, dalam artian dengan presenter yang mumpuni (well, selama si presenter mau belajar pasti ia bisa kok!) dan sistematika siaran yang bagus, alias tidak banyak bertele-tele baik sebelum dan sesudah lomba.

Pos ini dipublikasikan di Berita, Motorsport dan tag , . Tandai permalink.