Regulasi F1 Musim 2012

Formula Satu

Regulasi ajang Formula 1 tahun 2012 mengalami banyak perubahan, khususnya yang berkaitan dengan teknis mobil dan aturan balap. Diantaranya sperti mobil harus lulus uji tabrakan, mobil yang di-overlapping, penggunaan ban dan lain sebagainya. Perubahan yang disusul oleh FIA (Fédération Internationale de l’Automobile), tersebut untuk memberikan kompetisi yang lebih baik tahun 2012.

Berikut ini adalah regulasi F1 musim 2012:

  • Sebelum diperkenankan mengikuti ujicoba musim dingin nanti, semua mobil peserta harus lulus uji tabrak terlebih dahulu.
  • Jika sebelumnya tim-tim peserta hanya diperkenankan melakukan running mendekati akhir tahun saat ujicoba pengemudi muda, mereka akan diberikan kesempatan melakukan running selama 3 hari selama musim kompetisi berlangsung.
  • Semua mobil dalam posisi lapped diperkenankan melakukan unlap dan bergabung kembali dengan mobil lainnya dalam periode inspeksi keselamatan mobil. Dengan begini, diharapkan tidak ada lagi mobil yang lebih lambat yang diuntungkan dengan berada di depan para pemimpin balap.
  • Jika balapan mendapat suspensi, mobil yang sedang berada di pit dapat kembali ke posisi dimana mereka sebelumnya berada saat suspensi terjadi.
  • Pengemudi yang sudah keluar garis balap tidak boleh lagi kembali ke dalam garis.
  • Dalam setiap grand prix, balap tidak boleh lebih dari 4 jam.
  • Jika sebelumnya hanya 3 set ban yang boleh digunakan pada awal latihan, musim depan, semua ban dapat langsung digunakan.
  • Pengemudi tidak diperkenankan memotong lintasan – untuk menghemat waktu dan bahan bakar – tanpa alasan yang masuk akal.
  • Moncong mobil hanya boleh berada setinggi 550 mmdi atas bidang acuan, tidak lagi 625 mm. Ini untuk menjamin moncong mobil lebih rendah dari kokpit jika terjadi peristiwa tabrakan tipe T-Bone.
  • Sasis mobil harus terbuat dari panel berverifikasi untuk melindungi pengemudi.
  • Jika sebelumnya sah-sah saja sebuah mobil memiliki rongga demi rongga suspensi untuk mendapat aerodinamika yang lebih baik, musim depan, kaki suspensi yang menjalar dari belakang mobil hanya diperkenankan memiliki 1 rongga.
  • Jika sebelumnya kamera FOM pada moncong mobil cenderung diposisikan menunjang downforce dan performa sayap depan, mulai musim depan, kamera ini harus lebih diposisikan demi kepentingan mendapatkan gambar yang lebih jelas di TV.
  • Sebagai tambahan,FIA juga menunjuk Gerhard Berger, mantan pembalap GP F1 sebagai presiden komite F1 yang baru.
Pos ini dipublikasikan di Formula 1, Motorsport dan tag , , , . Tandai permalink.