Hasil Undian UEFA Euro 2012

Piala Eropa 2012

Juara bertahan Spanyol akan dihadang Italia di Grup C, dan Jerman akan bertemu ‘musuh bebuyutannya’ Belanda dalam Grup B. Sementara, Inggris bakal bertemu Perancis dalam laga klasik di Grup D. Demikian hasil undian grup Piala Eropa 2012, Sabtu (3/12) dini hari WIB di Kiev, Ukraina.

Beberapa legenda sepak bola dunia ikut menyemarakkan pembagian undian, antara lain Zinedine Zidane, Marco van Basten, serta Oliver Bierhoff.

Setelah undian dilakukan, Grup B yang terdiri Jerman, Belanda, Portugal dan Denmark disebut sebagai grup ‘neraka’. “Grup B adalah grup paling sulit, karena Portugal, Jerman dan Belanda sangat kuat,” kata pelatih timnas Inggris, Fabio Capello.

Sebaliknya, grup ‘ringan’ disematkan pada Grup A di mana bercokol Yunani, Ceko, Polandia, dan Rusia.

Piala Eropa 2012 akan dibuka 8 Juni di Warsawa, Polandia, dan partai final sekaligus penutupan dilakukan di Kiev, Ukraina, 1 Juli.

Pelatih tim Inggris Fabio Capello menyambut gembira hasil undian Piala Eropa 2012 yang menempatkan Inggris berada di Grup D bersama Perancis, Swedia dan Ukraina. Capello mengatakan “Grup D masuk kategori sulit, tapi tidak sesulit Grup B.” Dia mengatakan, laga pertama melawan Perancis merupakan langkah penting. “Hasil pertandingan melawan Perancis itu penting untuk menentukan langkah berikutnya,” ujar Capello. Dalam Piala Eropa 2004 di Portugal, Inggris ditekuk Prancis 1-2.

Sementara menghadapi Swedia, Inggris menyandarkan pada hasil kemenangan Inggris pada laga persahabatan bulan lalu di Wembley. Kemenangan ini disebut bersejarah karena merupakan kemenangan pertama Inggris atas Swedia sejak 1968. Namun pelatih Swedia Erik Hamren mengatakan, kekalahan timnya oleh Inggris itu, tidak akan mempengaruhi anak asuhnya ketika berhadapan kembali dengan Inggris dalam laga resmi nanti. “Itu hanya persahabatan, tentu beda situasi dengan laga resmi,” kata Hamren.

Berikut tabel pembagian grup Piala Eropa 2012:

  • Grup A: Polandia, Yunani, Ceko, Rusia
  • Grup B: Jerman, Belanda, Portugal, Denmark
  • Grup C: Spanyol, Italia, Republik Irlandia, Kroasia
  • Grup D: Inggris, Perancis, Swedia, Ukraina
Pos ini dipublikasikan di Berita, Sepakbola dan tag , , . Tandai permalink.