Kemenangan Alonso #26 – Korea Selatan 2010

Fernando Alonso di Korsel 2010

Bola News – Kesialan yang menimpa Red Bull Racing di GP Korea, Minggu (24/10), mampu dimanfaatkan dengan maksimal oleh Fernando Alonso. Jagoan Ferrari tersebut menjuarai GP Korea dan berhasil mengangkangi Mark Webber dalam klasemen semetara F1.

Lomba di Sirkuit Yeongam berlangsung dalam keadaan basah. Bahkan, setelah menyelesaikan empat lap lomba harus ditunda lantaran guyuran hujan membuat kondisi trek semakin memburuk.

Setelah menunggu sejam, lomba kembali dimulai. Namun, safety car masih harus memandu jalannya lomba hingga lap ke-17.Aksi susul-menyusul langsung tersaji sesaat setelah safety car meninggalkan lintasan. Namun, peristiwa yang paling menarik perhatian adalah ketika Mark Webber harus menyudahi balapan.

Webber, yang sebelum lomba memimpin klasemen, melintir di lap ke-19 dan menabrak tembok. Webber saat itu berada di posisi kedua. Asa Red Bull kini berada di pundak Sebastian Vettel.

Vettel, pemilik pole sitter di Korea, sepertinya bisa memenuhi harapan Red Bull karena ia bisa tampil cepat untuk mempertahankan posisi pertama dari ancaman Fernando Alonso. Namun, kesialan kedua mendatangi Red Bull pada lap ke-46.

Mobil Vettel melambat secara tiba-tiba sebelum mengeluarkan asap dan akhirnya meledak. Alonso dan Hamilton melenggang mulus melewati pebalap asal Jerman tersebut.

Alonso akhirnya mampu mempertahankan tempat pertama hingga lomba usai. Lewis Hamilton juga berhasil mempertahankan peluangnya untuk menjadi juara dunia dengan finis kedua di Korea. Sedangkan peringkat ketiga menjadi milik Felipe Massa.

Klasemen pebalap kini dikuasai Alonso dengan 231 poin, unggul 11 poin dari Mark Webber. Secara matematis, masih ada lima pebalap yang berpeluang menjadi juara dunia, yakni Alonso, Webber, Hamilton, Vettel, dan Button. Khusus untuk nama yang disebut belakangan, kansnya sangat kecil karena lomba tinggal menyisakan dua seri, di Sao Paulo dan Abu Dhabi.

Pos ini dipublikasikan di Formula 1, Motorsport dan tag , , , , , . Tandai permalink.