Kemenangan Alonso #25 – Singapura 2010

Champagne di podium GP Singapura 2010

BBC – Pembalap Ferrari Fernando Alonso merebut gelar Grand Prix Singapura yang diwarnai sejumlah insiden, menggungguli pembalap Red Bull Sebastian Vettel.

Juara dunia dua kali asal Spanyol ini mencatat kemenangan keempat dalam musim balap ini.

Pembalap Red Bull lain, Mark Webber di tempat ketiga sementara Jenson Button dengan McLaren di tempat keempat.

Alonso saat ini berada di tempat kedua dalam perolehan angka keseluruhan, dengan 191 poin, di belakang Webber yang mencatat 202 angka. Sementara Lewis Hamilton dari McLaren di tempat ketiga, tertinggal sembilan angka.

Hamilton keluar dari arena balap setelah mobilnya tabrakan dengan mobil Webber.

Pembalap asal Inggris ini sempat berada di depan Webber di tikungan lap 35 dari 61 putaran namun suspensi depan Webber menabrak suspensi belakang Hamilton sehingga patah.

Mobil Webber tetap bertahan namun tabrakan itu menyebabkan ban Hamilton pecah dan menyebabkan dia keluar dari balapan.

Kemenangan ke-25
Hamilton turun dalam balap Singapura ini dengan hanya selisih lima angka dengan Webber, namun dengan dua kali tidak sampai garis finish menyebabkan ia tertinggal 20 angka dengan 182 poin.

Robert Kubica dengan Renault berada di tempat keenam, unggul dari Nico Rosberg dengan Mercedes dan Rubens Barrichello dengan Williams.

Force India dengan pembalap Adrian Sutil berada di tempat ke delapan, sementara Felipe Massa dari Ferrari yang mulai balap di tempat terakhir, merebut satu angka dengan berada di tempat ke 10.

Alonso menang dalam balap perdana di Singapura tahun 2008 namun kemenangannya dibayangi insiden skandal “crashgate” yang terungkap setahun kemudian.

Rekan satu tim Alonso saat itu dari Renault, Nelson Piquet Jr, diperintahkan untuk sengaja tabrakan agar mobil pengaman dikerahkan guna memanipulasi urutan balap, dan membantu kemenangan Alonso.

Kemenangan Alonso kali ini di Singapura adalah gelar juara ke 25 dalam karirnya dan menyamakan dia dengan pembalap Niki Lauda serta Jim Clark.

Balap berikutnya akan diselenggarakan di Jepang tanggal 10 Oktober.

Pos ini dipublikasikan di Formula 1, Motorsport dan tag , , , , , . Tandai permalink.