Zona Memori: Raih Gelar ke-8, Loeb Tetap Rendah Hati

Sebastien Loeb

Bola.net/ANTARA – Sebastien Loeb dinyatakan sebagai juara dunia reli mobil untuk kedelapan kalinya, setelah Jumat memupus harapan saingan terberatnya Miko Hirvonen.

Hirvonen, terpaut delapan poin dari Loeb ketika memulai perlombaan putaran ke-13 dan sebagai laga terakhir seri kejuaraan dunia, mengalami masalah dengan radiator Ford Fiesta yang dikendarainya setelah melewati tahapan ketujuh kejuaraan Reli Wales.

Ia berusaha kembali ke tempat servis di Builth Wells, tapi ia tidak dapat mencapai tempat itu dan tidak dapat melanjutkan perlombaan Sabtu.

“Semua sudah berakhir,” kata pereli dari Finlandia itu.

“Saya berterima kasih kepada para anggota tim atas berbagai usaha mereka untuk membantu saya. Sayang, kami belum berhasil sehingga harus mengulangnya lagi pada perlombaan musim mendatang,” katanya.

“Saya merasa amat enak, kendati ada beberapa bagian yang licin. Ini reli berat dan jarang menemukan momen seperti ini,” katanya dalam laman wrc.com.

“Saya kurang beruntung,” katanya mengomentari kemenangan lawannya, Loeb.

Sedangkan Loeb yang berusia 37 tahun mengatakan,” Kemenangan ini datang lebih cepat sedikit dari yang diperhitungkan. Saya tentu ssaja lega karena sejak awal dari salah satu kami harus ada yang KO.” “Untung bagi saya karena ia (Hirovonen) di pihak yang kurang beruntung. Gelar ini terasa lain, karena merupakan rekor baru,” katanya.

Tim Prinsipa Ford, Malcolm Wilson, mengatakan, “Pertarungan selalu mendebarkan saat Loeb berada di lintasan.” Pereli Citroen DS Loeb tercepat pada SS4 dan SS7 Jumat sehingga posisinya terpaut 1,1 detik dari teman setim Hirvonen yang memacu Ford Fiesta dan teman sekampungnya dari Finlandia, Jari-Matti Latvala, yang tercepat pada SS8, 10 dan 11.

Pereli Ford lainnya dari Norwegia Mads Ostberg, berada di urutan ketiga, terpaut dengan waktu satu menit 13,5 detik.

Ketika mengomentari gelarnya yang kedelapan itu, Loeb membandingkannya dengan gelar dalam F1 yang diraih Michael Schumacher, baru tujuh kali.

Pos ini dipublikasikan di Berita, Motorsport dan tag , , . Tandai permalink.