Ulasan: James Bond 007 – For Your Eyes Only (1981)

Roger Moore - For Your Eyes Only

For Your Eyes Only menjadi penampilan kelima Roger Moore sebagai Bond dan edisi kedua belas dalam seri ini, memasuki era 1980-an, Bond serasa masuk kedalam era keemasan, apalagi sebelumnya tercatat sangat sukses dalam Moonraker. Sadar bahwa anggaran akan menjadi besar bila mereka membuat cerita fiksi ilmiah, komedi, mata-mata dan laga seperti di film sebelumnya, maka EON Productions memilih kembali ke petualangan Bond klasik: keterlibatan KGB dalam rencana rahasia yang juga melibatkan Inggris.

Tapi itu bukan satu-satunya aspek For Your Eyes Only yang terlihat lebih ke masa lalu Bond daripada masa depannya. Sosok Blofeld, seorang musuh Bond yang paling terkenal selama era Connery kembali secara singkat di film ini. Film dibuka dengan 007 mengunjungi makam istrinya yang telah meninggal, Tracy. Tidak ada sosok M dalam film ini (Bernard Lee meninggal dunia sesaat sebelum dimulainya syuting), tapi Q (Desmond Llewelyn) dan Moneypenny (Lois Maxwell) kembali muncul. KGB kini diwakili oleh Jenderal Gogol (Walter Gotell), yang pertama kali datang dalam film The Spy Who Loved Me yang memiliki bagian kecil. Gogol berada di setiap film dari The Spy sampai The Living Daylights.

Misi Bond kali ini, “for [his] eyes only”, adalah untuk menemukan dan jika mungkin, memulihkan peralatan ATAC – sistem kapal berbasis senjata yang memungkinkan pengguna untuk mengambil kendali dari kapal selam nuklir milik Inggris, yang bisa diperintahkan oleh siapapun yang punya kendali atas alat tersebut untuk menyerang target apapun. ATAC berada di sebuah kapal barang yang tenggelam di Laut Ionia, dan Bond memiliki setidaknya satu saingan utama, penjahat licik bernama Kristatos (Julian Glover). Bergabung bersama 007 pada pencariannya adalah Melina (aktris Perancis Carole Bouquet), putri seorang ilmuwan yang dibunuh oleh Kristatos, yang telah bersumpah membalas dendam terhadap pembunuh ayahnya. Juga sepanjang perjalanan ini adalah penyelundup yang tiba-tiba baik hati bernama Columbo (Topol), yang diatur Kristatos untuk mengintai Bond.

Lokasi di For Your Eyes Only bervariasi di seluruh Eropa. Pada basis per-menit, ada banyak adegan stunt dan mengejar dalam film ini daripada dalam film petualangan 007 sebelumnya, dan beberapa cukup spektakuler. Ada mobil saling mengejar, balapan tembak-dan-menghindar menuruni lereng es dan melalui menjalankan gerobak luncur, urutan gunung-scaling tegang, dan tindakan di bawah air hampir sebanyak di Thunderball. For Your Eyes Only memiliki pangsa momen menakjubkan. Adapun musik – cukup untuk mengatakan bahwa John Barry tidak dipakai dalam film ini.

Sayangnya, Julian Glover sebagai Kristatos tidak akan diingat sebagai salah satu musuh besar 007 yang buruk. Sementara kemampuan aktor di luar pertanyaan, karena biasanya bakat alamiahlah yang membuat untuk penjahat Bond terkesan, dan Glover saja tidak over-the-top atau cukup kejam. (Salah satu keajaiban jika pembuat film bisa menjaga Blofeld agar tidak hanya tampil di pra pembuka film). Locque (Michael Gothard), antek Kristatos, sama membosankan seperti tuannya – dia tampak jahat, tetapi jika dibandingkan dengan Jaws, ia memang agak menyedihkan.

Seperti Diana Rigg dalam On Her Majesty’s Secret Service, Carole Bouquet adalah salah satu dari beberapa gadis-gadis Bond yang benar-benar dapat bertindak (meskipun dia tidak mendapatkan banyak kesempatan untuk menunjukkan hal itu). Lynn-Holly Johnson memainkan skater muda yang tergila-gila dengan 007, tapi ini malah membuatnya seperti bermain film komedi, tidak pernah bekerja, dan kadang-kadang menyakitkan untuk bertahan. Untungnya, tidak memakan waktu layar banyak.

Dalam analisis akhir, For Your Eyes Only adalah petualangan yang solid, meskipun bisa lebih baik. Ada tindakan yang cukup untuk menampung mereka yang bahkan rentang perhatian yang pendek, dan pesona cekatan Roger Moore belum mulai untuk lebih rapi dan tipis (yang dimulai dengan film berikutnya, Octopussy). Pada akhir ’80-an, seri film Bond sepertinya akan dipandang sebagai sesuatu peninggalan, tapi setidaknya satu dekade dibuka dengan jalan-jalan yang menyenangkan.

Daftar kru yang terlibat:
Pemeran: Roger Moore, Carole Bouquet, Julian Glover, Topol, Lynn-Holly Johnson, Michael Gothard, Desmond Llewelyn, Lois Maxwell, Walter Gotell
Sutradara: John Glen
Produser: Albert R. Broccoli
Skenario: Richard Maibaum and Michael G. Wilson
Sinematografi: Alan Hume
Musik: Bill Conti
Distributor: United Artists

Lagu tema pembuka film:

Pos ini dipublikasikan di James Bond, Umum dan tag , , , , , . Tandai permalink.