Zona Memori – GP Australia 2004: Daniel Pedrosa Juara Dunia 250cc

Daniel Pedrosa juara dunia 250cc

ARSIP DETIK – Hanya memerlukan dua poin untuk menjadi juara dunia 250 cc, Daniel Pedrosa sukses mewujudkannya di Australia. Ia merengkuh mahkota juara meski finish di urutan ke-4.

Pertarungan 250 cc di Phillips Islands, Minggu (17/10/2004), berlangsung sengit. Tidak hanya banyaknya pembalap yang saling bersinggungan, momen di lap-lap terakhir pun cukup ketat. Pembalap-pembalap yang harus tertimpa kesialan akibat motornya crash antara lain Randy De Puniet dan Alex Baldolini. Sementara tiga pembalap yang mendapatkan start terdepan Sebastian Porto, Alex De Angelis dan Manuel Poggiali terus mempertahankan posisinya memimpin pertarungan.

Sedangkan Daniel Pedrosa yang mendapat jatah start ke-4 tetap tenang dan tidak terlalu ngotot untuk merangsek ke depan. Justru Puniet yang di belakang Pedrosa kedapatan sial motornya crash. Memasuki lap-lap terakhir Porto, De Angelis dan Poggiali tampaknya masih di posisi yang sama. Meski De Angelis dan Poggiali sempat mencoba menyalip Porto, namun pembalap Aprilia itu bisa mempertahankan keunggulannya.

Bagaimana dengan Pedrosa? pembalap ganteng yang baru memulai debutnya di 250cc ini tetap adem ayem di belakang Poggiali. Keoptimisan Pedrosa memang berbuah manis. Ia tetap masuk finsih di tempat ke empat. Sedangkan Porto keluar sebagai pemenang di Australia disusul dua pembalap San Marino yang menempel ketat dirinya (De Angelis dan Poggiali).

Dengan finish di tempat keempat berarti Pedrosa mengutip 13 poin tambahan, sementara dirinya hanya perlu dua angka untuk memastikan gelar juaranya. Rekor istimewa yang juga dibuat Pedrosa adalah dia menjadi pembalap termuda yang pernah memenangi grand prix 250 cc, yakni dalam usia 19 tahun 18 hari. Ia juga menjadi pembalap termuda yang sudah menjuarai dua kelas, 125 cc dan 250 cc, sekaligus mematahkan rekor yang sebelumnya dipegang Valentino Rossi.

Pos ini dipublikasikan di MotoGP dan tag , , , . Tandai permalink.