Ulasan: James Bond 007 – Thunderball (1965)

Sampul DVD Thunderball

Thunderball merupakan film resmi James Bond keempat yang dirilis pada 1965. “Rumus Bond” sudah disempurnakan dalam film ini, setidaknya melanjutkan seperti dalam film sebelumnya yaitu Goldfinger, dengan diawali: Agen 007 yang ramah tamah (selalu berpakaian rapi dan otak super cerdas), kehadiran perempuan cantik berbusana tipis, setidaknya ada satu tempat atau negara yang eksotis, gadget super canggih yang kadang tidak masuk akal dari Q, tindakan yang berurutan, seorang penjahat megalomaniak, dan terakhir musik oleh John Barry yang tak ada bandingannya. Unsur-unsur inilah yang kemudian membuat film seri James Bond sukses di dekade 1960-an dan terus berlanjut sampai saat ini.

Thunderball berisi kru dan tim yang sama dengan film awal Bond yaitu Dr. No. Kru-kru dan tim yang terlibat dalam film ini antara lain: aktor Sean Connery, sutradara Terence Young (yang juga menyutradarai Dr No dan From Russia with Love), penulis skenario Richard Maibaum, sinematografer Ted Moore, perancang desain pembuka Maurice Binder, dan komposer John Barry. Thunderball ketika dirilis langsung menjadi urutan paling atas box office AS dan Inggris. Film ini sangat diterima dengan baik dan kemudian dibuat remake-nya 18 tahun kemudian dengan judul Never Say Never Again.

Seperti biasa cerita dibuka dengan beberapa adegan dramatis. Kali ini, sebuah misi jahat -untuk memeras Amerika Serikat dan Inggris- yang dipimpin oleh No. 2, Emilio Largo (Adolfo Celi). Ia kemudian berhasil mencuri dua senjata nuklir, dan akan meledakan sebuah kota di Inggris atau AS jika kedua negara tersebut tidak memberikan tebusan. Setelah ancaman itu dikeluarkan, M (Bernard Lee) memanggil seluruh agen “00” dan memberikan mereka untuk bertugas di seluruh dunia dengan tujuan menemukan dan menghentikan Largo. Agen 007 diberikan tugas di Bahamas, di mana ia bertemu teman lamanya dari CIA Felix Leiter (diperankan kali ini oleh Rik Van Nutter). Bond juga berhasil bertemu dengan istri Largo, yaitu Domino (Claudine Auger), dan sejumlah musuh yang mematikan.

Durasi film ini adalah 2 jam 13 menit dan mungkin Thunderball berjalan terlalu lama. Urutan tertentu bisa saja dipangkas, terutama pertempuran klimaks bawah air, yang tampaknya mengambil selamanya. Penjahat potongan sedikit lemah, datang setelah musuh berkesan seperti Dr. No dan Goldfinger. Sementara Adolfo Celi yang sesuai dengan peran mengancamnya terbilang sukses memainkan karakter Largo seperti preman tinggi yang ditempatkan. Ada beberapa kompensasi atas kekurangan dari penjahat yang memimpin di film ini. Ada juga seorang pribadi femme fatale Fiona (Luciana Paluzzi), yang canggih dengan pakaian janda hitam yang ternyata adalah laki-laki yang membuatnya lebih berbahaya daripada agen rahasia laki-laki.

Dari semua pertunjukan film Bond, Sean Connery yang tampak paling nyaman di sini (bukan bahwa ia pernah tidak nyaman). Dengan tiga film di belakangnya dan dua lagi belum datang, Connery berada di tengah puncak keberhasilan karier. Ia mungkin bukan pilihan utama Ian Fleming untuk memerankan James Bond. Namun, dengan dirilisnya Thunderball, aktor itu telah meninggalkan jejak yang tak terhapuskan pada peran Bond -sebuah karakterisasi yang kemudian tidak ada pemain lain yang mampu menyamainya. Para pemeran 007 dalam film tentu saja berbeda dengan buku, dan Sean Connery adalah James Bond yang paling pas baik untuk film ataupun buku (dengan permintaan maaf kami kepada George Lazenby, Roger Moore, Timothy Dalton, Pierce Brosnan dan Daniel Craig).

Untuk skema di bawah air, koreografer yang diarahkan adalah mereka yang memiliki keterampilan yang besar, dan kemudian  menjadi fitur yang menonjol dari Thunderball. Connery lebih sering tampil dalam pakaian renang dari tuksedo dalam film ini. Sebuah jumlah yang wajar dengan waktu yang dihabiskan di bawah permukaan laut. Sebuah fotografi (oleh Lamar Boren) yang jelas dan urutan tindakan yang menyegarkan (ketika mereka tampaknya tidak bertahan selamanya) itu telah membuat Thunderball sebagai bagian klasik 007 -bukan gambaran terbaik di seri lama yang berjalan, tapi menjadi pengalihan lebih berharga untuk melepaskan diri dan aksi mencintai dalam diri kita semua.

Daftar kru yang terlibat:
Pemeran: Sean Connery, Claudine Auger, Adolfo Celi, Luciana Paluzzi, Rik Van Nutter, Bernard Lee, Martine Beswick, Desmond Llewelyn, Lois Maxwell
Sutradara: Terence Young
Produser: Kevin McClory
Skenario: Richard Maibaum and John Hopkins based on the original story by Kevin McClory, Jack Wittingham, and Ian Fleming
Sinematografi: Ted Moore and Lamar Boren (underwater)
Musik: John Barry
Distributor: United Artists

Lagu tema pembuka film:

Pos ini dipublikasikan di James Bond, Umum dan tag , , , , , , . Tandai permalink.