Zona Memori #9: GP Australia 2001 – Gelar Dunia Pertama The Doctor

Valentino Rossi di tahun 2001

ARSIP GATRA – Pembalap Italia Valentino Rossi memenangi duel menarik dengan rival kuatnya Max Biaggi untuk merebut juara GP Australia, sekaligus mengklaim gelar juara dunia pertamanya pada balapan 500cc, Minggu.

Rossi menyisihkan rekan senegaranya itu dengan catatan waktu terpaut tipis 0,013 detik dan memberinya point yang tidak akan mampu dikejar pembalap manapun, meski masih tersisa dua seri balapan Malaysia dan Brazil.

Loris Capirossi berada di urutan ketiga disusul pembalap Brazil Alex Barros.

Rossi menyalip Biaggi dari tengah pada putaran terakhir untuk mengungguli Biaggi dengan catatan waktu 42 menit 22,383 detik.

pembalap Honda berusia 22 tahun itu, yang sebelumnya juga pernah merebut gelar juara dunia 125cc dan 2500 dalam karir balapannya yang menakjubkan, membawa bendera Italia berputar sirkuit Phillip Island di tengah tepuk tangan penonton.

Rossi sebenarnya hanya membutuhkan posisi delapan untuk merebut gelar juara dunia, tetapi dengan karakter Italia yang selalu ingin bersaing dia tetap berusaha untuk merebut posisi pertama.

Rossi merebut gelar juara dunia meski masih tersisa dua balapan yaitu Malaysia tanggal 21 Oktober dan Brazil pada 3 November.

Pos ini dipublikasikan di MotoGP, Motorsport dan tag , , , , , . Tandai permalink.