Jimmie Johnson: Murid Mengalahkan Guru

Jimmie Johnson

Jimmie Kenneth Johnson adalah seorang pembalap profesional dari Amerika Serikat. Ia merupakan pembalap yang turun dalam ajang NASCAR Seri Piala Sprint, dengan mengendarai mobil bernomor 48 yang disponsori oleh Lowe’s/Kobalt Tools dan dijalankan oleh tim Hendrick Motorsports asuhan Rick Hendrick dan Jeff Gordon, dengan jenis mobil Chevrolet Impala SS. Ia meraih gelar juara NASCAR pertama kali pada tahun 2006 setelah mengalahkan rekan setimnya sendiri, Jeff Gordon. Sampai akhir musim 2010, Johnson menjadi satu-satunya pembalap yang mampu meraih lima gelar juara NASCAR dalam lima musim beruntun. Johnson bergabung bersama Richard Petty dan Dale Earnhardt sebagai pembalap yang mampu memenangi lima gelar juara umum NASCAR. Namun baik Petty maupun Earnhardt Senior masih unggul dalam jumlah raihan gelar NASCAR karena keduanya telah meraih secara total 7 kali juara umum NASCAR.

Jimmie Johnson memulai karier balapan NASCAR-nya pada tahun 1998 saat ia turun di Seri Nationwide. Kerap disapa sebagai “superman” oleh rekan setimnya yang lebih senior, Mark Martin, Johnson memulai karier balap Seri Pialanya di tahun 2002 setelah ia bergabung ke tim Hendrick Motorsports bersama Jeff Gordon. Kemenangan NASCAR pertamanya diraih di Auto Club Speedway pada tahun 2002. Musim 2006 menjadi awal kesuksesan Jimmie Johnson dengan keberhasilannya meraih gelar juara umum NASCAR setelah mengalahkan Matt Kenseth dengan selisih 56 poin di klasemen. Musim 2007 ia berhasil mempertahankan gelar juaranya usai mengalahkan rekan setimnya sendiri yaitu Jeff Gordon dengan selisih 77 poin, disusul kemudian di musim 2008 dengan mengalahkan Carl Edwards dengan selisih 69 poin. Tahun 2009 Johnson lagi-lagi tampil sebagai juara umum NASCAR setelah mengandaskan Mark Martin dengan selisih 141 poin klasemen. Ia juga berhasil mendapatkan beragam penghargaan di musim tersebut, di antaranya adalah penghargaan Athlete of the Year 2009 dari Associated Press, NASCAR Driver of the Year 2009, dan juga kerap kali disebut sebagai “Best Driver of the Decade 2000’s”. Musim 2010 Johnson sekali lagi menunjukkan dominasinya dengan keluar sebagai juara umum NASCAR untuk kelima kalinya secara beruntun walaupun di musim tersebut ia mendapat perlawanan keras dari Denny Hamlin dan Kevin Harvick sampai balapan penutup musim.

Highlights karier:
2001: Musim debut di Winston Cup dengan mengikuti tiga balapan
2002: Musim penuh pertama sebagai rookie dan sempat memimpin klasemen
2003: Runner-up klasemen di belakang Matt Kenseth
2004: Runner-up klasemen di belakang Kurt Busch
2005: Musim biasa-biasa, posisi lima klasemen
2006: Juara NASCAR Nextel Cup Series
2007: Juara NASCAR Nextel Cup Series
2008: Juara NASCAR Sprint Cup Series
2009: Juara NASCAR Sprint Cup Series
2010: Juara NASCAR Sprint Cup Series

Jimmie Johnson yang merupakan rekan satu tim Jeff Gordon dan bahkan timnya dikelola oleh Jeff Gordon termasuk sukses dan cepat belajar dari seniornya tersebut, dan membuatnya menjadi seorang murid yang mampu mengalahkan gurunya. Pertanyaannya, apakah Jimmie Johnson mampu berbuat lebih baik lagi dari yang telah ia raih saat ini?

Pos ini dipublikasikan di Motorsport dan tag , , . Tandai permalink.