Kemenangan Alonso #21 – Jepang 2008

Podium GP Jepang 2008

GATRA – Setelah sukses di GP Singapura, pembalap Renault, Fernando Alonso kembali berjaya dengan memenangi lomba balap mobil Formula 1 di GP Jepang, Minggu (12/10), sedang pemimpin lomba, Lewis Hamilton gagal menambah poin.

Hamilton yang start di posisi pole dan harus puas finish di urutan ke-12. Sedang saingannya pembalap Ferrari, Felipe Massa yang sempat bertabrakan dengan Hamilton di sirkuit Fuji itu makin memperpendek jarak poin, dengan selisih enam angka dari sisa dua seri lagi.

Kedua pesaing untuk merebut gelar Formula 1 ini akhirnya menerima penalti atas kejadian itu, Hamilton sempat menyalip pembalap Ferrari, Kimi Räikkönen`s di sudut pertama.

Massa juga mendapat penalti setelah pembalap Brasil itu bertabrakan dengan Hamilton di lap kedua.

“Saya berbuat kesalahan di sudut pertama dan saya akui hal itu,” kata Hamilton.

“Kemudian Felipe menabrak saya. Saya turun ke posisi ke-11 karena dia menabrak saya cukup keras.”

Hamilton, yang memenangi GP Jepang musim lalu itu memiliki selisih 17 poin dengan pembalap Kimi Räikkönen jelang dua seri lomba lagi untuk merebut gelar Formula 1 dan berharap tidak mengalami kerusakan serius lagi. “Saya tidak berpikir hal itu sedikit mengubah,” kata pembalap 23 tahun itu.

“Saya kehilangan satu poin hari ini dengan ada sedikit kerusakan. Kami tetap berupaya di lomba pekan depan.”

“Kami tetap bersaing dan kami tetap menang di dua seri sisa lomba berikutnya,” katanya..”

Sementara, pembalap BMW-Sauber, Robert Kubica, yang menempati posisi kedua lomba memiliki sedikit peluang di lomba Formula 1 ini dengan pembalap Räikkönen finish di urutan ketiga.

Hamilton hingga kini mengoleksi 84 poin sedang Massa mengumpulkan 78. Kubica mampu mengumpulkan 72. “Kemenangan ini tidak terduga,” kata Alonso, yang secara mengejutkan juga menang di GP Singapura dua pekan lalu. “Saya tidak menyangka. Apapun dapat terjadi sekarang di dua seri terakhir,” kata peraih dua kali juara dunia itu, yang start diurutan keempat.

Räikkönen, yang start berdampingan dengan Hamilton di barisan depan itu mampu mengumpulkan enam poin, dengan konstruktor mereka di atas McLaren. Ferrari mengumpulkan 141 poin sedang McLaren 135.

Pembalap muda asal Brasil, Nelson Piquet, juga berhasil finish diurutan keempat kemudian disusul urutan kelima ditempati pembalap Toyota, Jarno Trulli, dan selanjutnya disusul dua pembalap Toro Rosso, Sebastien Bourdais dan Sebastian Vettel.

Sementara pembalap Formula 1 tuan rumah, Kazuki Nakajima, harus puas diurutan ke-15 di debutnya di kandang bersama timnya Williams.

Pos ini dipublikasikan di Formula 1, Motorsport dan tag , , , , . Tandai permalink.