Kemenangan Alonso #20 – Singapura 2008

Fernando Alonso di Singapura 2008

GATRA – Juara dunia dua kali Formula 1, Fernando Alonso (Renault), memenangi balapan pertamanya dalam lebih dari setahun, Minggu (28/9), sementara Lewis Hamilton memperbesar keunggulannya di puncak klasemen menjadi tujuh poin setelah Grand Prix Singapura yang sensasional.

Felipe Massa, satu poin di bawah Hamilton, sebelum balapan pertama Formula 1 di malam hari, menelan pukulan keras pada harapan gelarnya setelah blunder di pit stop yang menurunkan pembalap asal Brasil itu dari posisi satu ke posisi di belakang pada balapan tersebut.

Pembalap Jerman, Nico Rosberg (Williams) mencapai finish di posisi kedua, sementara Hamilton (McLaren) di posisi ketiga.

Hasil itu membuat Hamilton kini mengumpulkan 84 poin, sedang Massa 77, dengan sisa tiga balapan lagi.

Massa memulai balapan dari posisi terdepan dan dalam jalur untuk merebut posisi puncak klasemen dari Hamilton sebelum pit stop yang membawa malapetaka mengubah corak balapan tersebut.

Pembalap tim Italia itu sudah diberi lampu hijau untuk melanjutkan balapan, namun selang bahan bakar masih terhubung ke mobilnya saat dia mulai memacu mobilnya.

Selang itu masih tersangkut saat `jet darat` Ferrari itu saat meninggalkan pit lane, sebelum Massa akhirnya berhenti dan menunggu bantuan dari timnya. Setelah mekanik susah-payah membuka selang tersebut, Massa kembali bergabung dalam balapan di posisi paling belakang.

Sementara, Alonso, yang memulai balapan dari posisi ke-15, memanfaatkan keuntungan safety car dan blunder pit stop, untuk naik ke posisi terdepan dan mencatat kemenangan ke-20 selama karirnya, dan yang pertama sejak GP Italia pada tahun 2007, saat pembalap Spanyol itu masih membela McLaren.

Pos ini dipublikasikan di Formula 1, Motorsport dan tag , , , , . Tandai permalink.