Kemenangan Alonso #18 – Eropa 2007

Champagne Fernando Alonso di Eropa 2007

ANTARA – Juara dunia dua kali, Fernando Alonso hari Minggu secara brilian menjuarai Grand Prix Eropa di Nurburgring.

Kemenangan ketiga Alonso pada musim ini membuatnya hanya ketinggalan dua poin dari rekan setu timnya di McLaren, Lewis Hamilton, dalam klasemen menyeluruh.

Pembalap asal Spanyol itu mendapat kesempatan besar karena hujan turun deras dan banyak pembalap mengalami kerusakan mobilnya, sehingga ia langsung bertarung dengan Felipe Massa dari Ferrari.

Alonso menyalip Massa secara mengagumkan di putaran terakhir untuk mengungguli pembalap Brasil itu dengan waktu delapan detik, sementara pembalap Australia Mark Webber dari Red Bull Racing, menempati posisi ketiga.

Rekan satu tim Massa, Kimi Raikkonen memulai start dari posisi paling depan, tetapi rekor buruknya di sirkuit Jerman tersebut terus berlanjut, saat ia terpaksa keluar dari balapan setelah 34 putaran.

Balapan tersebut merupakan balapan akhir pekan yang keras bagi Hamilton, yang menempati posisi kesembilan.

Kecelakaan buruk di babak kualifikasi membuat Hamilton start dari urutan ke-10.

Mobil McLaren yang dikendarai Hamilton akhirnya dikembalikan ke lintasan balap dengan diangkat mobil derek, tetapi pembalap pendatang baru itu bergabung kembali dalam balapan itu dari urutan belakang, satu putaran di belakang.

Alex Wurz dari Williams berada di urutan keempat, di depan David Coulthard dari Red Bull yang berada di urutan kelima dan Nick Heidfeld dari BMW di posisi keenam.

Pencetak poin terakhir adalah rekan satu tim Heidfeld, Robert Kubica dan Heikki Kovalainen, yang masing-masing menempati posisi ketujuh dan kedelapan.

Balapan dimulai saat hujan gerimis, Massa langsung meninggalkan Alonso di posisi kedua, sementara Kubica dan Heidfeld bertubrukan di belakangnya.

Heidfeld, pembalap Jerman yang membalap mobilnya di depan halayaknya sendiri, keluar dari lintasan dan harus masuk pit untuk perbaikan mobilnya, demikian AFP

Pos ini dipublikasikan di Formula 1, Umum dan tag , , , , . Tandai permalink.