Kemenangan Alonso #16 – Malaysia 2007

Fernando Alonso memenangi GP Malaysia 2007

DETIK – Vodafone McLaren Mercedes tampil dominan dalam gelaran GP Malaysia, Minggu (8/4/2007). Fernando Alonso juara, namun Lewis Hamilton tampil sebagai bintangnya.

Dari Sirkuit Sepang, wartawan detiksport Doni Wahyudi melaporkan, Alonso membalas kekalahan atas Ferrari di GP Australia lalu setelah mencuri kemenangan dari pemilik pole position Felipe Massa, yang harus puas di tempat kelima. Inilah gelar pertama yang dipersembahkan pembalap 25 tahun itu untuk McLaren.

Keberhasilan McLaren semakin manis setelah Hamilton tampil sebagai juara kedua. Aksi pembalap 22 tahun itu bahkan bisa disebutkan sangat mengagumkan, mengingat dia berhasil mengatasi tekanan Kimi Raikkonen, utamanya menjelang lap terakhir.

Adapun untuk Raikkonen podium ketiga merupakan hasil maksimal. Juara GP Australia itu pun merosot posisinya di klasemen dan harus menyerahkan tampuk kepemimpinan klasemen kepada Alonso. Sampai seri kedua juara dunia dua kali itu mengumpulkan 18 poin disusul Raikkonen (16), Hamilton (14), Nick Heidfeld (10) serta Massa dan Giancarlo Fisichella (7).

Jalannya balapan

Alonso dan Hamilton sama-sama memulai start dengan sangat baik. Dari posisi kedua, pembalap asal Spanyol itu bisa melewati Massa di tikungan pertama. Namun start lebih fantastis dibuat oleh Hamilton. Dari posisi keempat, berturut-turut pembalap asal Inggris itu menyalip Raikkonen dan Massa di tikungan pertama dan kedua. Alhasil setelah melewati chicane pertama, duet McLaren menguasai posisi terdepan disusul duet Ferrari. Adapun posisi kelima ditempati oleh pembalap BMW Nick Heidfeld.

Di lap kelima, Massa melakukan kesalahan saat mencoba menyalip Hamilton di tikungan keempat dan “terjerumus” ke rumput. Akibatnya pembalap asal Brasil itu merosot satu dua peringkat dan tertinggal 12 detik dari Alonso memasuki lap keenam.

Pada lap pertama bendera kuning sempat berkibar setelah terjadi senggolan antara mobil Spyker yang dikendarai Adrian Sutil dengan Vitantonio Liuzzi dari Toro Rosso. Liuzzi sendiri terpaksa mengganti sayap depan. Sial buat Spyker karena Christian Albers menjadi pembalap kedua yang mengakhiri balapan di lap ketujuh karena masalah aerodinamik.

Sampai lap ke-18, saat masuk pitstop pertama, Alonso beraksi relatif tanpa gangguan. Namun Raikkonen, yang menyusul pit setelahnya, justru terlempar ke posisi keempat. Hamilton yang sempat menguasai posisi pertama sempat mempercepat tunggangannya, sebelum harus menunaikan kewajibannya (pit). Tapi memasuki lap ke-29, Hamilton semakin mendekat kepada Alonso dengan perbedaan 8,4 detik. Dia menjauhi Raikkonen dengan selisih 12 detik lebih.

Pada pitstop kedua, seluruh pembalap mulai menggunakan ban hard menghadapi sisa lomba. Strategi itu tidak terlalu mempengaruhi kecepatan Alonso, yang cukup nyaman di posisi pertama. Tapi, sebaliknya, kecepatan Hamilton merosot. Saat lomba menyisakan 11 lap, posisinya tertinggal sampai 18 detik lebih!

Hamilton pun sukses diburu Raikkonen. Pada lap 50, atau enam lap sebelum akhir balapan, runner-up dua tahun lalu itu memperpendek selisihnya menjadi
tinggal 3,1 detik.

Perburuan Raikkonen terus berlanjut di lap-lap selanjutnya. Saat balapan menyisakan dua lap, selisihnya dengan Hamilton tinggal satu detik lebih! Namun mantan juara GP2 itu tampil sangat tenang guna menghadang keperkasaan Raikkonen.

Setelah 56 lap, McLaren pun tampil sebagai tim terbaik di Sepang setelah Alonso finis pertama disusul Hamilton dan Raikkonen. Adapun Massa harus puas finis di posisi kelima di belakang Heidfeld.
Hasil GP Malaysia, Minggu (8/4/2007):

  1. F. Alonso McLaren 1:32:14.930
  2. L. Hamilton McLaren 17.557
  3. K. Raikkonen Ferrari 18.339
  4. N. Heidfeld BMW 33.777
  5. F. Massa Ferrari 36.705
  6. G. Fisichella Renault 1:05.638
  7. J. Trulli Toyota 1:10.132
  8. H. Kovalainen Renault 1:12.015
  9. A. Wurz Williams 1:29.924
  10. M. Webber Red Bull 1:33.5
  11. R. Barrichello Honda + 1 lap
  12. J. Button Honda + 1 lap
  13. T. Sato Super Aguri + 1 lap
  14. S. Speed Toro Rosso + 1 lap
  15. R. Schumacher Toyota + 1 lap
  16. A. Davidson Super Aguri + 1 lap
  17. V. Liuzzi Toro Rosso + 1 lap
  18. R. Kubica BMW + 1 lap
  19. N. Rosberg Williams out
  20. D. Coulthard Red Bull out
  21. C. Albers Spyker out
  22. A. Sutil Spyker out
Pos ini dipublikasikan di Formula 1, Motorsport dan tag , , , , . Tandai permalink.