Kemenangan Alonso #14 – Kanada 2006

Fernando Alonso memenangi GP Kanada 2006

GATRA – Pembalap Renault juara dunia Formula Satu Fernando Alonso memenangi GP Kanada, Senin dinihari WIB (26/6), untuk melengkapi kemenangan keempatnya secara berturut-turut.

Pembalap Spanyol berusia 24 tahun itu memulai start dari posisi pole untuk balapan kelima berturut-turut, memperketat keunggulan keseluruhannya atas pembalap Ferrari, Michael Schumacher, menjadi 25 poin pada pertengahan jalan poin pada musim 18 balapan.

Alonso memiliki 84 poin dan Schumacher 59.

Juara dunia tujuh kali Schumacher yang juga pemenang tujuh kali di Montreal, berakhir di posisi kedua dengan 2,111 detik dibawah pembalap Renault tersebut.

Sementara itu pembalap McLaren, Kimi Raikkonen, pemenang tahun lalu di sirkuit kepulauan itu, berakhir di urutan ketiga setelah menyerahkan posisi kedua kepada Schumacher pada lap terakhir.

Kemenangan Alonso itu merupakan kemenangan ke-14 selama karirnya, keenamnya dalam sembilan balapan dan pertamanya di Amerika Utara.

Sedangkan pembalap rekan satu timnya di Renault, Giancarlo Fisichella, yang berada di urutan keempat, meskipun sempat terkena penalti karena melakukan loncatan start, dan pembalap Ferrari asal Brazil Felipe Massa di posisi kelima.

Pembalap Italia Jarno Trulli meraih poin pertamanya dari musim, dan pertama dalam 13 balapan, dengan menempati urutan keenam dengan Toyota.

Pembalap BMW Sauber Nick Heidfeld di urutan ketujuh dan pembalap Red Bull David Coulthard meraih poin final setelah start di belakang grid karena tidak sesuai dengan jadual perubahan mesin.

Pos ini dipublikasikan di Formula 1, Motorsport dan tag , , , , , . Tandai permalink.