Kemenangan Alonso #13 – Inggris 2006

Fernando Alonso di podium GP Inggris 2006

GATRA – Fernando Alonso, pembalap asal Spanyol yang membela Tim Renault, meraih gelar juara kelima tahun ini, atau gelar ketiga secara beruntun setelah memenangi Formula Satu Grand Prix Inggris di sirkuit Silverstone, Minggu (11/6/2006).

“Menang di Spanyol, Monaco dan Silverstone, tiga lomba terakhir, membuat impian jadi kenyataan. Semuanya adalah sirkuit dengan nama besar dan melibatkan emosi yang mendalam,” kata pembalap berusia 24 tahun itu.

“Dan menang di negeri ini, sekitar 20 menit dari tempat tinggal saya di Oxford, benar-benar memberikan perasaan yang fantastis,” katanya.

Sejak start sampai finish, Alonso tidak terkejar oleh dua saingan terdekatnya, Michael Schumacher (Ferrari) dan Kimi Raikkonen (McLaren) yang harus puas di urutan kedua dan ketiga.

Dengan kemenangan itu, Alonso menambah perolehan 23 angka dan semakin kokoh di puncak klasemen semantara di lomba Formula Satu yang menyisakan sepuluh lomba itu.

Alonso telah mengumpulkan 74 angka, unggul jauh dari Schumacher (51) dan Raikkonen (33).

Di Silverstone, Alonso berada garis start terdepan (pole position) dan merupakan sukses keempat secara beruntun. Ia juga sudah 14 kali tampil di atas podium.

Alonso hampir tidak mendapat perlawanan berarti dari Schumacher maupun Raikkonen dan memperoleh kemenangan relatif lebih mudah dibanding lomba-lomba sebelumnya.

Dampak Piala Dunia terasa di arena karena panitia sengaja memajukan jadwal dua jam lebih cepat agar tidak bersamaan dengan pertandingan turnamen sepakbola paling akbar di dunia itu.

Perhatian dunia yang lebih banyak tertuju pada Piala Dunia membuat suasana kemenangan Alonso terasa agak hambar.

“Fernando seperti tampil seorang diri dan ada sedikit persaingan ketat antara saya dan Kimi. Pertarungan memang tidak terlalu seru, jadi tidak ada alasan bagi kami untuk meloncat kegirangan seolah tidak terjadi apa-apa,” kata Schumacher saat jumpa pers usai lomba.

Gianfranco Fisichella berada di urutan keempat, memperbesar keunggulan Renault atas Ferrari di kelompok konstruktor dengan 31 angka.

Peringkat kelima ditempat pembalap Brazil Felipe Massa, rekan satu tim Schumacher di Ferrari, disusul Juan Pablo Montoya (McLaren).

Pada saat Schumacher menyalip Raikkonen, adiknya Ralf gagal menyelesaikan lomba setelah mobil Toyota yang dikendarainya terpelintir keluar lintasan setelah ditabrak dari belakang oleh Scott Speed, pendatang baru dari AS (Toro Rosso).

Mobil Ralf kemudian menabrak pembalap Australia Mark Webber, membuat kedua pembalap sama-sama melintir ke luar lintasan.

Pembalap tuan rumah Jenson Button (Honda) gagal memenuhi harapan pendukungnya ketika ia terpaksa mengundurkan diri pada lap ke-10 setelah mesin mobilnya terbakar. [

Pos ini dipublikasikan di Formula 1, Motorsport dan tag , , , , . Tandai permalink.