Kemenangan Alonso #12 – Monako 2006

Fernando Alonso di podium GP Monako 2006

GATRA – Juara dunia F1 Fernando Alonso memimpin Grand Prix Monako sejak awal sampai finish untuk membawa kemenangan kelima dari tujuh balapan bagi tim Renault di Monaco, Minggu (28/5/2006).

Dengan kemenangan tersebut, pembalap asal Spanyol itu semakin memperbesar jarak dengan peringkat kedua Michael Schumacher (Ferrari) dengan selisih keunggulan 21 angka.

Inilah sukses ke-12 bagi pembalap berusia 24 tahun itu, kemenangan pertama di Monaco dan keempat sepanjang musim lomba 2006.

Alonso telah mengmpulkan 64 angka, jauh menggungguli Schumacher (43), yang dalam balapan tersebut harus bekerja keras untuk mengejar posisi dari terakhir saat start menjadi posisi kelima saat finish.

Pembalap Kolombia Juan Pablo Montoya, juara 2003 saat masih membela Williams, mencapai finish pada urutan kedua bersama tim McLaren, disusul pembalap Inggris David Coulthard (Red Bull) pada peringkat ketiga.

Nasib sial menimpa pembalap Italia Jarno Trulli (Toyota) yang sudah berada pada urutan ketiga, harus tersisih ketika balapan hanya menyisakan lima putaran lagi.

Peringkat keempat diraih pembalap Brazil Ruben Barrichello, mantan rekan satu Schmumacher yang sekarang membela Tim Honda.

Tekanan terhadap Alonso mulai berkurang ketika saingan terdekatnya Kimi Raikkonen (McLaren), juara tahun lalu di sirkuit yang terletak di pinggir Laut Mediterania itu, harus menyerah pada lap ke-51 setelah mobilnya terbakar.

Alonso beruntung menempati start terdepan (pole position) karena hukuman yang diterima Schumacher. Ia dengan mulus melakukan start dan langsung memimpin, dikutit oleh pembalap Australia Mark Webber.

Raikkonen kemudian berhasil menyalip Webber saat melewati Casino Square sejak itu terjadi pertarungan seru antara Raikkonen dan Alonso yang masih memimpin di depan.

Webber mengalami nasib sial karena pada putaran ke-49 saat berada di urutan terdepan, mesin mobilnya terbakar dan pupuslah impiannya untuk berada di podium.

“Saya sangat kecewa, saya berpikir bahwa saya seharusnya ada di podium,” kata Webber.

Pos ini dipublikasikan di Formula 1, Motorsport dan tag , , , , . Tandai permalink.