WSBK Jerman 2011: Balapan Terakhir James Toseland

James Toseland

James Toseland

Menjalani balapan di World Superbike Championship (WSBK) seri Jerman (4/9) lalu, rupanya jadi balapan terakhir dari James Toseland (BMW Italia) yang baru dua seri kembali, usai menjalani pemulihan dari cedera pergelangan tangannya yang parah. Saat terjatuh di lap kesembilan race kedua tersebut, ia justru mendapati cedera pergelangan tangannya kembali dan kali ini tidak dapat sembuh sempurna.

Padahal kondisi pergelangan adalah salah satu faktor penting dalam balapan. Pergelangan tangan merupakan salah satu tumpuan yang mendapat beban terbesar sekaligus pusat kontrol motor. Dengan cedera yang tidak bisa disembuhkan secara sempurna, dipastikan kemampuan Toseland untuk membalap tidak akan pernah sama lagi.

Hal inilah yang akhirnya membuat Toseland dengan berat hati mengumumkan pengunduran dirinya dari kejuaraan WSBK pada 9 September 2011 lalu. “Sangat egois kiranya jika saya mempertahankan diri sebagai pembalap sedangkan diluar sana ada pembalap muda berbakat yang bisa berprestasi lebih dari saya,” aku Toseland lewat situs pribadinya.

Dengan demikian WSBK Jerman telah menjadi balap yang terakhir kali baginya. Kini BMW Italia tengah mengadakan tes bersama juara dunia Moto2 2010 yakni Toni Elias yang dikabarkan akan menjadi pengganti Toseland.

Sekedar info, James Toseland tak hanya berprestasi sebagai pembalap namun juga musisi. Ia pernah tampil sebagai musisi di BBC Sport Relief di tahun 2007 . Namun belum diketahui apakah Toseland akan melanjutkan karir sebagai musisi setelah pensiun dari balap WSBK ini.

Pos ini dipublikasikan di MotoGP dan tag , , . Tandai permalink.