Kemenangan Alonso #9 – Bahrain 2006

Fernando Alonso Bahrain 2006

Fernando Alonso di GP Bahrain 2006

GATRA – Fernando Alonso memberi peringatan bahwa ia tidak mau menyerahkan mahkota juaranya tanpa perlawanan dengan menaklukkan pembalap Ferrari Michael Schumacher pada Grand Prix pembuka di Bahrain.

Pembalap Spanyol berusia 24 tahun itu memanfaatkan strategi tim Renault untuk unggul 1,2 detik atas Schumacher –yang start di posisi terdepan– untuk merebut kemenangan kesembilan sepanjang karirnya di Formula Satu.

Pembalap Finlandia Kimi Raikkonen, yang start dari deretan terbelakang, finish ketiga. Mobil McLaren Mercedes Kimi tertinggal 19,3 detik.

“Itu (balapan –Red) yang hebat. Kami tidak melakukan kualifikasi dengan baik tetapi kami memiliki strategi sempurna dan cukup beruntung untuk berada di depan Schumacher usai pit stop,” kata Alonso.

“Saya melakukan start konservatif karena ban Michelin lebih baik saat start dan saya pikir ban Bridgestone lebih baik di akhir, dan (strategi –Red) itu berjalan,” lanjutnya.

Schumacher memimpin 22 mobil menuju tikungan pertama, mempertahankan posisinya pada tikungan pertama dari rekan setimnya Felipe Massa.

Gerakan itu membuat Massa kehilangan momentum dan disusul Alonso, yang start dari baris kedua, di tikungan ketiga.

Dibelakang mereka, pembalap Inggris Jenson Button melakukan start buruk dan tertinggal dari rekannya di tim Honda Rubens Barrichello, terdepak ke urutan enam.

Saat Schumacher memperlebar jaraknya dengan Alonso menjadi tujuh detik di lap 15, Massa (24) terpelintir pada balapan debutnya bersama Ferrari dan hampir saja menabrak mobil Alonso.

Pit stop yang panjang membuatnya tergeser ke urutan belakang, tetapi ia berhasil berjuang untuk finish kesembilan.

Schumacher masuk pit pada lap 15 dan mempertahankan posisinya setelah melakukan pit stop kedua selama 8,2 detik, tetapi pit stop Alonso selama delapan detik empat lap kemudian cukup untuk memperkecil jarak.

Momen penting terjadi pada lap 39, tiga lap setelah Schumacher masuk pit yang terakhir. Alonso, yang memimpin, keluar pit bersisian dengan Ferrari dan melaju lebih cepat untuk merebut posisi pesaingnya itu.

Mereka hanya berjarak satu detik pada sisa pertandingan, namun juara dunia tujuh kali itu tidak bisa menyusul Alonso.

“Jika pekan lalu anda mengatakan saya akan menduduki peringkat dua disini, saya akan bahagia karena pengujian kami tidak terlalu bagus. Jelas, jika ada kesempatan untuk menang, anda pasti ingin mengambilnya, tetapi saya pikir ini awal yang baik,” kata Schumacher.

Raikkonen berhasil finish di depan Button, yang strategi dua stopnya membuat ia turun ke posisi empat. Montoya berada di urutan kelima di depan pembalap Williams asal Australia Mark Webber.

“Yang terjadi kemarin sangat mengecewakan jadi start dari belakang berarti tergantung pada beberapa putaran pertama untuk melihat apakah saya bisa mencetak poin atau tidak,” kata Raikkonen.

Debutan tim Williams asal Jerman, Nico Rosberg, terpelintir pada tikungan pertama dan masuk pit pada akhir lap pertama, namun ia bangkit dengan gemilang untuk melewati pembalap Red Bull David Coulthard dan pembalap Austria Christian Klien pada lap terakhir untuk finish ketujuh.

Barrichello mengalami hari buruk ketika ia kehilangan gigi tiga di tengah perlombaan dan turun ke posisi 15. Dua Toyota milik Ralf Schumacher dan Jarno Trulli juga berjuang untuk melaju cepat, hanya bisa finish ke 14 dan 16.

Tim Midland F1 melakukan debut yang buruk setelah pembalap Portugal Tiago Monteiro melakukan start dari pit karena perseneling mobilnya bermasalah.

Rekan setimnya dari Belanda Christjan Albers berhenti pada akhir lap pertama karena mobilnya rusak setelah bertabrakan dengan Rosberg dan Heidfeld pada tikungan pertama.

Tim debutan lainnya, Super Aguri Racing juga mengalami balapan pertama yang mengecewakan karena pembalap mereka Yuji Ide mendapat hukuman drive-thru akibat para mekanik masih berada di lintasan setelah papan waktu menunjukkan 15 detik sebelum lap formasi.

Ia kemudian menabrak seorang mekanik karena terlalu cepat masuk pit, dan kemudian berhenti. Rekan setimnya, Takuma Sato setidaknya berhasil finish meski hanya menempati urutan 18.

Pos ini dipublikasikan di Formula 1, Motorsport dan tag , , , , , . Tandai permalink.