Kemenangan Alonso #8 – Cina 2005

Fernando Alonso di GP Cina 2005

Fernando Alonso di GP Cina 2005

LIPUTAN 6 – Fernando Alonso berhasil membuktikan dirinya sebagai juara setelah memenangi seri pamungkas balap mobil Formula Satu musim 2005 yang digelar di Sirkuit Shanghai, Cina, Ahad (16/10). Kemenangan Alonso sekaligus membawa Renault sebagai pemuncak klasemen tim konstruktor. Tim Renault mengoleksi 191 poin terpaut sembilan poin lebih banyak dari McLaren-Mercedes. Sementara Ferrari menempati posisi ketiga dengan 100 angka.

Alonso menyentuh garis finis dengan catatan waktu 1 jam 39 menit 53,6 detik. Pembalap asal Spanyol ini mengasapi Kimi Raikkonen yang terpaut empat detik. Ralf Schumacher menjadi pembalap ketiga yang memasuki finis disusul Giancarlo Fisichella yang berperan penting menahan laju dua pembalap McLaren hingga Alonso bisa mendominasi lomba.

Hasil ini menjadi kemenangan ketujuh bagi juara dunia termuda ini dalam 19 seri balapan yang digelar sepanjang musim ini. Ia mengantongi 133 poin dalam klasemen akhir F1 2005. Sementara Raikkonen harus puas di posisi runner-up dengan 112 poin. Juara dunia tujuh kali Michael Schumacher bercokol di urutan ketiga dengan nilai 62.

Pos ini dipublikasikan di Formula 1, Motorsport dan tag , , , , , . Tandai permalink.