Kemenangan Alonso #5 – Eropa 2005

Start GP Eropa 2005

Kondisi start GP Eropa 2005

Pembalap Formula Satu (F-1) andalan tim Renault, Fernando Alonso secara dramatis memenangkan balapan Grand Prix (GP) Eropa, di Sirkuit Nurburgring, Jerman, Minggu (29/5/05). Pembalap kelahiran Oviedo, Spanyol itu tampil sebagai juara setelah pimpinan lomba, Kimi Raikkonen (McLaren) tersingkir dari arena sirkuit karena masalah suspensi kendaraan justru di putaran akhir menjelang finis.

“Biasanya, semua kemenangan yang saya raih pada musim ini, dikarenakan mampu memimpin lomba sejak awal. Tetapi kali ini saya justru menang di putaran akhir, mungkin karena perasaan saya sedang bagus saja. Kami memang menang beruntung. Tetapi di lain pihak, kami juga tampil jauh lebih bagus ketimbang pada dua seri sebelumnya,” ungkap Alonso usai balapan.

Alonso sudah mengantongi empat kemenangan dalam tujuh seri balapan. Dia kini mengungguli Raikkonen yang menempati posisi kedua klasemen pembalap dengan selisih 32 poin. Timnya, Renault terus mengumpulkan poin dalam setiap seri lomba.

Kemenangan di Jerman, membuat pimpinan tim Flavio Briatore optimis. “Kami mampu mengalahkan Mercedes di kandang mereka sendiri, sekarang secara perlahan, gelar juara mulain mendekati kami,” ungkap Briatore.

Kemenangan Renault kali ini memang terjadi akibat pertaruhan yang dilakukan McLaren. Kekuatan dan daya tahan kendaraan McLaren menurun setelah Kimi sempat tergelincir dan memasuki area berbatu. Setelah itu kecepatan kendaraan MP4-20 semakin menurun, dan mulai dikejar oleh Renault.

Jika saja, McLaren mau memerintahkan Kimi masuk ke pit dan melakukan sedikit pergantian, tidak mustahil pembalap Finlandia itu tampil sebagai juara kedua. Dan, hasil tersebut sangat jauh lebih baik, ketimbang perjudian yang berakhir dengan kegagalan. Namun itu tidak dilakukan, karena kubu McLaren masih yakin dengan kekuatan kendaraan mereka, dapat mencapai garis finis.

Berhentinya Kimi, membuat posisi pembalap tim Williams-BMW, Nick Heidfeld dan pembalap tim Ferrari, Rubens Barrichello terdongkrak di urutan kedua dan ketiga. Heidfeld berhasil naik podium di negaranya sendiri, Jerman. Sedangkan Barrichello menyelamatkan timnya, yang sudah terpuruk dalam lima seri sebelumnya.

Pos ini dipublikasikan di Formula 1, Motorsport dan tag , , , , , , . Tandai permalink.